Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

21 Tahun

LanjutkanStop Disini

Wajib Tahu, Cara Meningkatkan Gairah Seks bagi Lansia

Semakin bertambahnya umur, keinginan seks pada lansia semakin berkurang. Lantas, bagaimana cara kembali meningkatkan gairah seks pada lansia?

Bagi pasangan suami dan istri, berhubungan seks adalah salah satu kegiatan yang rutin dilakukan. Bagaimana tidak? Selain memberikan kenikmatan, seks juga bisa menjaga hubungan agar tetap harmonis.

Namun, tidak dimungkiri lagi bahwa gairah seks akan semakin menurun seiring bertambahnya usia. Padahal, seks juga baik dan bermanfaat bila dilakukan oleh pasangan lansia.

 

1 dari 3 halaman

Gairah Seks Menurun Seiring Bertambahnya Usia

Meskipun aktivitas seksual dianggap sebagai ukuran kualitas hidup yang penting bagi mayoritas lansia, ada sejumlah masalah yang dapat muncul seiring bertambahnya usia.

Tentunya, ini memengaruhi kehidupan seksual mereka. Misalnya, pengaruh hormonal seperti menopause.

Dijelaskan oleh dr. Devia Irine Putri, adanya perubahan hormon pada wanita ketika masuk masa menopause, tidak hanya memengaruhi kondisi fisik maupun mentalnya. Namun, juga kehidupan seks maupun kehidupan sehari-harinya.

Umumnya, wanita menopause cenderung alami perubahan mood, stres, sering merasa cemas, bahkan depresi.

Selain perubahan hormonal, ada lagi faktor-faktor yang menyebabkan hilangnya gairah seksual pada lansia, seperti berikut ini.

  • Hilangnya Kepercayaan Diri

Muncul ketidakpercayaan diri dari suami atau istri bisa memengaruhi kehidupan seks saat masuk usia lanjut.

Baik dari segi penampilan fisik maupun performa, hal ini bisa jadi penyebab munculnya rasa tidak percaya diri saat ingin berhubungan seks.

  • Punya Riwayat Penyakit Tertentu

“Faktor lainnya yaitu punya kondisi medis tertentu, misalnya diabetestensi tinggi, dan stroke. Kalau ada penyakit tertentu, orang tersebut pasti konsumsi obat-obatan yang sering kali efeknya jadi menurunkan gairah seksual,” ujar dr. Devia.

  • Penuaan Normal pada Organ Seksual

Proses penuaan normal dapat menyebabkan perubahan pada organ seksual. Pada wanita, bentuk vagina bisa berubah menjadi memendek dan menyempit. Dinding vagina pun berubah menjadi kaku dan sulit mengeluarkan cairan vagina.

Untuk pria, kesulitan ereksi juga mungkin bisa dirasakan, sehingga membuat penetrasi susah dilakukan.

  • Kondisi Neurologis

Kondisi sakit, seperti penyakit Parkinsonmultiple sclerosis, stroke, dan penyakit Alzheimer dapat memengaruhi seks dalam banyak hal. Baik pria ataupun wanita, keduanya sama-sama punya risiko terkena penyakit neurologis.

  • Konsumsi Obat Tertentu

Obat-obatan seperti antidepresan dan jenis obat tekanan darah tertentu dapat menyebabkan disfungsi ereksi pada pria atau ketidakmampuan wanita untuk mencapai orgasme.

Artikel Lainnya: Lansia Juga Butuh Seks, Ini Alasan Medisnya

2 dari 3 halaman

Tips Tingkatkan Gairah Seks bagi Lansia

Meski gairah seks sering kali menurun seiring bertambahnya usia, bukan berarti Anda tidak bisa melakukan seks lagi dengan pasangan.

Menurut survei 2017 oleh University of Michigan, Amerika Serikat, sekitar 40 persen pria dan wanita berusia 65-80 tahun masih aktif secara seksual.

Lantas, bagaimana cara meningkatkan gairah seks pada lansia? Dijelaskan oleh dr. Devia, berikut cara-caranya:

  • Komunikasikan dengan Pasangan

Anda bisa kembali membahas kisah masa lalu yang mungkin sudah tidak pernah dilakukan lagi dengan pasangan. Sambil berkomunikasi, mulailah untuk memegang, meraba, dan menyentuh area-area sensitif pasangan.

  • Perlahan, Santai, tapi Pasti

Tidak perlu terburu-buru, lakukan pemanasan terlebih dahulu seperti berbicara hal-hal nakal pada pasangan.

Bila sudah dapat lampu hijau, barulah Anda mulai dengan menyentuh area tubuh yang membuat pasangan mudah terangsang. Misalnya, leher, kuping, perut, dan sebagainya.

Artikel Lainnya: Posisi Seks yang Aman untuk Lansia

  • Gunakan Alat Bantu

Penggunaan sex toys juga bisa jadi alternatif lainnya untuk membangkitkan gairah seks pasangan lansia.

Karena vagina wanita menopause cenderung kering dan sulit mengeluarkan cairan, bisa gunakan cairan lubrikasi sebagai alat bantu.

Jenis sex toys lainnya seperti vibrator dan dildo pun bisa Anda gunakan sebagai alat bantu.

  • Terapkan Pola Hidup Sehat

Dengan memiliki pola hidup sehat, kesehatan fisik dan stamina pasangan lansia akan tetap terjaga. Kondisi tubuh yang fit akan lebih mudah membuat Anda terangsang ketimbang tubuh yang sakit.

  • Konsultasikan dengan Dokter untuk Pemilihan Obat

Bila Anda atau pasangan memiliki kondisi khusus yang membutuhkan obat-obatan, bisa konsultasi dengan dokter tentang kemungkinan efek samping pada gairah seks. Jika ada, maka tanyakan alternatif obat lain.

Bertambahnya usia memang bisa memengaruhi kehidupan seks dengan pasangan. Tapi, bukan berarti Anda pasrah dan tidak bisa melakukan hubungan seks. Ikuti cara-cara di atas dan pakai fitur LiveChat 24 Jam di aplikasi Klikdokter untuk tanya dokter seputar seks.

(FR/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar