Sukses

Manfaat Buah Goji Berry untuk Kesehatan

Buah Goji berry selain memberikan manfaat untuk kecantikan, juga dapat memberikan manfaat kesehatan lainnya. Berikut penjelasannya.

Anda pernah mendengar nama buah goji berry? Buah berwarna jingga tersebut saat ini sedang populer sebagai asupan unggul karena nutrisinya yang sangat kaya. Penasaran apa saja?

Mengenal Goji Berry dan Nutrisi yang Terkandung

Goji berry, yang dikenal sebagai Lycium barbarum, adalah tanaman yang berasal dari Tiongkok. Buah yang sekilas tampak seperti cabai rawit merah ini bahkan sudah digunakan sebagai obat dan suplemen makanan selama lebih dari 2.000 tahun silam.

Hal ini tak mengherankan, karena goji berry sudah terbukti mengandung banyak vitamin dan mineral penting, yaitu:

  • vitamin C
  • serat
  • zat besi
  • vitamin A
  • seng

Buah ini juga mengandung sejumlah antioksidan, beta-karoten, dan juga zeaxanthin. Tak ketinggalan, terdapat delapan asam amino esensial di dalam buah yang juga disebut Chinese wolfberries ini.

Penyajian 1 ons goji berry juga menyediakan hampir 10 persen kebutuhan harian protein Anda. Untuk buah, jumlah ini terhitung mengejutkan.

Karena kandungan serat yang lebih tinggi dalam goji berry, gula darah Anda akan naik lebih lambat. Ini juga menghindari rasa lapar datang terlalu cepat.

Artikel lainnya: Manfaat Menambahkan Buah dalam Sarapan Anda

1 dari 3 halaman

Manfaat Goji Berry

Dengan sederet kandungan di atas, tidak heran goji berry punya banyak manfaat sehat untuk tubuh. Berikut adalah beberapa di antaranya:

  • Menjaga Kesehatan Mata

Goji berry dipercaya melindungi dari penyakit mata yang berkaitan dengan usia. Buah ini dapat membantu penglihatan karena mengandung antioksidan tinggi, terutama zeaxanthin. Antioksidan ini juga dapat menghentikan kerusakan mata dari sinar UV, radikal bebas, dan stres oksidatif.

Studi dalam jurnal American Academy of Optometry Optometry and Vision Science menemukan, lansia yang minum jus goji berry selama 90 hari meningkatkan zeaxanthin dan kadar antioksidan lainnya secara signifikan.

Studi lainnya di jurnal Drug Design, Development and Therapy menunjukkan goji berry melindungi retina dari sel-sel ganglion. Sel ini bertanggung jawab untuk penyakit glaukoma, suatu kondisi yang dapat menyebabkan hilangnya penglihatan.

Artikel lainnya: Selain Wortel, Ini 9 Makanan yang Membuat Mata Sehat

  • Menghambat Proses Penuaan

Goji berry kaya akan antioksidan dan kandungan zeaxanthin yang dipercaya dapat menghambat proses penuaan. Antioksidan dan zeaxanthin berfungsi menangkal radikal bebas. Kerusakan sel kolagen yang berperan dalam menjaga elastisitas kulit pun dapat dicegah.

  • Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Goji berry mengandung antioksidan sehat. Antioksidan sendiri dikenal karena kemampuannya untuk melawan radikal bebas dan peradangan.

Kandungan vitamin A dan C di dalam buah ini sangat penting untuk membangun kekebalan tubuh dan mencegah penyakit, mulai dari flu biasa hingga kanker.

  • Membantu Menjaga Kadar Gula Darah

Buah goji berry terbukti dapat meningkatkan sensitivitas insulin dengan cara meningkatkan penyerapan gula darah ke dalam sel tubuh dan membantu memproduksi insulin. Efeknya, buah ini dapat menurunkan kadar gula darah.

  • Membantu Menurunkan Berat Badan

Buah goji berry mengandung polisakarida yang memiliki kandungan serat yang tinggi dan memiliki kadar indeks glikemik yang rendah. Dengan mengonsumsi ini, Anda dapat kenyang lebih lama dan membantu mengurangi nafsu makan.

Artikel lainnya: 6 Buah Ini Ampuh Bantu Turunkan Berat Badan

  • Menjaga Kesehatan Kulit

Goji berry mengandung beta-karoten, yang dikenal bermanfaat untuk memelihara kulit yang sehat. Senyawa ini banyak digunakan di dalam krim perawatan kulit untuk:

  • meningkatkan kesehatan kulit
  • mengurangi iritasi kulit
  • mengelola efek matahari
  • mengelola dampak penuaan

Satu studi menemukan bahwa tikus yang diberi minum jus goji berry 5 persen lebih terlindungi dari kerusakan sinar UV dan gangguan kulit.

  • Mengurangi Kecemasan, Depresi, dan Gangguan Tidur

Penelitian dari 2016 yang dilakukan pada tikus menunjukkan makan goji berry dapat menurunkan perilaku stres dan kecemasan.

Studi lain di Amerika, menggunakan manusia, juga menemukan minum jus goji berry dapat meningkatkan energi, suasana hati, dan kesehatan pencernaan.

Studi lain juga menunjukkan adanya peningkatan kualitas tidur pada mereka yang mengonsumsi jus goji berry.

  • Mencegah Kanker

Tingkat antioksidan yang tinggi, termasuk vitamin C, zeaxanthin, dan karoten, bermanfaat untuk memerangi sel kanker. Antioksidan tersebut bisa memperlambat pertumbuhan tumor, mengurangi peradangan, dan membantu menghilangkan zat berbahaya dari tubuh.

Penelitian pada tikus, yang dilaporkan dalam jurnal Drug Design, Development and Therapy, menemukan goji berry dapat menghambat pertumbuhan tumor dan meningkatkan efektivitas perawatan kanker.

Artikel lainnya: Blueberry, Buah Mungil Kaya Manfaat

2 dari 3 halaman

Meski Bermanfaat, tapi…

Banyak sekali manfaat yang bisa Anda dapatkan saat mengonsumsi buah goji berry. Tapi, ada beberapa kondisi yang tidak disarankan untuk mengonsumsi buah tersebut, antara lain:

  1. Pasien yang sedang menjalankan pengobatan obat anti-diabetes
  2. Pasien yang sedang mengonsumsi obat pengencer darah, contohnya warfarin
  3. Pasien yang sedang mengonsumsi obat tekanan darah

Apabila Anda memiliki salah satu kondisi di atas, sebaiknya konsultasikan dulu kepada dokter sebelum mengonsumsi buah goji berry. Selain itu, apabila setelah mengonsumsi buah goji berry, Anda mengalami alergi, seperti ruam, gatal, kemerahan, atau sesak napas, segera hubungi dokter.

Itulah beberapa manfaat goji berry bagi kesehatan. Meski tetap membutuhkan penelitian lebih lanjut, tak ada salahnya Anda mengonsumsi buah ini bersama asupan sehat lainnya. Cari tahu manfaat sehat buah-buahan lainnya di aplikasi KlikDokter.

[HNS/RPA]

0 Komentar

Belum ada komentar