Sehat dan Bugar

4 Alasan Mengapa Kita Perlu Mandi yang Baik dan Benar

dr. Jessica Florencia, Sp.PK, 13 Feb 2020

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Dengan memahami dan menerapkan cara mandi yang baik dan benar, kulit akan sehat, lembap, dan bersih. Tubuh pun akan terlindungi dari berbagai serangan penyakit.

4 Alasan Mengapa Kita Perlu Mandi yang Baik dan Benar

Mandi adalah aktivitas harian sederhana, tapi sebetulnya punya banyak manfaat bagi kesehatan. Sayangnya, tak sedikit orang yang asal mandi. Padahal, berbagai manfaatnya baru bisa dirasakan jika mandi dilakukan dengan baik dan benar.

Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Mandi dan Anjuran yang Benar

Karena merupakan rutinitas, banyak orang yang menyepelekan mandi, sehingga praktiknya kurang tepat. Di antaranya yang mungkin tak sadar sering Anda lakukan adalah:

  • Suhu air terlalu panas. Air yang terlalu panas bisa menyebabkan iritasi kulit. Selain itu, lapisan minyak kulit bisa terkikis, sehingga kulit jadi kering.
  • Mandi terlalu sebentar atau terlalu lama. Mandi ‘kilat’ yang asal siram dan menyabuni tubuh seadanya bukan jaminan kulit yang bersih. Sebaliknya, mandi teralu lama berisiko membuat lapisan minyak kulit juga terkikis, sehingga kulit rentan kering. Sebagai informasi, durasi mandi yang direkomendasikan adalah 10 menit.
  • Durasi 10 menit perlu dilakukan dengan efektif, yaitu dengan membersihkan bagian tubuh yang merupakan lipatan dan tersembunyi (seperti belakang telinga, ketiak, siku dan lipat lengan, lutut dan lipat lutut, dan selangkangan) dengan sabun.
  • Perhatikan cara bilas, supaya tidak ada sisa sabun yang tertinggal di kulit, yang mana ini bisa menyebabkan iritasi.

Pentingnya Mandi yang Baik dan Benar

Selain poin-poin cara mandi yang bersih seperti yang disebutkan di atas, pemilihan sabun juga perlu diperhatikan. Jangan hanya cari sabun yang wangi atau busa berlimpah, prioritaskan yang ampuh membersihkan kotoran, kuman, dan debu yang menempel di kulit dan telah bercampur dengan lapisan minyak kulit.

Apalagi bila hidup di negara tropis yang lembap dan berdebu, membuat kotoran, debu, dan kuman lebih mudah menempel di kulit.

Sebagai rekomendasi, Anda bisa memiliki sabun—baik batang maupun cair—yang mengandung formula ActivSilver+ yang terbukti mampu melindungi pertahanan alami kulit dan melawan kuman penyebab penyakit.

Dengan mandi secara baik dan benar seperti yang sudah dianjurkan sebelumnya, manfaat sehat yang bisa didapat meliputi:

  1. Kesehatan Kulit

Kotoran, kuman, dan debu yang menempel dan bercampur dengan lapisan minyak di kulit dapat menyumbat pori-pori, sehingga bisa memunculkan iritasi, gatal-gatal, bisul, atau jerawat.

Mandi dengan air mengalir dan sabun, serta membersihkan tubuh secara saksama dapat membantu kulit tetap sehat.

  1. Terlindungi dari Infeksi

Infeksinya bukan hanya infeksi kulit, tetapi juga infeksi secara umum seperti batuk. Sebagai contoh, pada saat seseorang mengalami batuk pilek.

Saat batuk atau bersin, kalau tak ada tisu, biasanya mulut ditutup dengan tangan, lipat siku, lengan atas, atau tidak menutupinya dengan apa pun. Nah, percikan ludah (droplet) tak hanya bisa menempel di tangan atau lengan baju, tetapi juga di bagian kulit lainnya yang tak tertutupi pakaian.

Contoh lainnya adalah seseorang batuk atau bersin, lalu droplet-nya mengenai kulit orang-orang di sekitarnya.

Apabila tubuh tidak dibersihkan dengan baik, maka risiko droplet masuk ke mata, hidung, dan mulut meningkat, sehingga penularan bisa terjadi. Apalagi dengan merebaknya wabah virus corona COVID-19, mandi dengan bersih termasuk salah satu cara untuk menjaga kebersihan diri dan mencegah penularan akibat paparan droplet.

  1. Rasa Nyaman

Negara beriklim tropis seperti Indonesia menjadikan kulit penduduknya lebih mudah berkeringat. Keringat, debu, kotoran, kuman, dan lapisan minyak membuat kulit terasa lengket dan bikin tak nyaman.

Secara objektif, sebuah penelitian tentang mandi di Jepang menunjukkan, mandi dapat membantu seseorang secara mental lebih nyaman, tingkat stres lebih rendah, meredakan ketegangan, serta membuat kondisi emosional lebih stabil.

  1. Percaya Diri

Mandi setidaknya dua kali sehari dengan air mengalir dan sabun membuat aroma tubuh lebih segar. Ini tentu saja memengaruhi tingkat kepercayaan diri seseorang, khususnya saat berinteraksi.

Pastikan mandi yang dilakukan benar dan bersih, yaitu membersihkan setiap bagian tubuh tanpa ada yang terlewat, pakai sabun antibakteri untuk melindungi pertahanan alami kulit dan melawan kuman penyebab penyakit, pastikan suhu air tidak terlalu panas, dan jangan mandi berlama-lama. Optimalkan dengan pola hidup sehat agar perlindungan dari berbagai penyakit bisa maksimal.

(RN/ RH)

sabun mandimandicoronavirus

Konsultasi Dokter Terkait