Sukses

Ini Dia Kombinasi Buah yang Baik untuk Sarapan Pagi

Sarapan buah pagi hari bisa membantu Anda lebih semangat dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Ini beberapa jenis buah yang baik untuk sarapan pagi.

Buah adalah asupan yang mendekati sempurna. Ini karena buah memiliki ragam gizi yang dibutuhkan tubuh, dan sangat mudah dicerna. Bahkan, dengan sarapan buah setiap hari, Anda bisa lebih semangat dan sehat dalam menjalani hari.

Pada dasarnya, semua jenis buah baik untuk tubuh. Adanya perbedaan warna, bentuk, dan tekstur. Itu semua adalah faktor yang memengaruhi manfaat buah untuk kesehatan tubuh Anda.

Jika ingin merasakan manfaat buah untuk mendongkrak semangat pada pagi hari, Anda mesti memilih jenis buah yang tepat dan mengonsumsinya dalam porsi yang sesuai berupa menangkal peradangan, menghadang penyakit, sumber energi, menyehatkan kulit, dan sebagai detoks.

Buah yang Baik untuk Sarapan Pagi

Berikut ini adalah beberapa jenis kombinasi buah yang baik untuk sarapan pagi. Khususnya, bagi Anda yang ingin menjalani aktivitas dengan lebih semangat dan sehat.

  • Nanas, Ceri dan Blueberry

Nanas dikemas dengan penuh vitamin C dan mengandung enzim bromelain. Ini membuatnya mampu mengurangi radang usus, meningkatkan fungsi kekebalan tubuh, dan merangsang pencernaan protein. 

Untuk meningkatkan manfaatnya, Anda bisa mengonsumsi kombinasi nanas dengan ceri atau bluberi. Ini membuat Anda mendapat pasokan antioksidan yang tinggi, sehingga kuman berbahaya tidak mudah menyebabkan penyakit.

Artikel Lainnya: Mana Lebih Baik, Makan Buah Sebelum atau Setelah Makan?

  • Kiwi, Anggur dan Stroberi

Buah kiwi, anggur, dan stroberi dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Kiwi kaya akan vitamin C, yang membantu mendukung sistem kekebalan tubuh dan menangkal dampak buruk radikal bebas.

Sebagai kombinasi, Anda bisa mengonsumsi buah tersebut bersama dengan anggur atau stroberi. 

Kombinasi ini membuat Anda mendapat pasokan vitamin C yang lebih lengkap. Ini membuat sistem kekebalan tubuh akan lebih optimal lagi dalam melawan kuman penyebab penyakit. 

  • Pisang, Alpukat dan Apel

Pisang memberi Anda energi dengan cepat dan merupakan pilihan tepat untuk memasok energi di pagi hari. Sementara itu, alpukat menyediakan lemak sehat yang baik untuk kesehatan jantung Anda.

Bagaimana dengan apel? Buah yang satu ini tinggi kandungan serat, sehingga membuat Anda kenyang untuk jangka waktu yang lama. 

Artikel Lainnya: 7 Menu Sarapan Terbaik untuk Orang yang Sedang Diet

  • Pepaya, Blackberry dan Blewah

Inilah buah yang baik untuk sarapan pagi jika Anda ingin punya kulit yang cantik dan sehat. Sebab, pepaya penuh dengan antioksidan dan nutrisi yang membantu dalam produksi kolagen. 

Buah ini juga mengandung enzim papain, yang membantu melawan proses kerusakan kulit. 

Sementara itu, blackberry tergolong sebagai buah-buahan rendah gula yang dikemas dengan antioksidan, serta kaya vitamin A dan C. 

Supaya lebih lengkap, Anda bisa mengombinasikan konsumsi pepaya dan blackberry dengan blewah. 

Faktanya, blewah mengandung beta-karoten yang diubah menjadi vitamin A sehingga dapat membuat kulit bercahaya dan rambut yang kuat serta berkilau.

Artikel Lainnya: 10 Buah Terbaik untuk Kesehatan Tubuh Anda

  • Semangka, Lemon dan Goji Berry

Ingin sarapan sehat yang bisa membantu proses detoks? Konsumsilah buah semangka, lemon dan goji berry!

Semangka mengandung 92 persen air, dan memiliki agen detoksifikasi utama yang disebut glutathione

Buah ini juga merupakan sumber likopen, vitamin A dan C, yang bisa membantu mengoptimalkan proses detoksifikasi dan menangkal radikal bebas. 

Tak jauh berbeda, lemon juga memiliki manfaat yang kurang lebih sama. Lemon merupakan buah yang baik untuk detoks, karena dapat berfungsi sebagai antibakteri dan antivirus. 

Supaya manfaat lemon lebih baik lagi, Anda dapat mengolahnya menjadi teh lemon goji berry

Kombinasi tersebut membuatnya mampu memasok antioksidan, vitamin, zat besi dan kolin yang dibutuhkan tubuh untuk proses detoksifikasi.

Mengonsumsi kombinasi buah saat sarapan pagi dapat memberikan dorongan semangat dan membuat tubuh Anda tubuh lebih sehat lagi. Meski begitu, Anda tetap harus memerhatikan porsi buah yang dikonsumsi agar tidak berlebihan.

Ingat, sesuatu yang berlebihan sangat tidak baik bagi kesehatan. Karena itu, atur porsi buah sedemikian rupa agar Anda hanya merasakan manfaat yang signifikan untuk kesehatan.

Jika Anda ingin tahu kombinasi buah yang baik untuk sarapan pagi lainnya, jangan sungkan untuk menanyakan langsung pada dokter dari KlikDokter melalui fitur LiveChat dengan cara Klik di sini.

(NB/AYU)

2 Komentar