Saraf

Mengintip Manfaat Fractionated Coconut Oil bagi Tubuh

dr. Muhammad Iqbal Ramadhan, 25 Feb 2020

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Fractionated coconut oil atau minyak kelapa fraksionasi tergolong jenis minyak kelapa yang mungkin baru dikenal masyarakat luas. Apa manfaatnya bagi tubuh?

Mengintip Manfaat Fractionated Coconut Oil bagi Tubuh

Menggunakan minyak kelapa mungkin sudah menjadi hal yang biasa. Sekarang, ada lagi yang populer yaitu fractionated coconut oil. Minyak kelapa jenis apakah ini?

Apa itu Fractionated Coconut Oil?

Fractionated coconut oil atau minyak kelapa yang terfraksionasi adalah minyak yang terbuat dari minyak kelapa biasa yang merupakan sumber trigliserida rantai menengah atau medium-chain triglycerides (MCT).

Minyak kelapa jenis ini diproduksi melalui proses yang disebut fraksionasi. Fraksionasi digunakan untuk memisahkan berbagai jenis lemak yang secara alami ditemukan dalam beberapa minyak.

Namun, komposisi asam lemaknya sangat berbeda dengan minyak biasa. Sebagian besar asam laurat 12-karbon (C12) telah dihilangkan dari minyak kelapa fraksionasi.

Asam lemak rantai panjang yang ada dalam minyak kelapa biasa juga telah dihilangkan.

Saat dikonsumsi, beberapa kandungan yang dimiliki diangkut langsung ke hati dari saluran pencernaan. Tentunya, ini dapat digunakan sebagai sumber energi cepat.

Asam lemak ini juga dapat diubah menjadi badan keton, yang merupakan senyawa yang mungkin memiliki efek terapi pada mereka yang menderita epilepsi.

Fractionated coconut oil tidak memiliki rasa dan tidak berbau. Biasanya, harganya relatif lebih mahal dibanding minyak kelapa biasa.

Manfaat Penting Fractionated Coconut Oil bagi Tubuh

Diet dengan asupan MCT (komponen utama minyak kelapa fraksionasi) yang tinggi dapat membantu penurunan berat badan.

MCT dapat membantu Anda menurunkan berat badan. Ini karena beberapa hal berikut ini.

  • Mengurangi rasa lapar dan pasokan kalori.
  • Membantu membakar lebih banyak lemak dan kalori.
  • Lebih kecil kemungkinannya untuk disimpan sebagai lemak cadangan di bawah kulit.

Sebuah kesimpulan yang ditarik dari 13 penelitian menemukan, MCT mengurangi berat badan rata-rata 1,1 pon (0,5 kg) selama tiga minggu, dibandingkan dengan asam lemak lain.

MCT dalam minyak kelapa fraksionasi telah dikaitkan dengan beberapa manfaat kesehatan lainnya, termasuk beberapa hal ini.

  • Mengurangi Resistensi Insulin

Sebuah studi menemukan, mengonsumsi MCT dapat mengurangi resistensi insulin dan memperbaiki faktor risiko penyakit lain pada penderita diabetes dan kelebihan berat badan.

  • Pengobatan Epilepsi

Anak-anak pengidap epilepsi dapat mengambil manfaat dari diet ketogenik yang diperkaya dengan MCT.

Menambahkan MCT pada asupan harian dapat membuat mereka makan lebih banyak karbohidrat dan protein.

  • Fungsi Otak yang Lebih Baik

Sebuah penelitian melaporkan, pada beberapa orang dengan penyakit Alzheimer ringan hingga sedang, MCT dapat meningkatkan fungsi otak dan saraf.

Artikel Lainnya: Mana Lebih Baik untuk Kesehatan, Minyak Kelapa atau Minyak Zaitun

Perbandingan Manfaat dengan Minyak Kelapa Biasa

Asam laurat adalah komponen utama minyak kelapa biasa. Faktanya, minyak kelapa mengandung sekitar 50% asam laurat dan merupakan salah satu sumber makanan terkaya di dunia dari lemak jenuh ini.

Asam laurat telah dikaitkan dengan banyak manfaat kesehatan, yaitu membunuh bakteri berbahaya, virus, dan jamur, sekaligus melindungi tubuh dari berbagai infeksi.

Nah, sebagian besar minyak kelapa yang difraksionasi tidak mengandung asam laurat, atau hanya sedikit jumlahnya.

Dengan demikian, fractionated coconut oil tidak menawarkan berbagai efek kesehatan yang dimiliki minyak kelapa biasa.

Artikel Lainnya: Manfaat Minyak Kelapa untuk Kecantikan Anda

Bagaimana Penggunaannya?

Minyak kelapa yang difraksionasi telah dipasarkan dengan tiga nama berbeda.  Anda mungkin dapat menjumpainya dalam bentuk produk sebagai berikut:

  • Minyak kelapa fraksionasi: Terutama digunakan untuk berbagai keperluan rumah tangga dan perawatan pribadi, seperti pelembap, kondisioner rambut, dan minyak pijat.
  • Minyak MCT: Produk ini sering digunakan sebagai suplemen makanan. Dosisnya 1-3 sendok makan per hari yang menjadi rekomendasi umum.
  • Minyak kelapa cair: Minyak ini dipopulerkan sebagai minyak goreng untuk memasak.

Singkatnya, minyak kelapa terfraksionasi atau fractionated coconut oil dibuat dengan memisahkan berbagai jenis lemak dalam minyak kelapa biasa.

Yang tersisa adalah dua asam lemak rantai menengah (MCT) yang dipercaya dapat menurunkan berat badan dan punya beberapa manfaat kesehatan lainnya.

Meski minyak kelapa yang difraksionasi dapat memberi beberapa manfaat, namun jenis ini melewati lebih banyak proses dibanding minyak kelapa biasa.

Terlebih, asam laurat yang merupakan salah satu asam lemak paling bermanfaat, telah dihilangkan.

Jadi, gunakanlah fractionated coconut oil sesuai dengan kebutuhan gizi dan manfaat yang diharapkan. Konsultasikan pada dokter bila Anda ingin coba mengonsumsinya. Pakai fitur Live Chat di aplikasi KlikDokter untuk bertanya pada dokter lebih mudah!

(FR/AYU)

OtakMinyak KelapaEpilepsi

Konsultasi Dokter Terkait