Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Manfaat Bawang Putih Bisa Atasi Wasir, Mitos atau Fakta?

Manfaat Bawang Putih Bisa Atasi Wasir, Mitos atau Fakta?

Banyak orang mengatakan bahwa bawang putih bisa membantu mengatasi wasir. Benarkah informasi ini sebuah fakta atau hanya mitos belaka?

Wasir atau lebih dikenal sebagai ambeien adalah salah satu masalah kesehatan yang kerap terjadi. Menurut banyak orang, manfaat bawang putih ampuh untuk mengatasi wasir. Namun, sebenarnya itu sebuah mitos atau fakta?

Dalam istilah medis, wasir atau hemoroid adalah terjadinya pembengkakan dan peradangan akibat pelebaran pembuluh darah vena di daerah anus. Pembuluh darah yang melebar tersebut dapat teregang hebat, menipis, teriritasi, bahkan berdarah.

Meskipun bukan termasuk penyakit yang akut, rasa nyeri yang diakibatkan wasir sangatlah mengganggu. Ingin duduk, salah. Berdiri pun salah.

Sampai saat ini, penyebab wasir belum diketahui secara pasti. Namun, banyak yang percaya bahwa itu bisa terjadi karena pola makan rendah serat yang membuat tinja keras hingga konstipasi.

Saat tinja keras, hal tersebut membuat penderitanya harus mengejan saat buang air besar. Kebiasaan mengejan dapat meningkatkan tekanan pada daerah rektum, sehingga pembuluh darah di daerah tersebut akan melebar.

Namun, ada hal lain yang juga dipercaya sebagai penyebab ambeien. Masalah yang dimaksud adalah gangguan kelenturan otot di sekitar rektum dan anus.

Ada beberapa orang yang otot di rektum atau anusnya kurang lentur, akhirnya mengharuskannya untuk mengejan tiap kali buang air besar meski tinja tidak keras. Kondisi tersebut akhirnya berdampak pada pembuluh darah di area rektum, sehingga timbullah wasir.

Artikel Lainnya: Benarkah Bawang Putih Mentah Bisa Membunuh Bakteri Pneumonia?

1 dari 3 halaman

Bisakah Bawang Putih Menyembuhkan Wasir?

Kemudian, banyak macam obat ambeien atau cara yang dapat dilakukan untuk mengobati wasir atau. Mulai dari obat-obatan sampai ramuan alami.

Bagi banyak orang, bawang putih dianggap ampuh untuk mengatasi wasir. Misalnya saja dengan cara memasukan satu siung bawang putih ke dalam anus untuk mengatasi wasir interna.

Sedangkan untuk mengatasi wasir interna, katanya cukup dengan mengompres anus dengan kapas yang dibasahi air rebusan bawang putih. Namun, sebenarnya ini sebuah mitos atau fakta?

Menurut dr. Fiona Amelia, MPH dari KlikDokter, bawang putih mengandung sulfur yang dipercaya dapat menghambat proses peradangan, termasuk peradangan yang terjadi pada wasir.

"Akan tetapi belum ada riset ilmiah yang menyatakan bahwa bawang putih efektif untuk mengatasi wasir," ujar dr. Fiona.

Terlebih lagi, dr. Astrid Wulan Kusumoastuti pun mengkhawatiri tingkat steril si bawang putih jika dimasukkan ke dalam anus, apalagi kondisi wasir terdapat luka di bagian dalam dubur. Intinya, metode ini memang belum teruji secara klinis.

Artikel Lainnya: Efek Menempelkan Bawang Putih di Bagian Tubuh yang Sakit

2 dari 3 halaman

Cara Mengatasi Wasir yang Benar

Ya, belum ada penelitian dan bukti sahih soal bawang putih untuk mengatasi ambeien. Akan tetapi, dr. Fiona memberikan cara bagi Anda cara mudah untuk mengatasi wasir, yakni:

  • Jangan menahan BAB. Langsung menuju toilet bila merasa ingin BAB. Jangan menahannya. Kalau bisa, coba rutin untuk BAB setiap hari, misalnya saat sehabis makan pergilah ke toilet untuk beberapa menit.
  • Duduk dalam air hangat. Rendam bokong Anda setiap 3 – 4 kali sehari selama kurang lebih 20 menit. Ini berfungsi untuk mengurangi gatal dan iritasi.
  • Menjaga pola makan. Hindarilah makanan pedas. Makanan pedas akan semakin meningkatkan risiko pembengkakan di anus yang berlanjut menjadi wasir. Kemudian perbanyaklah makanan berserat.

Dengan banyak makan makanan berserat, seperti brokoli, kacang, gandum, dan buah-buahan, dapat menurunkan pendarahan, inflamasi dan pembengkakan lebih lanjut. Serat juga dapat mengurangi iritasi.

  • Konsumsi buah-buahan yang bersifat pencahar seperti pepaya, pir, dan alpukat.
  • Tujuan dari berolahraga adalah untuk menjaga berat badan. Karena obesitas termasuk menjadi faktor pencetus dari wasir. Namun demikian usahakan untuk menghindari olahraga yang berat.

Cobalah olahraga aerobik yang sederhana atau berjalan 20-30 menit per hari. Keduanya dapat menstimulasi fungsi usus.

  • Jangan terlalu lama duduk. Usahakan dalam dalam 1 jam selalu ada waktu untuk berdiri atau berjalan selama 10 menit. Ini karena duduk yang lama membuat darah menumpuk di pembuluh darah vena anus dan rektum sehingga menimbulkan benjolan wasir tersebut dan memperberat keluhan ambeien.

Jadi, Anda lebih memilih mengobati wasir dengan bawang putih yang belum ada riset ilmiahnya atau memilih pengobatan yang lebih tepat? Yuk segera konsultasi dengan dokter dari KlikDokter, unduh aplikasi KlikDokter lalu langsung chat, gratis!

[RPA/AYU]

1 Komentar

  • Mansah Mansah

    tolong dong, bu dr Fiona Amelia. MPH yang terhormat, di riset dan di teliti dong secara ilmiah tentang bawang putih, apakah baik atau tidak untuk mengatasi penyakit wasir, jangan cuma bilang belum ada riset ilmiah dong, ibu kan seorang dokter dan MPH, agar masyarakat awam mengerti, waduuuuuuh...