Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Komika Bintang Emon Diduga Pakai Narkoba, Ini Ciri-ciri Pemakai

Komika Bintang Emon Diduga Pakai Narkoba, Ini Ciri-ciri Pemakai

Stand up Comedian atau komika Bintang Emon, dituding menggunakan narkoba. Lantas, seperti apakah ciri-ciri seseorang yang pakai narkoba?

Nama komika atau pelawak stand up comedy Bintang Emon, memang sedang jadi perbincangan publik belakangan ini.  Sebab, komika Bintang Emon turut membuat video lawakan yang mengkritik berita penyiraman air keras kepada mantan penyidik KPK, Novel Baswedan. 

Karena kritikannya tersebut, Bintang Emon jadi diserang buzzer yang menyebarkan kabar bahwa dirinya terlibat penyalahgunaan narkoba jenis sabu! Bagaimana ciri orang pemakai narkoba? 

Kronologi Bintang Emon Diserang Komentar Tuduhan 

Kasus komika Bintang Emon ini muncul saat dua terdakwa penyiraman Novel Baswedan, Rahmat Kadir Mahulette dan Ronny Bugis, dituntut 1 tahun oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) di Pengadilan Negeri Jakarta Utara, Kamis (11/6) lalu. 

Jaksa menilai, keduanya secara tidak sengaja melukai mata Novel, namun hanya hendak memberinya pembelajaran.

Setelah putusan itu rilis, tagar ‘gak sengaja’ telah menjadi tren di berbagai macam media sosial. Salah satu yang ikut mengkritik dan menjadikan putusan itu sebagai konten guyonan adalah komika Bintang Emon. 

Setelah dirinya membuat dan mengunggah video kritikan tersebut pada 12 Juni lalu, Bintang Emon mendadak diserang oleh segelintir akun buzzer yang membuat publik jadi bereaksi, sehingga isu utama (putusan terdakwa penyiraman Novel Baswedan) jadi tersingkirkan. 

Senin (15/6) kemarin, menurut CNN Indonesia, dilaporkan ada sekitar 135 ribu lebih perbincangan reaksi kepada Bintang Emon. 

Sejumlah buzzer ini juga diketahui membuat meme yang berisikan keterangan bahwa Komika Bintang Emon menggunakan narkotika jenis sabu.

Kasus yang dialami Bintang Emon lantas menimbulkan banyak reaksi dari warganet. Bahkan, perbincangan mengenai Bintang Emon memuncaki tending Twitter di Indonesia sejak dini hari. 

Artikel Lainnya: Mengenal Jenis dan Efek Narkoba pada Tubuh

1 dari 4 halaman

Bintang Emon Bantah Penyalahgunaan Narkoba

Menanggapi tudingan yang diberikan padanya lewat buzzer, Bintang Emon pun membeberkan surat keterangan bebas narkoba sebagai bukti bahwa dirinya negatif menggunakan ‘barang haram’ tersebut.

Foto surat itu dibagikan Bintang Emon melalui akun instagram pribadinya @bintangemon, Senin (15/6) malam. 

Sebagai bentuk sarkasme dan sindiran terhadap akun yang menudingnya, Bintang Emon pun menuliskan caption seperti, “Kalau nanti masih ada berita ditangkap karena narkoboy, lucu juga sih. Bintang Emon negatif narkoba, positif kentang mustofa.”

Aksi Bintang Emon ini tentu banyak mendapatkan dukungan dari masyarakat. Tidak hanya dari kalangan biasa, tapi kalangan artis pun ikut mendukung aksi yang diberikan oleh Bintang Emon. 

2 dari 4 halaman

Tes Narkoba, Apa Prosedurnya?

Tes narkoba adalah pemeriksaan yang dilakukan untuk mendeteksi apakah ada jenis atau kadar obat terlarang di dalam tubuh seseorang. Biasanya, jenis obat-obatan yang sering diperiksa adalah ganja, kokain, opioid, amfetamin, dan phencyclidine (PCP). 

Menurut penjelasan dari dr. Devia Irine Putri, secara umum tes narkoba dilakukan dengan cara memeriksa kandungan zat di dalam urine. 

Akan tetapi, sampel ini juga bisa diambil melalui rambut, darah, keringat dan juga air liur. 

Meski begitu, di Indonesia sendiri tes narkoba dengan menggunakan sampel air liur belum tersedia, sehingga tes urine jadi salah satu metode yang paling sering digunakan. 

“Pada dasarnya tes narkoba memang dilakukan untuk orang-orang yang sudah lama dicurigai sebagai pemakai. Karenanya, tidak ada persiapan khusus yang diperlukan dan biasanya terjadi secara mendadak atau saat penggerebekan,” ujar dr. Devia. 

Untuk tes urine sendiri, biasanya para terduga penyalahgunaan narkoba akan diminta mencuci tangan terlebih dahulu dan membersihkan area genital dengan kain lembab yang sudah disediakan oleh petugas. 

Pada pria, mereka wajib membersihkan penis sampai keseluruh bagian. Sedangkan untuk wanita, mereka diminta untuk membuka bibir vagina dan membersihkannya dari depan ke belakang. 

Setelah membersihkan organ intim, Anda akan diberikan wadah untuk menampung urine dan diminta untuk buang air kecil. 

Pastikan air urine masuk ke dalam wadah sampai batas yang ditentukan, sehingga Anda tidak perlu mengulang lagi prosesnya. Setelah itu tutup wadah hingga benar-benar rapat, dan cuci tangan Anda sekali lagi. 

Dalam beberapa kasus, biasanya petugas akan menemani terduga selama proses pengambilan sampel urine.

Artikel Lainnya: Mengapa Narkoba Bisa Bikin Kecanduan?

3 dari 4 halaman

Bagaimana Ciri-Ciri Pemakai Narkoba?

Mengenali ciri-ciri pengguna atau pencandu narkoba merupakan hal penting yang harus Anda ketahui. 

Bukan untuk menuduh atau menghujat orang yang menggunakan narkoba, ya, melainkan untuk merangkul dan mencegah agar mereka tidak tenggelam dalam perangkap narkoba. 

Disebutkan oleh dr. Devia, berikut ciri pemakai narkoba yang perlu Anda tahu. 

  • Mata terlihat cekung dan merah .
  • Adanya penurunan berat badan secara drastis. 
  • Mata terlihat seperti mengantuk. 
  • Bawah mata biasanya terlihat mencekung dan gelap. 
  • Ada tanda bekas jarum suntik atau bekas luka sayatan.
  • Sering sakit. 
  • Mudah marah dan tersinggung. 
  • Lebih suka menyendiri dan melanggar peraturan yang ada. 
  • Sulit untuk dinasihati. 
  • Keringat dingin.
  • Terlihat pucat. 
  • Sering tidak mudeng jika diajak berbicara. 
  • Suka berbohong. 
  • Nafsu makan menurun. 

Meski tidak semua ciri di atas melambangkan orang pemakai narkoba, tapi umumnya, mereka yang pecandu akan terlihat seperti itu. 

Untuk mengetahui lebih pasti, tes narkoba perlu untuk dilakukan. Jika Anda melihat ada orang sekitar atau kerabat Anda yang menggunakan narkoba, jangan jauhi mereka, tapi mari Anda rangkul dan nasihati agar tidak semakin terjerumus.

Apabila mau tahu informasi lebih lanjut tentang tes penyalahgunaan narkoba atau ciri pemakai narkoba, jangan ragu ajukan pertanyaan ke dokter. Untuk lebih praktisnya, Anda bisa konsultasi dengan dokter lewat fitur Live Chat di aplikasi KlikDokter. 

(OVI/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar