Sukses

5 Zat Gizi Pendukung Kecerdasan Otak Anak

Kecerdasan dan perkembangan otak yang optimal adalah kunci kesuksesan anak di masa depan. Apa saja zat gizi yang baik untuk mendukung kecerdasan otak anak?

Kecerdasan otak anak bukan semata-mata hasil ‘keturunan’ dari orang tuanya. Selain genetik, faktor lingkungan juga berperan besar terhadap berkembangnya kecerdasan anak. Salah satu aspek lingkungan yang sangat penting untuk perkembangan kecerdasan otak anak adalah kecukupan zat gizi.

Dengan asupan zat gizi yang lengkap, pertumbuhan dan perkembangan anak akan menjadi optimal. Hal ini disebabkan karena nutrisi dan gizi adalah bahan utama dalam pembentukan dan perbaikan sel-sel otak anak. 

Apa Saja Zat Gizi yang Baik untuk Otak Anak?

Ada beberapa zat gizi penting yang baik untuk otak anak. Agar perkembangan dan kecerdasan si Kecil maksimal, berikut gizi yang bisa Anda berikan:

  1. Omega-6

Asam lemak omega-6 memiliki peran penting untuk anak, karena zat ini dapat mendukung pertumbuhan dan perkembangan otak yang normal. 

Selain itu, omega-6 juga membantu merangsang pertumbuhan kulit dan rambut, kesehatan tulang, dan sistem reproduksi. Sumber omega yang bisa Anda berikan pada Anda misalnya dari kacang-kacangan seperti almon, mede, dan kedelai.

  1. Zat Besi

Zat besi menjadi hal penting dalam pembentukan sel darah merah. Zat besi memungkinkan sel darah merah membawa oksigen cukup untuk diedarkan ke seluruh tubuh. Zat besi penting untuk dicukupi, karena otak anak yang cerdas butuh asupan oksigen yang tinggi.

Dengan asupan oksigen yang memadai, anak juga lebih mampu fokus dan berkonsentrasi dengan lebih baik. Sumber zat besi bisa diperoleh dari daging merah, sayuran hijau, kacang-kacangan, biji-bijian, brokoli, tomat, dan stroberi.

  1. Kolin

Kolin adalah nutrisi yang banyak terdapat di daging sapi, produk susu, dan telur. Salah satu fungsi primer kolin adalah membantu produksi asetilkolin, suatu zat yang menyatukan ribuan sel saraf di otak.

Ketika sel-sel saraf dapat berkomunikasi dengan baik, tentunya proses belajar dan bermain anak akan baik hasilnya. Jangan sampai anak kekurangan kolin, karena ia berisiko mengalami ingatan yang lemah dan gangguan berpikir.

  1. Vitamin B12

Vitamin B12 memiliki peran dalam pertumbuhan otak anak. Vitamin B12 membantu perkembangan sel otak dan saraf, serta selubung mielin (selaput pembungkus saraf). 

Dengan adanya selubung mielin yang sempurna, si kecil jadi cepat dan tanggap dalam menerima pelajaran di sekolah. Vitamin B12 bisa Anda dapatkan pada makanan seperti daging, ikan, telur, dan produk susu.

  1. Omega 3

Dari semua vitamin di atas, omega-3 tergolong sebagai asam lemak esensial alias gizi yang sangat penting untuk otak anak. Sayangnya, omega-3 ini tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh. Oleh sebab itu, omega-3 harus diperoleh dari makanan, salah satunya dari minyak ikan alami

Terdapat tiga jenis omega-3, yaitu ALA (Alpha-linolenic Acid), EPA (Eicosapentaenoic Acid), serta DHA (Docosahexaenoic Acid).

Lemak ALA adalah gizi penting untuk membentuk saraf yang sehat, sedangkan EPA dan DHA adalah nutrisi penting untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan sel otak. 

Telah banyak diteliti juga, bahwa minyak ikan alami dapat meningkatkan fokus dan konsentrasi, serta meningkatkan ketajaman berpikir anak. Sumber omega-3 adalah ikan laut berlemak seperti ikan salmon, tuna, makerel, hering, serta ikan sarden. 

Untuk lebih praktisnya Anda bisa mendapatkan nutrisi lemak omega-3 ini dari Cerebrofort Marine Gummy. Ini adalah minyak ikan yang dikemas dalam permen lunak dan dilengkapi berbagai varian rasa buah Tutti fruIti.

Selain itu, permen lunak ini juga dilengkapi dengan vitamin A yang baik untuk kesehatan mata, kulit, pencernaan dan pernapasan anak. Anda bisa memberikan Cerebrofort Marine Gummy sebanyak lima kali dalam sehari.

Demikianlah berbagai zat gizi yang memiliki peran lebih besar untuk mendukung kecerdasan otak anak. Oleh sebab itu, pastikan anak Anda mendapatkan gizi untuk otak yang cerdas dan berkembang lewat nutrisi di atas, ya. Apabila mau mengajukan pertanyaan untuk gizi si Kecil, jangan ragu konsultasi langsung dengan dokter lewat fitur Live Chat di aplikasi KlikDokter. 

(OVI/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar