Sukses

Deretan Buah yang Berbahaya Jika Dikonsumsi Sembarangan

Tahukah Anda bahwa terdapat jenis buah yang berbahaya bagi kesehatan, khususnya jika dikonsumsi sembarangan? Berikut ini beberapa buah yang dimaksud.

Buah merupakan salah satu jenis makanan yang selama ini dianggap sehat. Sayangnya, anggapan tersebut tidak sepenuhnya tepat. Pasalnya, terdapat beberapa jenis buah yang ternyata berbahaya bagi kesehatan, khususnya jika dikonsumsi sembarangan.

Secara garis besar, buah mengandung beragam vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Dengan mengonsumsi jenis buah yang tepat dan pada porsi yang sesuai, tentu saja Anda bisa merasakan manfaat sehatnya.

Hal itu juga berlaku sebaliknya. Dengan kata lain. jika Anda mengonsumsi buah secara sembarangan atau berlebihan, justru yang akan terjadi adalah kerugian bagi kesehatan.

1 dari 2 halaman

Buah yang Berbahaya bagi Kesehatan

Berikut deretan buah yang berbahaya bagi kesehatan tubuh Anda:

  1. Buah Leci

Anda termasuk orang yang gemar mengonsumsi leci? Buah ini memang memiliki rasa manis dan asam yang bikin lidah bergoyang. Sayangnya, leci juga mengandung racun yang dapat menyebabkan gula darah sangat rendah (hipoglikemia) saat masih mentah.

Bagi orang yang mengalami penyakit gula darah rendah atau menderita kekurangan gizi, racun dalam leci yang masih mentah dapat menyebabkan sejumlah masalah kesehatan. Mulai dari demam, ensefalopati atau disfungsi otak, hingga kematian.

  1. Buah Ackee

Pernahkah Anda mendengar buah ackee? Buah yang satu ini merupakan simbol nasional negara Jamaika. 

Di balik bentuknya yang menawan, buah ackee ternyata mengandung racun yang mirip dengan leci. Jika dikonsumsi saat masih bentah, buah asli Afrika Barat ini bisa menimbulkan keracunan dengan gejala muntah-muntah, kejang, dan koma.

Artikel Lainnya: 10 Buah Terbaik untuk Kesehatan Tubuh Anda

  1. Belimbing

Belimbing banyak disukai karena memiliki rasa dan bentuk yang khas. Namun siapa sangka, ternyata buah ini sangat disarankan untuk tidak dikonsumsi oleh orang-orang dengan penyakit ginjal.

Faktanya, belimbing mengandung neurotoxin yang mematikan. Racun tersebut dapat menumpuk di dalam tubuh dan menyebabkan cegukan, muntah, kelemahan, kebingungan, agitasi psikomotor, hingga kejang epilepsi yang bertahan lama. Pada beberapa kasus, racun yang ada pada buah belimbing juga bisa menimbulkan koma dan kematian jika masuk ke tubuh penderita penyakit ginjal.

  1. Nanas

Manis, asam, segar dan sangat cocok untuk dijadikan rujak. Ya, apa lagi kalau bukan buah nanas. Namun, di balik segala kenikmatan yang ditawarkan, nanas ternyata termasuk sebagai buah yang berbahaya untuk ibu hamil.

Menurut dr. Devia Irine Putri, nanas tidak disarankan untuk dikonsumsi ibu hamil. Ini karena buah tersebut mengandung enzim bromelain, yang bisa memicu pelunakan pada serviks.

  1. Durian

Sebagian orang tidak akan pernah bisa menolak kenikmatan durian. Apakah Anda salah satunya? Buah yang satu ini memang memiliki aroma khas dan rasa yang sangat nikmat.

Namun, sayang, buah durian ternyata bisa mendatangkan dampak buruk, khususnya apabila dikonsumsi oleh ibu hamil. 

"Durian memiliki kalori yang tinggi. Ini bisa meningkatkan berat badan ibu hamil dan memicu obesitas. Jadi, harus dibatasi kalau mau konsumsi durian," ungkap dr. Devia.

  1. Kacang Mete 

Mete merupakan jenis ‘kacang’ yang berasal dari jambu monyet. Jika diolah dengan cara yang tepat, kacang mete bisa memberikan rasa yang nikmat.

Namun, apabila dikonsumsi saat masih mentah, kacang mete dapat menyebabkan keracunan pada tubuh. Ini karena kacang mete mentah dilengkapi dengan senyawa racun yang disebut urushiol. Senyawa tersebut dapat menyebabkan ruam kulit yang cukup serius, dan dapat menimbulkan efek yang fatal apabila masuk ke dalam tubuh. 

Artikel Lainnya: 6 Buah yang Sebaiknya Tidak Dijus

  1. Anggur

Tahukah Anda bahwa anggur ternyata tergolong sebagai buah yang berbahaya untuk ibu hamil? Buah berkulit ungu gelap ini memiliki sifat penghasil panas, atau dapat memengaruhi ibu dan bayi. 

Selain itu, anggur juga memiliki senyawa yang disebut resveratrol. Senyawa ini dikenal dapat menyebabkan gejolak hormon yang tidak teratur.

  1. Pisang

Pisang dikategorikan sebagai buah berbahaya buat diabetes. Ini karena buah berkulit kuning tersebut memiliki indeks glikemik yang tinggi, sehingga dapat menyebabkan lonjakan gula darah apabila dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Jadi, jika Anda punya penyakit diabetes, sebaiknya hindari buah pisang sama sekali. Ini dilakukan sebagai upaya mempertahankan kestabilan gula darah, sehingga risiko komplikasi bisa dihindari.

  1. Pepaya 

Pepaya ternyata termasuk buah yang berbahaya bagi ibu hamil. Ini karena buah tersebut dihubungkan dengan persalinan prematur. Bahkan pada beberapa kasus, pepaya juga dikaitkan dengan terjadinya keguguran.

Pepaya yang masih mentah pun diduga memiliki kandungan lateks tinggi, yang diketahui dapat memicu terjadinya kontraksi uterus.

  1. Mangga

Mangga dikategorikan sebagai buah beracun untuk penderita diabetes. Dikatakan oleh dr. Devia, buah yang satu ini memiliki kandungan fruktosa (sejenis gula) dan karbohidrat yang tinggi.

Mirip dengan pisang, buah mangga juga memiliki indeks glikemik yang tinggi sehingga bisa menyebabkan lonjakan gula darah pada penderita diabetes. Semakin sering lonjakan gula terjadi, semakin besar pula risiko terjadinya komplikasi.

Itulah beberapa buah yang berbahaya bagi kesehatan. Jika memang Anda ingin terhindar dari potensi bahaya yang bisa ditimbulkan oleh buah-buahan tersebut, perhatikan cara mengonsumsi dan atur porsinya agar tidak berlebihan.

Agar lebih meminimalkan risiko yang bisa timbul akibat mengonsumsi buah yang berbahaya bagi kesehatan, tak ada salahnya untuk bertanya lebih lanjut pada dokter melalui Live Chat 24 jam di aplikasi KlikDokter.

(NB)

0 Komentar

Belum ada komentar