Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Kalsium di Gigi Ibu Hamil Dapat Menghilang, Mitos atau Fakta?

Kalsium di Gigi Ibu Hamil Dapat Menghilang, Mitos atau Fakta?

Ibu hamil diketahui sering mengalami masalah gigi karena perubahan hormon. Tapi, benarkah kalsium di gigi ibu hamil dapat menghilang?

Saat hamil, biasanya wanita akan mengalami beberapa perubahan yang bisa mengganggu. Salah satunya adalah masalah pada gigi. Nah, ada yang menganggap bahwa ibu hamil bisa kehilangan kalsium di giginya. Ini mitos atau fakta?

Saat hamil, ibu menyalurkan nutrisi yang dibutuhkan janin lewat aliran darahnya melalui plasenta, termasuk kalsium. Kalsium sendiri dibutuhkan untuk pertumbuhan tulang dan gigi janin.

Nah, saat asupan kalsium yang didapat sang ibu dari menu makan sehari-hari tak cukup untuk memenuhi kebutuhan janin, maka tubuh ibu akan mengambil “stok” kalsium dari tubuh ibu. Mungkin, inilah sumber anggapan bahwa kalsium di gigi ibu hamil bisa hilang.

Dari KlikDokter, drg. Wiena Manggala Putri mengatakan bahwa anggapan tersebut cuma mitos. Memang benar bayi menyerap kalsium, tapi dari tulang sang ibu, bukan dari gigi.

“Jadi, bayi mendapatkan kalsium dari tulang ibunya, bukan dari gigi. Memang selama kehamilan banyak risiko masalah pada gigi, tetapi itu karena hal lain,” drg. Wiena menjelaskan.

Oleh karena itu, agar kalsium dari tulang tidak “diambil” untuk kebutuhan janin, ibu hamil harus berupaya sebaik mungkin untuk mencukupi kebutuhan kalsium selama mengandung.

Artikel lainnya: Apakah Ibu Hamil Boleh Cabut Gigi?

1 dari 3 halaman

Masalah Gigi dan Gusi yang Bisa Dialami oleh Ibu Hamil

Seperti yang dikatakan oleh drg. Wiena, masalah pada gigi dan mulut oleh ibu hamil bukan disebabkan oleh “diambilnya” kalsium dari tulang ibu, tetapi karena hal lain. Kesehatan gigi dan gusi ibu hamil bisa terancam akibat kondisi ini:

1. Gingivitis

Gingivitis atau radang gusi disebabkan oleh peningkatan level hormon estrogen saat hamil. Kondisi ini membuat ibu hamil lebih mudah terkena gingivitis dan hiperplasia gingival (penebalan gusi akibat pembengkakan).

"Gingivitis biasanya menyerang sepanjang tepian gusi dan gusi di antara gigi-gigi. Perubahan hormon ini akan memperparah gingivitis yang sudah ada sebelumnya," kata drg. Callista Argentina juga dari KlikDokter.

2. Gigi Goyang

Biasanya, gigi goyang dialami oleh ibu hamil saat usia kehamilan akhir. Penyebabnya adalah adanya perubahan pada jaringan di sekeliling permukaan akar gigi atau penyebab lain yang tidak berhubungan dengan kehamilan.

“Gigi goyang pada ibu hamil tidak berhubungan dengan kekurangan suplai kalsium pada tubuh, dan biasanya akan membaik setelah melahirkan,” ujar drg. Callista.

3. Enamel Gigi Terkikis

Pada ibu hamil yang mengalami morning sickness (mual muntah) yang cukup sering hingga mengganggu aktivitas, atau seperti pada pasien bulimia, cairan asam lambung bisa mengikis sisi bagian dalam gigi, terutama pada gigi depan.

Artikel lainnya: Perawatan Gigi yang Diperlukan Ibu Hamil

4. Gigi Bolong

Sakit gigi saat hamil? Masalah ini berkaitan dengan poin nomor 1. Kalau ibu hamil sudah kena gingivitis, kegiatan menyikat gigi jadi tidak nyaman. Meski jarang terjadi, tetapi kondisi ini bisa memicu karies gigi, bahkan gigi berlubang.

Selain itu, saat kehamilan juga terjadi perubahan pada air ludah, seperti aliran air ludah, komposisi, keasaman, dan level hormon.

“Kandungan level hormon estrogen pada air ludah meningkatkan suplai makanan untuk bakteri, sehingga membuat ibu hamil rentan mengalami gigi berlubang,” kata drg. Callista lagi.

5. Gigi Sensitif

Bila tak ada masalah gigi sensitif sebelum hamil, nah, ketika hamil wanita bisa mengalaminya. Ini terjadi akibat perubahan hormon estrogen dan progesteron, yang dapat meningkatkan aliran darah ke seluruh bagian tubuh.

"Gusi jadi lebih lunak dan rentan terhadap peradangan dan pembengkakan akibat peningkatan aliran darah tersebut. Kondisi inilah yang dapat menyebabkan gigi jadi lebih sensitif dan gusi jadi lebih mudah terluka," drg. Wiena menambahkan.

Artikel lainnya: 9 Mitos vs Fakta Perawatan Gigi Ibu Hamil

2 dari 3 halaman

Pastikan Asupan Kalsium Selama Hamil

Rekomendasi asupan kalsium untuk ibu hamil dari National Academy of Sciences yang mesti dipenuhi setidaknya 1.000 mg kalsium setiap hari.

Makanan yang bisa dimasukkan ke dalam menu harian antara lain: ikan teri, produk susu rendah lemak, sayuran berwarna hijau gelap, kacang almon, tahu, dan susu kedelai.

Selain kalsium, cukupi juga kebutuhan vitamin D, yaitu lewat sayuran berwarna hijau dan paparan sinar matahari pagi.

Agar kehamilan tetap sehat, terapkan pola makan sehat bergizi seimbang, olahraga rutin, istirahat cukup, rutin kontrol ke dokter, serta hindari pantangan seperti merokok, minum minuman beralkohol, dan konsumsi kafein berlebihan.

Jadi, yang katanya kalsium gigi ibu hamil bisa menghilang akibat suplai kalsium ke janin, itu cuma mitos. Untuk cek mitos atau fakta informasi seputar kehamilan, misalnya dari grup aplikasi pesan, tanya langsung kebenarannya ke dokter lewat fitur LiveChat KlikDokter di aplikasi.

(RN/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar