Sukses

Staycation di Hotel saat Pandemi, Amankah?

Mulai jenuh dengan kondisi pandemi virus corona, tidak sedikit orang yang memilih untuk staycation di hotel. Amankah menginap di hotel saat pandemi?

Mulai memasuki masa new normal, tidak hanya pusat perbelanjaan saat yang mulai dibuka, tapi tempat menginap seperti hotel juga sudah mulai beroperasi.

Banyaknya promo dan potongan harga menginap di hotel berbintang mungkin membuat Anda tertarik untuk staycation. Namun, amankah staycation atau menginap di hotel selama pandemi virus corona? 

1 dari 4 halaman

Apakah Menginap di Hotel Berisiko Terkena Virus Corona?

Rencana liburan tahun ini mungkin jadi berantakan karena pandemi virus corona. Sebagai gantinya, beberapa orang mungkin memilih untuk staycation

Ditambah, dengan banyaknya promo menginap dari hotel berbintang, siapa yang tidak tergiur, ya? 

Akan tetapi, perlu diwaspadai lagi, pergi liburan atau hanya sekedar staycation di masa new normal, tetap berisiko menularkan virus corona. 

Mengutip laman Health, masuk  atau keluar hotel pasti akan meningkatkan peluang Anda untuk berhubungan dengan virus corona. 

Berdasarkan panduan dari Center for Disease Control and Prevention, tetap tinggal di rumah selama masa pandemi merupakan cara paling aman agar terhindar dari virus corona. 

Donald Schaffner, Ph.D., seorang pakar penilaian risiko mikroba dan profesor di Rutgers School of Environmental and Biological Sciencea mengatakan, ada dua faktor yang mungkin bisa jadi sumber penularan virus corona selama staycation, yaitu: 

  1. Pertama, ketika Anda masuk ke dalam sebuah hotel, maka risiko untuk  bertemu dengan banyak orang dari berbagai kota, negara, dan daerah sangat tinggi. 

Ini bisa jadi salah satu sumber penularan virus corona yang paling mungkin terjadi. 

  1. Kedua, keluar masuknya housekeeping atau tata graha di hotel bisa jadi faktor lainnya yang jadi risiko Anda tertular virus corona. 

Ingat, housekeeping tidak hanya masuk ke satu atau dua kamar, tapi orang itu bisa masuk ke lebih dari 20 kamar setiap hari, dan dari kamar yang berbeda-beda. 

Anda tidak pernah tahu, virus apa yang bisa menempel pada housekeeping atau anggota room service lainnya saat membersihkan atau melayani tamu di kamar lain. 

Menanggapi masalah ini, dr. Devia Irine Putri pun setuju dengan pernyataan di atas. Menurutnya, staycation di hotel selama masa pandemi tetap bisa berisiko menularkan virus corona. 

Meski sebenarnya aman bila mengikuti prosedur yang sudah ditetapkan, tapi risiko-risiko itu tetap bisa muncul kapan saja dan di mana saja. 

Artikel Lainnya: Wajib Dipatuhi, Jangan Bawa Anak ke Mal saat New Normal!

2 dari 4 halaman

Mau Menginap di Hotel? Patuhi Aturan Ini 

Seperti yang dikatakan sebelumnya, menginap di hotel selama masa pandemi memang tetap memiliki risiko tertular virus corona. 

Namun, jika Anda tetap ingin menginap di hotel untuk staycation, ada beberapa aturan yang harus dipatuhi. Apa saja? Berikut penjelasannya:

1. Perhatikan Syarat Ini Saat Check-in

Pertama, Anda dianjurkan untuk melakukan pengecekan suhu tubuh sebelum memasuki area hotel. Jika subuh tubuh mencapai 37,5 derajat Celcius atau lebih, maka wajib diperiksa oleh dokter atau ke rumah sakit terlebih dahulu. 

Petugas hotel juga akan memberikan Anda formulir data/riwayat diri untuk diisi. Anda harus mengisi jujur tentang riwayat bepergian ke luar negeri atau jika pernah kontak langsung dengan pasien COVID-19.

2. Selalu Jaga Kebersihan Diri 

  • Selama menginap di hotel, Anda wajib pakai masker dan cek suhu tubuh secara berkala. 

  • Jika Anda batuk atau bersin, terapkan etika batuk dan bersin yang benar dengan mengarahkan ke siku atau pakai tisu, ya!

  • Sebelum menyentuh makanan atau sehabis dari toilet, jangan lupa cuci tangan minimal 20 detik menggunakan sabun dan air mengalir. Hindari menyentuh wajah sebelum mencuci tangan.

3. Aturan Saat Menggunakan Transportasi 

Fasilitas transportasi seperti taksi atau jemputan khusus milik hotel, umumnya sudah mulai beroperasi seperti biasa. Namun, jika ingin menggunakan jasa transportasi yang disediakan di hotel, Anda wajib menggunakan masker, menggunakan hand sanitizer, dan melakukan physical distancing dengan sopir atau petugas.

4. Aturan Lainnya yang Harus Diperhatikan

  • Untuk mencegah risiko penularan, Anda disarankan pesan makanan secara takeaway jika ingin memesan makanan di hotel. 

  • Selama menginap di hotel, dianjurkan untuk tidak berkumpul dalam pertemuan seperti seminar, pernikahan, meeting, atau acara ulang tahun.

  • Selalu ingat lakukan physcial distancing dengan tamu lain dan petugas hotel.

  • Saat memencet tombol lift, usahakan jangan langsung menyentuh dengan tangan, pakai alat khusus atau tusuk gigi. Setelah itu, cuci tangan yang bersih.

Artikel Lainnya: Panduan Naik Transportasi Umum saat New Normal

3 dari 4 halaman

Lakukan Hal Ini untuk Cegah Penularan di Hotel

Selain mengikuti protokol kesehatan yang sudah dijelaskan tadi, Anda juga bisa melakukan beberapa cara di bawah ini, agar terhindar dari risiko penularan virus corona saat menginap di hotel: 

  1. Tanyakan Protokol Kesehatan yang Ditetapkan oleh Hotel

Hal ini penting untuk dilakukan demi menurunkan risiko penularan COVID-19 selama berada di area hotel. 

Jika aturan yang dimiliki oleh pihak hotel sudah sama dengan standar yang ditetapkan oleh pemerintah, Anda bisa menginap di hotel tersebut. 

  1. Minta Kamar yang Tidak Ditempati Beberapa Hari 

Saat menginap di kala pandemi, Anda bisa  tanyakan pada staff hotel, apakah bisa masuk ke kamar yang belum ditempati oleh orang lain selama lebih dari 72 jam atau setara dengan 3 hari? 

Jika ada, sebaiknya Anda pilih kamar tersebut guna menurunkan risiko penularan virus corona 

  1. Hindari Beraktivitas di Fasilitas Umum

Beraktivitas di area hotel seperti kolam renang, tempat gym, tempat sauna, atau restoran, sebaiknya dihindari dulu saat pandemi seperti ini. 

Semakin minim Anda bertemu dengan pengunjung hotel lainnya, semakin rendah juga risiko Anda tertular virus corona. 

  1. Bawa Desinfektan dan Hand Sanitizer Dari Rumah 

Sebelum memasuki kamar, ada baiknya jika Anda menyemprotkan terlebih dahulu seisi ruangan dengan menggunakan desinfektan. Tunggu selama beberapa menit, barulah Anda bisa bersantai-santai di dalam kamar. 

  1. Cuci tangan Pakai Sabun dan Air Sesering Mungkin

Pastikan Anda mencuci tangan sebelum makan, sesudah makan, sesudah keluar dari kamar mandi, sesudah memegang gagang pintu, dan sebagainya. Ini penting untuk mencegah penularan virus corona dari benda yang Anda sentuh. 

Nah, itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menurunkan risiko penularan selama staycation di hotel. Meski begitu, Anda tetap disarankan untuk berada di rumah selama masa pandemi virus corona berlangsung. 

Apabila ada pertanyaan lebih lanjut tentang tips sehat selama pandemi, jangan ragu ajukan pertanyaan lewat fitur LiveChat di aplikasi KlikDokter. Salam sehat! 

(OVI/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar