Sukses

Ini Hal yang Dapat Menurunkan Sistem Imunitas Tubuh!

Awas, 12 hal ini bisa menurunkan sistem imunitas tubuh. Untuk atasinya, pilih suplemen vitamin C yang bagus dan dosis harian yang tepat di sini.

Imunitas tubuh yang prima merupakan kunci agar Anda terhindar dari berbagai macam penyakit. Karena, ketika tubuh diserang berbagai agen penyebab infeksi seperti virus dan bakteri, sistem imunlah yang bertanggung jawab menghadapinya.

Bahkan, beberapa jenis penyakit yang belum diketahui obatnya seperti COVID-19 pun punya salah satu pencegahan utama yaitu meningkatkan imun tubuh. Mereka yang memiliki daya tahan tubuh kuat tidak akan mudah terinfeksi virus corona.

Jadi, mulailah melakukan cara meningkatkan imun tubuh yang aman dan dianjurkan medis. Selain itu, hindari beberapa hal yang bisa membuat daya tahan tubuh berkurang:

1. Banyak Makan Makanan Olahan

Jika Anda sering makan makanan olahan seperti makanan kaleng atau junk food, maka tidak heran bila imun di dalam tubuh sangat lemah.

Makanan tinggi gula dan karbohidrat justru memperlambat proses metabolisme di dalam tubuh dan membuat imun tubuh lebih sulit bekerja.

Artikel Lainnya: Awas Daya Tahan Anak Menurun Saat Pandemi, Ini Tandanya

Sementara, makanan olahan bisa menyerang bakteri baik di dalam usus, menyisakan ruang bagi bakteri jahat untuk masuk ke tubuh, dan melemahkan sistem kekebalan usus.

Serangkaian penelitian yang dilakukan pada manusia dan tikus telah menunjukkan, banyak zat kimia tambahan di dalam makanan olahan yang dapat mengganggu mikrobioma usus. Zat yang dimaksud yakni pemanis seperti sakarin, sukralosa, dan stevia.

2. Waktu Tidur yang Kurang

Kualitas tidur yang baik merupakan salah satu kunci utama tubuh sehat. Menurut National Sleep Foundation, Amerika Serikat, bermain smartphone di malam hari bisa mengganggu ritme tidur dan menekan hormon melatonin.

Jika hormon ini terus menurun, maka gangguan tidur bisa jadi masalah yang dihadapi setiap malam.

Untuk itu, pastikan Anda menyimpan segala peralatan elektronik sebelum tidur, serta atur suhu dan pencahayaan kamar senyaman mungkin.

3. Minum Alkohol Berlebihan

Kalau diminum berlebihan, minuman beralkohol bisa berdampak buruk bagi tubuh, termasuk menurunkan sistem imunitas.

Tidak hanya menurunkan imunitas tubuh, minum minuman beralkohol juga mampu merusak sistem pencernaan dan fungsi kerja ginjal.

Jumlah alkohol yang berlebihan akan membasmi bakteri baik. Akibatnya, akan lebih banyak bakteri jahat yang masuk ke tubuh, sehingga menyebabkan peradangan di dalam organ hati.

Ketika meradang, hati akan kesulitan untuk membersihkan racun di dalam tubuh, termasuk zat yang bisa menurunkan sistem imunitas.

4. Merokok

Senyawa kimia di dalam sebatang rokok dapat memengaruhi lapisan mukosa pada saluran pernapasan, dari hidung hingga paru-paru.

Ketika Anda merokok, tubuh akan menghasilkan lendir berlebihan dan mempersempit saluran udara. Paru-paru pun akan lebih sulit bekerja.

Merokok juga bisa menurunkan kadar antioksidan di dalam darah dan meningkatkan risiko pneumonia.

Karenanya, segera hentikan merokok dan ganti dengan asupan yang lebih sehat seperti buah dan sayuran.

Bila pada awalnya sulit berhenti merokok, cobalah makan permen yang bisa dikunyah saat mulut sedang “asam”.

Artikel Lainnya: Awas Imun Tubuh Lemah Meski Terlihat Sehat, Cek di Sini!

5. Stres Berlebihan

Stres berlebihan memang dipercaya mampu menurunkan sistem imunitas tubuh. Stres pikiran, baik akibat mengejar deadline, percintaan, atau lainnya, sudah terbukti bisa membuat seseorang lebih mudah sakit.

Karena, stres dapat memicu respons di tubuh yang bisa mengganggu sistem kekebalan tubuh.

6. Jarang Terpapar Matahari Pagi

Salah satu mineral penting untuk sistem imun adalah vitamin D. Sumber utama untuk mendapatkan vitamin D adalah paparan sinar matahari.

Kurang mendapatkan paparan matahari pagi berisiko membuat sistem imun melemah karena tidak tercukupinya kebutuhan vitamin D.

Jadi, rutinlah berjemur di bawah sinar matahari setiap hari, paling tidak selama 15 menit.

7. Kurang Mengonsumsi Sayur dan Buah

Daya tahan tubuh yang baik membutuhkan berbagai nutrisi, seperti zinc, beta karoten, dan berbagai vitamin. Nah, sumber utama nutrisi-nutrisi tersebut adalah sayur dan buah.

Ketika tidak mengonsumsi buah dan sayur yang cukup, maka berisiko membuat sistem imun tidak optimal.

8. Jarang Berolahraga

Olahraga teratur sangat baik untuk sistem imun. Olahraga akan membantu memperlancar peredaran darah, sehingga sel darah putih (salah satu komponen utama sistem imun) dapat mencapai hampir seluruh bagian tubuh.

Jarang berolahraga akan berisiko membuat imunitas tubuh melemah.

9. Mengonsumsi Obat Kortikosteroid

Kondisi seperti rematik membuat penderitanya kerap mengonsumsi obat kortikosteroid dan antiinflamasi. Sayangnya, obat tersebut ternyata juga memberikan dampak negatif bagi tubuh dengan menekan kerja sistem imun.

10. Banyak Konsumsi Makanan Berlemak

Lemak dapat menurunkan kemampuan sel darah putih untuk melawan kuman. Pola makan tinggi lemak dalam waktu lama akan mengganggu keseimbangan bakteri baik di usus, yang sangat penting dalam membantu sistem imun.

11. Sering Minum Minuman Manis

Berbagai penelitian menunjukkan, orang-orang yang sering mengonsumsi minuman manis memiliki penanda inflamasi (peradangan) yang lebih tinggi dibandingkan yang jarang.

Sebuah penelitian memperlihatkan, berkurangnya kebiasaan minum minuman manis akan menurunkan penanda inflamasi tersebut.

Artikel Lainnya: Pilihan Smoothies untuk Tingkatkan Imun Tubuh

12. Kondisi Mental Menurun

Terdapat beberapa bukti, tenggelam dalam kesedihan apalagi jika berlangsung lama dapat menurunkan sistem imun! Kabar baiknya, imunitas tubuh akan segera kembali ketika kesedihan sudah teratasi.

Itulah beberapa hal sehari-hari yang tanpa Anda sadari dapat menurunkan sistem imunitas tubuh. Setelah mengetahuinya, penting untuk memahami bagaimana cara menjaga imun agar tetap sehat.

Mulailah dengan menghindari semua hal yang menyebabkan masalah sistem imun. Selanjutnya, jaga pola makan Anda. Batasi konsumsi kalori, gula, dan lemak; serta perbanyak makan sayur dan buah.

Jalani pola hidup aktif dengan sering berolahraga. Selain itu, Anda bisa mengonsumsi minuman bervitamin C yang bagus untuk meningkatkan imunitas tubuh yaitu ORONAMIN C.

ORONAMIN C mengandung vitamin C 145 mg (setara dengan 5 buah lemon), serta vitamin B2 2,4 mg, B3 15 mg, dan B6 5,2 mg.

Vitamin C berperan sebagai antioksidan yang penting untuk kekebalan tubuh dan melindungi dari radikal bebas. Sariawan dan gusi berdarah juga dapat diatasi dengan vitamin C.

Sementara, vitamin B membantu proses pembentukan energi. ORONAMIN C juga diperkaya dengan madu yang sudah lama diketahui sangat baik untuk memelihara kesehatan dan daya tahan tubuh.

ORONAMIN C aman diminum sehari-hari karena tanpa pengawet, pewarna buatan, dan pemanis buatan. Untuk memenuhi dosis vitamin C harian yang benar, minum ORONAMIN C 1-4 botol sehari.

ORONAMIN C yang menyegarkan cocok untuk menemani aktivitas Anda seharian. Kandungan vitamin dan madu di dalamnya akan membuat Anda berenergi dan tetap sehat!

Bila ingin tahu lebih lanjut seputar cara meningkatkan imun tubuh, konsultasi ke dokter lewat LiveChat KlikDokter.

(FR/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar