Sukses

Katanya Asap Rokok Bisa Bikin Mimisan, Apa Benar?

Lagi ramai di twitter ada orang yang katanya mimisan karena asap rokok. Namun, apa benar hal itu dapat terjadi?

Sebuah postingan di twitter dari akun @margodiena_ menjadi ramai dibicarakan karena ia menyebut temannya mimisan karena terpapar asap rokok. Belum diketahui apa penyebabnya. Sampai Jumat (7/2) pagi WIB, tweet yang menampilkan darah karena mimisan sudah di-retweet 13,2 ribu kali dan mendapat 19,3 ribu likes.

Namun, apa benar asap rokok bisa bikin mimisan? Ketahui jawaban medisnya lewat uraian di bawah ini.

Viral Isu Asap Rokok Menjadi Penyebab Mimisan

Akun @margodiena_ menuliskan cuitan, bahwa temannya yang sedang kerja kelompok harus menjadi perokok pasif. Singkatnya, dia berada di sekeliling yang semua orang-orangnya merokok.

"Kasihan banget temanku, dia kerkel and all her friends start smoking terus enggak berani bilang ke temennya kalo tidak bisa tolerir asap rokok akhirnya ditahan tahan.  Aku mohon ya buat yang perokok harap liat sikon (tanyain temenmu yg engga tahan rokok/kalau ada anak kecil)," tulis @margodiena_ sambil mengunggah foto tangan temannya yang penuh darah.

https://twitter.com/margodiena_/status/1225363827153240066?s=21 (status twitternya

Cuitan ini mendapat perhatian dari banyak orang. Karena menurut postingan yang ia buat, temannya sampai mimisan karena harus tahan menghirup asap rokok di sekelilingnya.

Artikel Lainnya: Bahaya Asap Rokok untuk Ibu Hamil dan Janin

1 dari 3 halaman

Benarkah Bahaya Asap Rokok Bisa Bikin Mimisan?

Kalau berbicara mimisan, selama ini Anda pasti mengetahui mayoritas terjadi karena cuaca panas. Akan tetapi, penyebab mimisan sebenarnya banyak, bukan karena panas-panasan saja.

Menurut dr. Dejandra Rasnaya dari KlikDokter, penyebab mimisan atau bahasa medisnya disebut epistaksis, belum ditemukan secara jelas. Dari sekian banyak kasus orang mimisan, hanya 15% yang diketahui penyebabnya

Namun, ada beberapa penyebab mimisan yang bisa membantu Anda mendeteksi kalau mengalami hal tersebut, yakni sebagai berikut ini.

  • Trauma pada pembuluh darah (ada benda asing dalam hidung, mengorek hidung, kecelakaan dan terkena bagian wajah).
  • Peradangan hidung (infeksi, rhinitis alergi, polip hidung)
  • Menggunakan obat (obat anti pembekuan darah, obat anti radang, semprot hidung, kecanduan NAPZA hirup).
  • Mengalami tekanan darah tinggi
  • Punya kelainan struktur pembuluh darah.
  • Punya kelainan faktor pembekuan darah.
  • Sedang berada di suhu udara dan musim tertentu.

Nah, itu adalah berbagai penyebab mimisan yang selama ini diketahui. Lalu, bagaimana dengan asap rokok? 

Kenyataannya, asap rokok memang bisa membuat seseorang terkena masalah mimisan. Asap rokok dianggap sebagai iritasi kimiawi ketika dihirup lewat hidung.

Menurut dr. Rio Aditya dari KlikDokter, rokok kretek tembakau maupun rokok elektrik (vape), sama-sama bisa menjadi penyebab mimisan.

"Terkena asap rokok dalam waktu yang lama dapat menyebabkan dinding rongga hidung menjadi lebih tipis, akibatnya produksi lendir di dalam jadi berkurang. Ketika rongga hidung kering, ini bisa memicu perdarahan," ungkap dr. Rio Aditya.

Sebagai informasi, di dalam hidung manusia itu terdapat banyak sekali pembuluh darah. Ketika terjadi luka atau gangguan pada rongga hidung, ini akan menjadi sangat mudah berdarah.

Untuk melindungi pembuluh darah tersebut, tubuh kita melapisi dinding-dindingnya dengan suatu lapisan lendir (mukosa), sehingga kumpulan pembuluh darah tersebut terlindungi.

Nah, paparan asap rokok yang mengandung bahan atau zat kimia berbahaya bisa membuat lapisan lendir hidung menjadi kering. Tak heran kalau beberapa orang jadi mimisan.

Artikel Lainnya: Mana Lebih Bahaya, Asap Kendaraan atau Asap Rokok?

2 dari 3 halaman

Cara Mengatasi Mimisan

Seringkali mimisan bukan suatu masalah kesehatan yang perlu tindakan ke dokter. Dalam artian, Anda bisa mengatasinya sendiri dengan cara berikut ini.

  • Jangan panik, usahakan tetap tenang.
  • Sumbat hidung dengan kasa gulung yang dimasukkan ke dalam hidung yang keluar darah. Kalau tidak ada, bisa pakai tisu.
  • Apabila tidak ada kassa, pencet hidung dengan menggunakan jari.
  • Miringkan posisi kepala ke depan untuk mempermudah pembentukan bekuan darah, ini juga berguna agar darah tidak tertelan melalui lubang hidung bagian belakang. Darah yang tertelan bisa menyebabkan tubuh jadi mual.

Umumnya, sebagian besar mimisan tidak perlu penanganan dokter, ada beberapa kondisi yang membuat Anda segera memeriksakan diri ke ahlinya. Dapatkan bantuan medis segera jika mimisan akibat bahaya asap rokok tidak berhenti setelah 20 menit berlalu. 

Mimisan yang sering terjadi lebih dari sekali dalam seminggu mungkin merupakan tanda masalah yang harus diperiksakan ke dokter. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang gejala mimisan yang Anda alami, jangan ragu ajukan pertanyaan pada dokter lewat fitur LiveChat di aplikasi KlikDokter.

(OVI/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar