Menu
KlikDokter
Icon Search
Icon LocationTambah Lokasi KamuIcon Arrow
HomeIbu Dan anakKesehatan AnakDianggap Sepele, Ini Pentingnya Rayakan Ultah Anak Saat Pandemi COVID-19
Kesehatan Anak

Dianggap Sepele, Ini Pentingnya Rayakan Ultah Anak Saat Pandemi COVID-19

Krisna Octavianus Dwiputra, 11 Jul 2020

Ditinjau oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Ulang tahun anak di masa pandemi kerap kali dilewatkan di masa pandemi Covid-19 ini. Tapi ternyata, merayakan ulang tahun si Kecil tetap penting!

Dianggap Sepele, Ini Pentingnya Rayakan Ultah Anak Saat Pandemi COVID-19

Putri (bukan nama sebenarnya) sudah menantikan hari ulang tahunnya yang ke-6. Sejak lama, dia sudah berpesan pada orang tuanya untuk membuat perayaan di hari lahirnya itu. Namun, situasi pandemi COVID-19 dan physical distancing membuat orang tua Putri galau.

Mereka pun memutuskan untuk tidak menggelar perayaan ulang tahun Putri. Padahal, meski terdengar sepele, merayakan ulang tahun anak ternyata penting, lho! Apa alasannya?

Mengapa Ultah Anak Penting untuk Dirayakan?

Tak sedikit memang orang tua yang berpikir kalau tak mengapa ulang tahun anak tidak dirayakan.

Selain terkait physical distancing, hal yang sering jadi alasan antara lain biaya, waktu sudah mepet, dan ogah repot.

Padahal, apa pun alasannya, menurut psikolog Ikhsan Bella Persada, M.Psi, merayakan ulang tahun anak adalah penting.

Manfaat merayakan ulang tahun anak bisa membuat mereka merasa betapa berharganya mereka. Dengan begini, anak-anak merasa bahwa dirinya sangat spesial karena ada yang menyayanginya.

"Anak akan merasa betapa berharganya dirinya atau keberadaannya karena dirayakan atau dihadiri oleh orang-orang terdekat, seperti kakek, nenek, paman, tante, sepupu, dan juga teman-temannya. Anak merasa jadi spesial karena merasakan bahwa orang sekitar menyayanginya," ujar Ikhsan saat dihubungi KlikDokter.

Memang semua kembali terhalang karena adanya pembatasan physical distancing. Perayaan ulang tahun saat pandemi akhirnya tidak bisa digelar lagi secara beramai-ramai.

Ultah di Tengah Pandemi Virus Corona, Bagaimana Jelaskan ke Anak?

Kebanyakan anak mungkin sedih karena hari spesialnya tidak bisa dirayakan akibat physical distancing. Inilah tugas Kamu sebagai orang tua untuk menjelaskannya kepada si Kecil.

Menurut Ikhsan, berilah pengertian pada anak-anak secara pelan-pelan. Jelaskan bahwa dalam masa COVID-19 ini, semua orang dilarang untuk kumpul-kumpul karena berbahaya.

"Jelaskan kepada anak sama seperti ketika jelaskan bahaya dari COVID-19. Beri pengertian kalau kali ini ulang tahun akan dirayakan oleh orang terdekat saja, yaitu keluarga. Jelaskan juga dampaknya jika terlalu ramai orang berkumpul dalam satu tempat dalam kondisi pandemi ini," saran Ikhsan.

Anak mungkin sedih dan kesal saat tahu teman-temannya tidak datang ke perayaan ulang tahunnya.

Nah, peran orang tua sangat besar untuk mengatasi kondisi ini agar mereka tidak berlarut-larut dalam kesedihan tersebut.

Ikhsan menjelaskan Kamu sebaiknya temani dan menghibur mereka. Jelaskan bahwa ulang tahunnya tetap akan berkesan bersama keluarga terdekat.

Ingat, reaksi kesedihan itu wajar. Jadi, jangan paksa anak Kamu untuk tidak sedih, biarkan saja, tapi tetap temani dan hibur mereka.

Artikel Lainnya: Tips Menjaga Daya Tahan Tubuh Anak di Era Normal Baru

Cara Perayaan Ultah Anak Selama Masa Pandemi COVID-19

Meski tidak bisa mengundang orang banyak dan juga teman-teman si Kecil, perayaan ulang tahun tetap bisa meriah dan seru, kok. Apalagi, sekarang kemajuan teknologi sudah sangat canggih.

Kamu bisa memanfaatkan aplikasi pertemuan virtual jika ingin tetap merayakan ulang tahun anak bersama teman-temannya.

Bersama si Kecil, Kamu bisa menyusun daftar siapa saja teman-teman yang ingin diundang dalam perayaan ultah virtual-nya.

Hal ini sekaligus membantu si Kecil melupakan rasa kecewanya tidak bisa berkumpul dengan teman-temannya. Bahkan, bukan tak mungkin, ini akan menjadi pengalaman yang sangat seru dan berbeda bagi mereka.

Kamu dan si Kecil juga bisa bersama-sama membuat kue dan mendekorasi rumah dengan balon dan pita, agar perayaan ulang tahun virtual semakin meriah.

"Jadi, prosesnya ulang tahunnya tetap bisa berlangsung, kan? Anak bisa tiup lilin disaksikan teman-temannya. Si Kecil juga senang kalau-kalau ada yang mengirimkan kado," tutur Ikhsan.

Jadi, jangan sampai pandemi COVID-19 menghalangi Kamu merayakan ulang tahun anak. Tetap ada cara, kok, supaya ulang tahun meriah dan seru, bahkan tidak terlupakan.

Kamu butuh informasi terbaru terkait COVID-19? Kamu bisa tanya dokter online lewat Live Chat atau bisa cek langsung di aplikasi KlikDokter. Selain itu, Kamu juga bisa mengecek gejala coronavirus dengan cek risiko virus corona online dari KlikDokter.

(HNS/AYU)

virus corona

Konsultasi Dokter Terkait

Tanya Dokter