Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Alasan Mengapa Anda Dilarang Menggunting Tube Produk Skin Care

Alasan Mengapa Anda Dilarang Menggunting Tube Produk Skin Care

Enggak mau rugi, Anda rela menggunting kemasan tube produk skin care untuk mengambil produk yang tersisa. Tapi katanya, itu tidak diperbolehkan. Kenapa, ya?

Sisa-sisa produk skin care yang masih menempel di dalam kemasan memang bikin gemas! Apalagi kalau skin care yang dipakai harganya tak murah dan bikin mikir berulang kali untuk membelinya lagi.

Produk perawatan kulit yang kemasannya berbentuk tube pun kerap digunting supaya bisa diambil sisa-sisa krim atau cairan yang menempel. Intinya, sebisa mungkin ketika dibuang nanti, produk tidak bersisa lagi alias bersih!

Mempercepat Oksidasi dan Kontaminasi Bakteri

Sayangnya, dilansir dari laman Allure, hal tersebut sebenarnya tidak direkomendasikan. Menurut dokter dan pendiri Entiere Dermatology, New York, yang bernama Melissa Kanchanapoom Levin, hal itu berpotensi meningkatkan kecepatan oksidasi produk dan risiko terkena bakteri atau jamur.

Jika menggunting kemasan tube dilakukan di akhir-akhir masa penghabisan, mungkin risikonya tidak akan tinggi. Ini karena dengan sekali ambil, sisa produk yang menempel bisa langsung terpakai.

Kondisi yang disampaikan Levin berpotensi terjadi apabila Anda menggunting dan membelah kemasan tube produk skin care ketika isinya masih cukup banyak. 

Perlu diketahui, produk yang dikemas dalam tube rentan terhadap kontaminasi. Jadi bayangkan jika Anda “membedah” kemasan produk tersebut.

Lalu, produk itu terkena bakteri, dan Anda mengaplikasikannya ke mata atau bibir. Bisa saja muncul reaksi peradangan yang tak diinginkan. 

Beberapa reaksi yang dimaksud dapat berupa timbulnya jerawat, eksim, dermatitis kontak, hingga folikulitis.

Artikel lainnya 8 Mitos Seputar Skincare yang Tak Perlu Anda Percaya

1 dari 3 halaman

Bukan Salah Produk, tapi Kesalahan Pemakaian

Ketika reaksi infeksi itu terjadi, kebanyakan orang justru akan menyalahkan kandungan produk skin care. Padahal, ketika kemasan sudah dibuka dengan cara seperti itu, bukan lagi menjadi tanggung jawab produsen.

Produk kecantikan diformulasikan dengan bahan pengawet untuk mengendalikan kontaminasi bakteri. Pengemasan itu sendiri sangat penting untuk melindungi bahan-bahan tertentu—seperti antioksidan, peptida, dan retinol—agar tak mudah teroksidasi.

Tak tahan untuk tidak membuka kemasan tube produk skin care? Setidaknya, setelah dibelah, jangan dibiarkan saja. Pindahkan seluruh isi produk dengan mini spatula khusus skin care lalu masukkan ke dalam jar atau botol kaca bersih dan berpenutup.

Artikel lainnya Ladies, Ini Cara Penggunaan Skincare yang Benar

2 dari 3 halaman

Cara Menyimpan Produk Skin Care agar Kandungannya Terjaga

Setelah mengetahui hal di atas, mungkin sekarang Anda jadi mikir-mikir lagi saat ingin menggunting kemasan tube produk skin care. Namun, kurang lengkap juga rasanya jika Anda belum memahami cara menyimpan skin care yang tepat.

Agar kandungan dan efektivitas dari rangkaian produk skin care tetap terjaga, berikut cara menyimpannya.

  • Simpan di tempat yang tidak terpapar sinar matahari langsung. Sinar matahari akan merusak kandungan produk, tak terkecuali skin care yang mengandung vitamin C. 
  • Tidak semua skin care cocok disimpan di kulkas. Hanya produk yang terbuat dari bahan organik serta yang mengandung vitamin C dan A yang cocok disimpan di dalam kulkas. Menyimpannya di dalam kulkas akan memperpanjang masa pakai. 
  • Untuk segala make up dan skin care yang terbuat dari minyak (essential oil, oil cleanser, oil serum, dan minyak lainnya) lebih baik disimpan dalam suhu ruang dengan pencahayaan yang redup. 

Menyimpannya dalam kulkas hanya akan mengubah konsistensinya, sedangkan meletakkannya di tempat yang terpapar sinar akan membuatnya cepat teroksidasi. 

  • Selain pembersih wajah, sampo, body wash, body scrub, atau facial scrub, jangan simpan produk skin care Anda di kamar mandi. Itu karena suhu dalam ruangan ini cenderung berubah-ubah dan memicu tumbuhnya bakteri. 

Sebagai tambahan, dr. Nabila Viera Yovita dari KlikDokter mengatakan, jika saat membersihkan Anda membutuhkan bantuan shower puff, simpan benda itu di tempat yang kering (harus digantung). 

Bersihkan seminggu sekali dengan merendamnya di dalam cairan pemutih dengan konsentrasi 10% selama 5 menit. Selanjutnya, basuhlah puff sampai bersih. Satu hal lagi, ingat untuk menggantinya dua bulan sekali, ya!

Itulah alasan mengapa Anda tidak boleh menggunting kemasan tube produk skin care. Jangan sampai, penggunaan skin care yang harusnya bertujuan baik malah bikin masalah di kulit. Jika masih punya pertanyaan soal kesehatan kulit, silakan konsultasikan kepada dokter via LiveChat d aplikasi KlikDokter.

[HNS/AYU]

0 Komentar

Belum ada komentar