Sukses

Cegah Coronavirus dengan Tenang, Sigap, dan Efektif

Munculnya fakta virus corona yang telah masuk ke Indonesia membuat banyak orang panik. Tetaplah tenang, ini cara bijak dan efektif cegah infeksi coronavirus.

Seakan masyarakat dunia tidak selesai dibuat khawatir dengan begitu banyak pemberitaan mengenai virus corona yang penyebarannya sudah sulit untuk dibendung. Beberapa negara lainnya akhirnya telah mengumumkan kasus terbaru virus corona, termasuk Indonesia.

Munculnya kabar dua orang Indonesia yang terkena infeksi virus corona membuat masyarakat Tanah Air kian panik. Mulai dari memiliki stok masker, hand sanitizer, hingga makanan cepat saji, semua upaya berusaha dilakukan untuk melindungi diri dari virus COVID-19.

Bahkan, menggilanya kepanikan penularan virus corona menyebabkan “kelangkaan” masker dan hand sanitizer di sejumlah toko dan apotek. Hal inilah yang harus disikapi dengan bijak.

Memang, melindungi diri dari coronavirus itu sangat penting. Namun, bila melakukannya dengan cara yang tidak bijak dan rasa panik yang berlebihan, hal ini justru akan menghambat pencegahannya!

Untuk itu, berikut ini beberapa tips efektif mencegah virus corona dengan aman tanpa khawatir berlebihan!

  1. Jangan Panik

Tidak ada gunanya bila menghadapi penyebaran virus corona dengan rasa panik berlebihan atau paranoid. Menurut dr. Alvin Nursalim Sp.PD dari KlikDokter, rasa panik yang tidak wajar hanya akan membuat Anda cenderung sulit berpikir rasional.

Bila bertindak gegabah dan terburu-buru, Anda akan sulit mengambil keputusan yang tepat terkait pencegahan virus corona.

Kalau kepanikan dibiarkan hingga menjadi kronis, dapat berisiko membuat seseorang menjadi stres secara psikis dan memengaruhi kekuatan imunnya.

Artikel Lainnya: Hati-hati Virus Corona, Ini Pertolongan Pertama untuk Mengatasinya

  1. Hati-hati saat Berada di Keramaian dan Transportasi Publik

Terkadang keramaian memang sulit dihindari, apalagi bila Anda sedang bertugas di sebuah acara atau naik transportasi umum.

Namun, tetap waspada dengan tidak berada di dekat orang yang sedang sakit (batuk, pilek, dan lainnya). Pakailah masker untuk proteksi lebih.

Ketika habis bersentuhan, bersalaman, atau memegang benda yang umum dipegang banyak orang, segeralah mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun atau hand sanitizer.

Demi mendukung efektivitas pencegahan virus corona, MRT Jakarta pun kini akan menerapkan pemeriksaan suhu badan penumpang. Hal ini dilakukan di setiap area pintu masuk stasiun. Bila penumpang memiliki gejala demam tinggi, ia tidak diperbolehkan naik MRT.

Artikel Lainnya: Waspada, Penderita Virus Corona Bisa Tidak Menunjukkan Gejala!

  1. Pakai Masker

Banyak orang memborong masker, stok di toko jadi habis, deh! Sebaiknya, tetap utamakan orang yang sedang sakit dulu untuk mengenakan masker. Tanamkan kesadaran diri untuk mengenakan masker bila sedang sakit agar orang lain tidak dirugikan!

Namun, boleh saja kalau ingin pakai masker sebagai proteksi lebih, khususnya di tempat ramai. Tapi ingat, penggunaannya harus bijak.

Kalau masker sudah basah, cepatlah diganti. Buangnya juga tidak boleh sembarangan, disarankan buang di tempat sampah terpisah.

  1. Bawa Hand Sanitizer

Dokter Alvin mengatakan hanya ada dua cara membersihkan tangan, yaitu dengan air mengalir dan sabun serta pakai hand sanitizer. Bila tidak ada air dan sabun, membawa hand sanitizer adalah solusi yang tepat.

Beberapa orang berpendapat bahwa hand sanitizer tidak terlalu efektif mencegah COVID-19 karena jenis pembersih ini hanya ampuh membasmi bakteri, bukan virus. Nyatanya, hand sanitizer tetap efektif, kok!

“Pilihlah jenis yang terpercaya dengan kadar alkohol di atas 60%. Jangan pilih yang abal-abal atau hanya unggul karena wangi yang memikat,” ujarnya.

Praktikkan cara cuci tangan yang benar dan menyeluruh. Jangan hanya berfokus di telapak tangan, karena virus dapat berada di sela jari, kuku, dan area lainnya.

Artikel Lainnya: Jangan Percaya Hoax, Ini Mitos dan Fakta Seputar Coronavirus

  1. Vaksin Flu (Flu Shot) Tidak Diperlukan

Perlu diluruskan, menerima vaksin flu bukan ditujukan untuk mencegah atau mengatasi virus corona! Menurut dr. Alvin, biasanya flu shot diutamakan untuk orang usia tua dengan risiko tinggi atau mengidap penyakit tertentu, seperti penyakit jantung koroner atau penyakit paru obstruktif kronis.

“Boleh saja menerima vaksin flu, namun bukan berarti Anda akan terbebas 100% dari flu. Umumnya, hal ini untuk pencegahan agar tidak terkena flu berat, bukan virus corona,” ungkapnya.

  1. Utamakan Makanan Bergizi dibanding Suplemen

Bukannya tidak boleh minum suplemen, namun jangan sampai makanan bernutrisi sempurna jadi dilupakan, ya!

Usahakan untuk melengkapi kebutuhan gizi tubuh harian yang baik dan seimbang, air putih, serta tidak melupakan sayur dan buah-buahan segar.

Makanan bergizi lengkap sebenarnya sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan vitamin. Namun, bila Anda merasa pemenuhan gizi sedang tidak optimal, suplemen vitamin C bisa jadi pilihan.

  1. Terapkan Pola Istirahat yang Cukup dan Olahraga

Agar kebugaran tubuh tetap terjaga dan tidak mudah sakit, usahakan untuk memiliki pola tidur yang baik. Jangan memaksakan diri bila tubuh sudah lelah, sempatkan untuk beristirahat agar kembali fit.

Terakhir, rutinlah berolahraga agar tubuh lebih sehat dan kuat! Anda bisa melakukannya beberapa kali seminggu dengan durasi yang telah disesuaikan.

Mudah, kan? Jadi, tidak usah panik dalam menghadapi dan mencegah virus corona. Tetap tenang, serta jaga kebersihan dan kesehatan diri. Mau tahu tips lainnya seputar kesehatan? Download aplikasi KlikDokter, yuk!

(AYU)

1 Komentar

  • Hartono Gandamulia

    dokter yth, tidak semua orang tahan akan bahan pengawet makanan, jika dikonsumsi terus tentu tubuhnya akan kehilangan kekebalan tubuh dan mudah sekali terjangkit virus, zaman sekarang barang makanan banyak memakai bahan pengawet makanan, cuma gitu kok semua oanik dan tidak mengerti apa yang terjadi