Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Buah Alpukat Bisa Memperbesar Payudara, Mitos atau Fakta?

Buah Alpukat Bisa Memperbesar Payudara, Mitos atau Fakta?

Disebut jadi buah yang bisa perbesar payudara, benarkah alpukat punya manfaat itu? Simak faktanya di sini.

Punya payudara besar mungkin jadi impian bagi banyak wanita. Bagaimana tidak? Memiliki payudara besar sering dianggap lebih menarik ketimbang payudara kecil. Padahal, ukuran payudara bukanlah tolak ukur seorang wanita itu menarik atau tidak!

Meski begitu, tetap banyak wanita berlomba-lomba mencari cara untuk memperbesar payudaranya.

Salah satunya dengan mengonsumsi makanan yang dipercaya bisa memperbesar payudara seperti buah alpukat. Namun, benarkah teori yang satu ini?

1 dari 5 halaman

Anda Butuh Lemak Baik untuk Memperbesar Payudara

Melansir The Indian Spot, setiap wanita butuh 12 persen lemak sehat dalam tubuh agar payudaranya besar.

Jika tidak memiliki 12 persen lemak sehat ini, maka tidak heran kalau payudara Anda kecil.

Kendati demikian, lemak yang dikonsumsi harus yang sehat dan tidak menyebabkan berbagai penyakit.

Lemak sehat yang dianjurkan terdiri dari asam lemak tak jenuh ganda (PUFAs) dan asam lemak tak jenuh tunggal (MUFAs).

Menurut dr. Devia Irine Putri, pada dasarnya payudara terdiri dari jaringan lemak, kelenjar susu serta salurannya. Kedua komponen ini akan ditentukan oleh faktor genetik.

Namun, ukuran sel lemak pada wanita akan berkaitan dengan berat badannya, sehingga akan memengaruhi ukuran payudara seseorang.

Artikel Lainnya: 10 Buah Terbaik untuk Kesehatan Tubuh Anda

2 dari 5 halaman

Manfaat Alpukat Kaya Akan Lemak Baik

Seperti yang dikatakan sebelumnya, adanya lemak dalam tubuh memang bisa membantu memperbesar payudara Anda. Namun, tidak sembarang lemak, ya.

Pasalnya, yang dibutuhkan tubuh untuk memperbesar payudara adalah lemak sehat atau lemak baik.

Lalu, salah satu makanan yang kaya akan lemak baik adalah buah alpukat. Dari sinilah alpukat disebut-sebut sebagai buah yang bisa membantu memperbesar payudara.

Lalu, bagaimana faktanya?

“Buah apapun, tidak hanya alpukat, jika memiliki kandungan lemak baik memang bisa membantu meningkatkan berat badan secara sehat. Lalu, ketika berat badan naik, payudara secara otomatis akan membesar. Jadi, makan buah alpukat tidak langsung membuat payudara membesar, melainkan ada proses penambahan berat badan terlebih dahulu,” kata dr. Devia.

“Untuk meningkatkan ukuran payudara Anda, Anda butuh lemak tak jenuh tunggal yang juga penting untuk pertumbuhan jantung dan otak. Jenis makanan lain yang kaya akan lemak tak jenuh tunggal adalah biji wijen, minyak biji rami, biji rami, ikan herring, kacang mentah, dan minyak zaitun,” tambah dr. Devia.

Jadi, dengan mengonsumsi alpukat yang mengandung lemak sehat, berat badan Anda bisa bertambah. Penambahan berat badan sehat ini nantinya juga akan menyebabkan ukuran payudara membesar.

Artikel Lainnya: 10 Alasan Ini Dijamin Bikin Anda Makin Rajin Makan Alpukat

3 dari 5 halaman

Minyak Alpukat Bisa Bantu Memperbesar Payudara

Selain mengonsumsi buahnya, mengoleskan minyak alpukat katanya diklaim bisa memperbesar payudara. Ini karena di dalam buah alpukat mengandung asam lemak esensial, omega-3, dan omega-9.

Selain itu, mengutip Everyday Cares, asam oleat adalah zat yang terkandung dalam asam lemak esensial, vitamin A, vitamin E, dan beberapa vitamin B.

Asam oleat dalam minyak alpukat ini dipercaya bisa memperbesar jaringan payudara karena kandungan antioksidannya baik untuk menetralkan penuaan sel-sel kulit serta kapiler. Bagaimana faktanya?

Menurut  dr. Devia Irine, tidak ada penelitian atau bukti valid yang menunjukan minyak alpukat bisa memperbesar payudara.

“Hingga kini, tidak ada bukti valid yang mengatakan minyak alpukat bisa memperbesar payudara. Jadi, meski minyak itu diambil dari ekstrak alpukat, ini tidak akan ada pengaruh dengan besar kecil payudara,” jelas dr. Devia.

Kendati demikian, bukan berarti minyak alpukat tidak memiliki manfaat untuk kesehatan, lho.

Minyak dari ekstrak alpukat sendiri bermanfaat untuk kecantikan, yang mana bisa meremajakan kulit dan juga rambut.

Pemakaian minyak alpukat secara rutin dipercaya bisa bantu meningkatkan kesehatan dan kecantikan dua area tubuh tersebut.

Artikel Lainnya: Makan Alpukat Saat Diet, Siapa Takut?

4 dari 5 halaman

Benarkah Buah Alpukat Bisa Mencegah Kanker Payudara?

Tidak hanya untuk kecantikan dan memperbesar ukuran payudara, buah alpukat juga disebut sebagai makanan yang bisa mencegah kanker payudara.

Mengutip laman Healthline, peneliti dari University of California di Los Angeles melihat ada bukti spesifik dari ekstrak alpukat yang dapat mengurangi pertumbuhan sel kanker prostat dan sel kanker mulut.

Penelitian tersebut menyimpulkan phytochemical (senyawa kimia aktif dalam tanaman) dalam alpukat punya kemampuan yang bermanfaat untuk pencegahan kanker.

Sayangnya, tidak banyak penelitian yang meneliti manfaat alpukat untuk mencegah kanker payudara.

"Sampai saat ini, belum ada penelitian yang secara spesifik mengaitkan alpukat dengan pengurangan risiko kanker payudara," kata Michelle Smekens, ahli onkologi naturopati di Cancer Treatment Centers of America’s Midwestern Regional Medical Center.

Walaupun tidak ada bukti valid, buah alpukat tetap dianggap sebagai sumber makanan yang bermanfaat bagi kesehatan payudara.

Contohnya saja, alpukat adalah makanan yang dianjurkan dalam diet Mediterania. Diet Mediterania ini sering dianjurkan ahli kesehatan untuk menjaga pola hidup sehat dan mencegah berbagai penyakit termasuk kanker.

Diet Mediterania mengharuskan Anda mengonsumsi sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, dan biji-bijian setiap hari. Anda juga diperbolehkan mengonsumsi protein tanpa lemak beberapa kali dalam seminggu.

Hal ini pun disetujui oleh dr. Devia. Menurutnya, buah alpukat memang tidak menjamin seorang wanita bisa terhindar dari kanker payudara.

Namun, makan buah ini setiap hari bisa membantu meningkatkan kesehatan tubuh dengan mengganti lemak jahat jadi lemak baik.

“Ketika tubuh Anda terisi lemak jahat, kemungkinan Anda akan mengalami kenaikan gula darah, kolesterol, risiko diabetes, penyakit jantung, dan obesitas. Tetapi jika tubuh diisi dengan lemak baik dari alpukat maupun makanan lainnya, maka tubuh akan lebih sehat dan tidak berisiko mengalami gangguan kesehatan tadi,” jelas dr. Devia.

Nah, jika Anda ingin memperbesar payudara dengan alami, Anda bisa mengatur pola makan jadi lebih sehat, olahraga, dan membiasakan diri untuk duduk atau berdiri dengan postur tubuh yang baik.

Usahakan tubuh Anda tetap tegak dengan dada membusung saat Anda berdiri maupun saat duduk.  Jika mau tahu cara memperbesar payudara lebih lanjut, segera konsultasi ke dokter, ya. Untuk lebih praktis, ajukan pertanyaan lewat fitur LiveChat di aplikasi KlikDokter.

(OVI/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar