Sukses

Amankah Basmi Kutu Rambut dengan Minyak Kayu Putih?

Kalau sampai rambut kutuan, tentu sangat mengesalkan dan harus segera diatasi. Soal ini, amankah membasmi kutu rambut dengan minyak kayu putih?

Sangat menjijikkan ketika tahu bahwa rambut diserang kutu. Anda bisa mengalami gatal yang hebat kalau sampai terkena masalah ini. Satu-satunya jalan adalah segera membasminya. Soal ini, amankah menggunakan minyak kayu putih sebagai cara menghilangkan kutu rambut?

Kutu rambut merupakan serangga yang hidup di kepala. Gatal yang dialami karena kutu rambut tak jarang bisa membuat seseorang sampai frustrasi! Jadinya terus menggaruk tapi malah tidak hilang rasanya.

Menurut dr. Sara Elise Wijono, MRes dari KlikDokter, serangga ini bertahan hidup dengan mengisap darah manusia. Biasanya, kutu rambut tidak bisa bisa hidup lebih dari 48 jam di luar tubuh manusia.

Bicara soal kutu rambut, ini paling sering terjadi pada anak-anak. Walaupun bukan tidak mungkin juga bahwa orang dewasa terkena masalah tersebut.

Artikel Lainnya: Cara Aman Mengatasi Kutu Rambut pada Ibu Hamil

Cara penularan kutu rambut terjadi karena adanya kontak langsung dengan orang yang terlebih dulu jadi inang. Anda jangan bayangkan kutu rambut itu melompat dari satu kepala ke kepala lainnya, ya.

Kontak langsung yang dimaksud adalah bisa lewat pemakaian topi, sisir, handuk, atau tidur satu ranjang dengan orang yang terkena.

Olahraga yang memerlukan kontak fisik juga bisa membuat orang tertular. Tapi, kutu rambut tidak dapat ditularkan dari hewan peliharaan.

Siklus kutu rambut sendiri dimulai ketika kutu betina bertelur dengan menempelkannya pada ujung akar rambut. Kutu akan menghasilkan zat yang sangat kuat seperti semen untuk melakukan ini.

Dalam perkembangannya, telur kutu mengikuti suhu tertentu di kepala. Jadi, telur kutu yang paling dekat dengan kulit kepala adalah yang paling baru diletakkan di rambut. Kemungkinan ini adalah embrio yang hidup sehat.

Artikel Lainnya: Mengatasi Kutu Rambut pada Anak

1 dari 3 halaman

Bolehkah Menyingkirkan Kutu Rambut dengan Minyak Kayu Putih?

Sebenarnya banyak cara untuk mengatasi kutu rambut, mulai dari yang alami sampai yang pakai bahan kimia. Akan tetapi, ada satu cara menyingkirkan kutu di rambut yang dipercaya oleh banyak orang, yakni dengan minyak kayu putih.

Bagi sebagian orang, mungkin menghilangkan kutu rambut dengan minyak kayu putih masih belum populer. Pasalnya, seperti kita tahu, minyak jenis ini biasanya dipakai untuk menghangatkan badan.

Namun, beberapa sumber mengatakan bahwa minyak kayu putih ampuh untuk mengatasi kutu rambut. Caranya adalah mencampurkannya dengan jeruk nipis.

Berikut langkah-langkah membasmi kutu rambut dengan minyak kayu putih yang dicampur jeruk nipis.

  • Peras dua buah jeruk nipis, campur dengan enam sendok makan minyak kayu putih.
  • Oleskan ramuan tersebut merata ke seluruh rambut.
  • Lakukan pijatan lembut agar semakin meresap.
  • Diamkan selama dua jam.
  • Bilas rambut dengan air hangat dan keramaslah seperti biasa.

Meski tergolong sebagai cara yang baru, minyak kayu putih untuk mengatasi kutu rambut ternyata pernah diteliti. Penelitian ini dipublikasikan di Journal of Medical Entomology.

Penelitian ini mencoba melihat efektivitas kayu putih untuk menghilangkan kutu rambut. Selain itu, mereka juga coba melihat minyak cengkeh untuk mengatasi masalah ini.

Hasilnya, minyak kayu putih sebenarnya tidak terlalu efektif bila dibandingkan dengan d-fenothrin dan piretrum untuk mengatasi kutu rambut.

Hanya saja, minyak kayu putih tetap memiliki toksisitas (toxicity) yang baik untuk mengatasi kutu rambut. Dalam hal ini, minyak kayu putih bisa menjadi pilihan untuk mengatasi masalah di rambut yang menyebalkan ini.

Artikel Lainnya: 6 Tanda Kutu Rambut yang Tak Boleh Diabaikan

2 dari 3 halaman

Atasi Kutu Rambut dengan Cara Alami Lainnya

Bila Anda mau memutuskan mengusir kutu rambut dengan minyak kayu putih, silakan saja. Tapi, sebenarnya ada cara alami lainnya lho yang bisa dilakukan. Ini tips yang bisa membantu dalam mengatasi kutu rambut:

1. Obat-obatan Tradisional

Obat tradisional bisa diberikan kepada penderita kutu rambut. Salah satu obat tanaman tradisional yang masih digunakan di Eropa adalah air infus herbal.

Air infus ini terbuat dari campuran tanaman kacang panjang dan kacang kering, kemudian disemprotkan ke kepala.

2. Perhatikan Kebersihan Benda untuk Kepala

Anda juga perlu memerhatikan kondisi kebersihan benda yang mungkin bisa menularkan kutu rambut.

Dokter Sara menyarankan, cucilah sarung bantal, seprai, topi, dan benda lainnya yang terkena kontak dengan kepala penderita selama dua hari menggunakan air panas.

"Benda yang sulit dicuci, seperti karpet, dapat dibersihkan dengan mesin vacuum," kata dr. Sara.

3. Jaga Kebersihan Rambut

Supaya tidak disambangi kutu rambut, salah satu cara yang paling baik adalah menjaga kebersihan rambut dengan keramas. Hindari pula memakai barang pribadi secara bergantian, seperti handuk, sisir, dan bantal.

Namun, kalau sudah terlanjur terkena, Anda bisa menggunakan sisir kutu tradisional. Cara ini sudah lama dipakai dan biasanya cukup ampuh untuk mengusir kutu pada rambut.

Bagaimana, mudah bukan cara untuk menghilangkan kutu rambut? Jagalah selalu kebersihan diri agar kuman dan bakteri tak mudah menempel. Bila punya masalah seputar kesehatan kulit, bisa langsung tanyakan dengan dokter lewat fitur LiveChat di aplikasi KlikDokter!

(FR/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar