Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Keterampilan Dasar yang Bisa Diajarkan pada Anak Selama #DiRumahAja

Keterampilan Dasar yang Bisa Diajarkan pada Anak Selama #DiRumahAja

Keterampilan dasar untuk anak perlu diajarkan sejak dini. Nah, pada masa #DiRumahAja seperti sekarang, coba ajarkan hal-hal bermanfaat ini.

Apa anak mulai menunjukkan kebosanan selama #DiRumahAja akibat pandemi virus corona? Nah, untuk anak-anak usia SD dan SMP, Anda bisa mengajari keterampilan dasar, lho. Mari ketahui pentingnya keterampilan dasar dan apa saja yang bisa diajarkan.

Apa Itu Keterampilan Dasar atau Life Skill?

Mengembangkan kemampuan dasar atau life skill perlu diajarkan sejak kecil. Ini sangat penting untuk menjadi bekal anak dalam menjalani kehidupan. 

Keterampilan dasar adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan serangkaian kemampuan yang diperoleh melalui pembelajaran dan/atau pengalaman hidup.

Hal ini memungkinkan individu dan kelompok untuk secara efektif menangani masalah yang biasa ditemui dalam kehidupan sehari-hari. 

Keterampilan dasar biasanya meliputi hal-hal berikut ini:

  • Nyata: benar-benar memengaruhi kehidupan orang.
  • Kepekaan: dapat memengaruhi orang pada tingkat pribadi, terutama ketika keluarga atau teman terlibat.
  • Perbedaan pendapat: seseorang tidak setuju dan memiliki pendapat yang kuat tentangnya.
  • Masalah moral: berhubungan dengan apa yang orang pikirkan, benar atau salah, baik atau buruk, dan penting atau tidak penting dalam masyarakat.
1 dari 3 halaman

Mengapa Penting Ajarkan Anak Keterampilan Dasar?

Menurut Ikhsan Bella Persada, M.Psi., Psikolog, keterampilan dasar perlu diajarkan pada anak-anak. Hal ini karena life skill tidak dapat digantikan oleh mesin.

"Oleh karena itu, penting banget mengajarkan keterampilan dasar. Karena, life skill ini bisa jadi tidak dapat digantikan oleh mesin dan perlu terus dikembangkan oleh anak ataupun individu," ungkap Ikhsan. 

"Jadi, yang dipelajari anak itu bukan hanya soal pembelajaran akademik, tapi keterampilan dasar juga penting," lanjutnya.

Menurut Ikhsan, ada beberapa keterampilan yang bisa diajarkan kepada anak. Paling utama adalah mengajarkannya untuk berani menghadapi permasalahan di sekitarnya.

"Seperti mampu beradaptasi dengan lingkungan baru, mampu berpikir kreatif, problem solving, punya motivasi dalam meraih sesuatu, dan kemampuan manajemen diri. Ini penting dimiliki anak remaja," jelas Ikhsan.

Artikel Lainnya: Ini 6 Kemampuan Sosial yang Harus Diajarkan Orang Tua ke Anak Sejak Dini

2 dari 3 halaman

Selama #DiRumahAJa, Anda Bisa Ajari Anak Keterampilan Dasar Ini

Berikut beberapa keterampilan dasar yang bisa diajarkan:

  1. Pertolongan Luka Dasar

Saat mengisi kotak P3K, tanyakan kepada anak apa ia tahu tentang setiap item dan bagaimana menggunakannya. Dengan otaknya yang bisa berkembang pesat hingga usia 25, anak diibaratkan seperti spons, yang mana ia siap menyerap informasi dan belajar. 

"Studi menunjukkan saat orang tua sering ikut dalam eksplorasi anak terhadap hal baru, apa yang dipelajari anak bisa ditingkatkan," kata dr. Neha Chaudhary, psikiater anak dan remaja di Massachusetts General Hospital and Harvard Medical School.

  1. Menghemat Uang dan Mengatur Keuangan

Tidak pernah terlalu dini bagi seorang anak untuk belajar bertanggung jawab secara finansial. Jadi, cara mengatur uang yang benar harus diajarkan sejak kecil.

  1. Mencuci Baju

Sangat perlu mengajari anak Anda mencuci baju sendiri. Ini bisa membantu saat baju kotor lagi menumpuk.

"Ada kecakapan hidup tertentu yang dibutuhkan setiap anak untuk menjadi manusia mandiri yang berfungsi dengan baik, yaitu memasak, membersihkan, dan membereskan benda miliknya," kata Marie Heath, asisten profesor pendidikan di Loyola University Maryland. 

Artikel Lainnya: Latih Kecerdasan Otak Anak dengan Permainan Puzzle

  1. Setrika Baju

Banyak orang yang cenderung membenci kegiatan ini. Akan tetapi, sebenarnya harus diajarkan kepada anak, bahkan saat ia masih kecil dan belum tahu cara menggunakan setrika.

  1. Memasak

Ini adalah salah satu hal yang menyenangkan, bukan? Dalam memasak, anak-anak bisa diajarkan untuk menghadapi proses. 

Misalnya, supaya makanan bisa matang, harus memotong bahannya, mencampurkan bumbu, dan lain sebagainya. 

  1. Belajar Menggunakan Alat Perkakas

Misalnya obeng, tang, dan palu. Ini semua perlu diajarkan sejak dini agar bisa menumbuhkan kemandirian dan akhirnya menghemat uang karena semua bisa diperbaiki sendiri.

  1. Tidak Malu Mengobrol dengan Orang Baru

Anak-anak mungkin bisa berbicara dengan teman dan keluarga dengan baik, tetapi menjadi malu dengan orang baru. Nah, ini perlu Anda ajarkan juga.

Dalam hidupnya, anak akan bertemu banyak orang asing. Oleh karena itu, ajarkanlah cara dan etika bercakap-cakap yang benar. 

Selain itu, ia juga perlu tahu cara memandang mata saat mengobrol, berkomunikasi secara jelas, dan bahkan bagaimana membela diri sendiri dengan benar bila perlu.

Itulah deretan keterampilan dasar yang perlu Anda ajarkan kepada anak. Jangan sepelekan, karena ini nantinya akan jadi bekal untuknya di kemudian hari.

Mau tahu tips tumbuh kembang anak dari dokter dan psikolog? Yuk, download aplikasi KlikDokter!

(FR/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar