Seks

Tips Afterplay yang Bisa Dicoba Usai Berhubungan

dr. Astrid Wulan Kusumoastuti, 16 Feb 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Bukan hanya foreplay, ada juga afterplay yang bisa dilakukan usai berhubungan seks. Bagaimana sih teknik afterplay yang menyenangkan? Simak di sini.

Tips Afterplay yang Bisa Dicoba Usai Berhubungan

Afterplay sering kali dilewatkan oleh banyak pasangan. Padahal, afterplay bisa membuat hubungan Anda dan pasangan semakin menggelora. Bukan itu saja, teknik afterplay yang tepat usai sesi bercinta yang panas bisa meningkatkan hasrat seks Anda.

Afterplay adalah interaksi yang dibangun setelah berhubungan seks. Hal ini mungkin menjadi salah satu kegiatan romantis yang bisa Anda dan pasangan lakukan usai berhubungan intim. 

Jika diibaratkan, foreplay adalah “hidangan pembuka” sebelum Anda masuk ke dalam menu utama, yakni hubungan seks. Sementara itu, afterplay adalah “hidangan penutup” yang dilakukan setelah berhubungan seksual. 

Dikutip dari NCBI, beberapa studi pernah membandingkan respons pria dan wanita saat melakukan foreplay, berhubungan seks, dan afterplay. Peneliti menyimpulkan bahwa wanita lebih cenderung menikmati foreplay dan afterplay daripada pria. Sedangkan pria, lebih cenderung melaporkan menikmati hubungan intim.

Manfaat Afterplay

Tujuan dari afterplay adalah membangun kembali keterikatan secara emosional dan fisik dengan pasangan. Itu sebabnya, afterplay sangat penting untuk dilakukan sehabis berhubungan seks.

Gunakan waktu tersebut untuk bersantai dan bersenang-senang secara seksual satu sama lain dengan pasangan. Jangan lekas tinggal tidur atau beranjak pergi.

Selain itu, afterplay dipercaya mampu membangun hubungan yang sehat serta membuat pasangan menjadi lebih tenang dan nyaman. Bahkan, afterplay juga bisa memicu fase seks berikutnya.

Lakukan Trik Afterplay Ini!

Nah, agar sesi afterplay bisa berlangsung dengan baik, berikut beberapa tips dan trik yang bisa Anda coba bersama pasangan.

1. Berciuman

Salah satu hal yang bisa dilakukan setelah selesai berhubungan intim adalah berciuman. Ya, ciuman tidak hanya bisa dilakukan sebelum dan saat melakukan hubungan intim, namun juga setelah selesai sebagai "makanan penutup".

Berciuman dapat menjadi salah satu cara untuk reconnect dengan pasangan setelah terhanyut dalam hubungan intim yang panas.

2. Bermain dengan Jari 

Dikutip Women's Health Magazine, oral seks memang menyenangkan, terutama jika pasangan Anda sangat mahir dalam memainkan lidah. Namun, cobalah untuk tidak menggunakan mulut sehabis bercinta.

“Minta pasangan Anda untuk memainkan klitoris dengan menggunakan jari. Ini akan menstimulasi lagi gairah seks,” tutur Jane Greer, PhD, seorang seks terapis. 

Area klitoris Anda juga bisa distimulasi dengan mainan seks yang mungkin Anda miliki di rumah. 

Artikel Lainnya: Penyebab Perdarahan Usai Hubungan Intim

3. Gunakan Sex Toys 

Penggunaan sex toys seperti vibrator juga dapat menambah variasi dalam kehidupan hubungan intim Anda dan pasangan. 

Tidak hanya bisa digunakan saat foreplay, sex toys juga dapat menjadi "hiburan" yang dimainkan setelah berhubungan seks untuk membuat suasana lebih rileks.

4. Mandi Bersama 

Jika Anda dan pasangan sudah selesai melakukan kegiatan seks dan ingin dilanjutkan dengan sesuatu yang santai, cobalah untuk mandi bersama. Selain penting untuk dilakukan, mandi bersama juga dipercaya bisa meningkatkan keintiman.

Anda bisa menggunakan air hangat untuk mandi, dan berendam di dalam bath-up bersama pasangan. Semakin romantis, bukan?

5. Berpelukan

Berpelukan di atas ranjang atau cuddling, merupakan salah satu bahasa tubuh untuk menyatakan cinta dan kasih sayang yang paling mudah dilakukan, dengan makna yang tetap dalam. 

Dengan berpelukan santai sambil melepas lelah setelah berhubungan intim, Anda bisa merasakan hangatnya tubuh pasangan dan merasa nyaman dalam pelukannya.

Artikel Lainnya: Inilah Penyebab Bau Vagina yang Muncul Usai Bercinta

6. Ngobrol di Atas Ranjang

Apabila Anda masih ingin goleran di atas ranjang, sesi ngobrol intim juga bisa dilakukan. Mengobrol dengan pasangan setelah sesi bercinta bisa kembali mendekatkan hubungan dan menambah keintiman. 

Anda bisa membicarakan masa-masa menyenangkan saat pacaran, membicarakan kembali bagaimana awal Anda dan pasangan bertemu, sampai membicarakan tujuan yang akan dicapai ke depan. 

7. Makan 

Makan juga bisa menjadi afterplay menyenangkan! Setelah “olahraga” yang menguras banyak energi, tentu saja perut jadi terasa lapar. 

Anda bisa memasak atau membeli makanan kesukaan pasangan, dan menyantapnya sambil menonton film favorit. 

Itu dia ketujuh teknik afterplay yang bisa Anda coba bersama pasangan. Jangan terburu-buru, nikmati setiap momen usai bercinta dengan pasangan. 

Cari tahu informasi mengenai tips berhubungan seks dan asmara dengan membaca artikel di aplikasi KlikDokter.

(OVI/JKT)

afterplayHubungan seksSeks

Konsultasi Dokter Terkait