Sukses

Bisa Dicoba, Ini Manfaat Mandi Air Dingin di Pagi Hari

Mandi dengan air dingin memang sangat menyegarkan. Namun, lebih dari itu, manfaat air dingin saat mandi di pagi hari rupanya sangat banyak.

Anda termasuk orang yang ogah-ogahan mandi di pagi hari? Kalau iya, coba pikir-pikir lagi, deh! Itu karena mandi pagi—terutama menggunakan air dingin—punya banyak manfaat bagi tubuh. Selain bisa membuat Anda lebih “hidup”, manfaatnya bisa bikin Anda lebih bersemangat.

1 dari 3 halaman

Kenapa Harus Mandi di Pagi Hari?

Pagi hari yang sibuk—ditambah lagi Anda bangun terlambat—akan membuat aktivitas mandi terkadang dilewati. Padahal, mandi pagi adalah salah satu cara yang baik untuk memulai hari. Beberapa hal mendasari hal ini.

Pertama, mandi di pagi hari akan menjaga kadar kortisol (hormon stres di dalam tubuh) lebih rendah. Menurut ahli dermatologi, mandi pagi memungkinkan Anda untuk menenangkan diri dan “bermeditasi” sebelum memulai hari yang sibuk. Periode ini penting untuk menjaga kadar kortisol tetap rendah.

Selanjutnya, mandi pagi juga dapat meningkatkan kreativitas Anda. Ya, percaya atau tidak, beberapa penelitian menunjukkan mandi dan berendam dapat memicu kreativitas.

Jadi, saat Anda membutuhkan solusi suatu masalah, mandi pagi adalah salah satu cara yang direkomendasikan. Aktivitas ini akan membuat pikiran Anda lebih aktif sejak dini.

Terakhir, tentu saja, mandi pada pagi hari bermanfaat untuk kondisi kulit yang lebih baik. Bahkan, bisa merangsang sel-sel kulit dengan membersihkan dan memijatnya. Aktivitas ini membantu Anda yang punya kulit berminyak atau berjerawat.

Itulah beberapa manfaat sehat yang ditawarkan saat Anda rutin mandi pagi. Akan tetapi, preferensi air yang digunakan saat mandi pagi juga berbeda pada sebagian orang. Sebagian orang menyukai air hangat, tapi sebagian lagi lebih menyukai air dingin.

Artikel Lainnya: Amankah Mandi dengan Sabun Antiseptik Setiap Hari?

2 dari 3 halaman

Manfaat Mandi Air Dingin di Pagi Hari

Tak ada yang salah dengan perbedaan pilihan ini. Itu karena masing-masing punya keunggulan dan kekurangan. Akan tetapi, kalau Anda termasuk yang suka mandi air dingin (suhu ruangan) di pagi hari, berbahagialah! Mengapa, ya? Alasannya, mandi pagi dengan air dingin ternyata punya banyak manfaat, yaitu seperti berikut.

  • Meningkatkan Imunitas Tubuh

Mandi pagi dapat membantu meningkatkan sel darah putih (leukosit) yang berperan dalam melawan infeksi yang masuk ke dalam tubuh.

Pada akhirnya, secara tidak langsung aktivitas mandi rutin di pagi hari menggunakan air dingin dapat meningkatkan imunitas (daya tahan tubuh).

  • Meningkatkan Peredaran Darah

Rutinitas mandi pagi menggunakan air dingin dapat meningkatkan peredaran darah dengan lancar sehingga tubuh terasa lebih segar.

  • Merawat Kulit Tubuh

Kelembapan kulit akan semakin meningkat jika Anda rutin mandi pagi dengan air dingin. Selain itu, kandungan minyak alami di wajah dapat berkurang.

  • Meningkatkan Kadar Oksigen di Dalam Tubuh

Air dingin dapat memicu detak jantung sehingga tubuh mendapatkan asupan oksigen lebih banyak.

  • Membantu Meningkatkan Kesuburan

Mandi pagi dapat membantu meningkatkan produksi hormon estrogen pada wanita dan hormon testosteron pada pria. Itu artinya, kesuburan Anda juga akan meningkat.

  • Membantu Meredakan Gejala Depresi

Air yang dingin dapat membantu melepaskan endorfin, yaitu hormon yang dapat memberikan rasa senang, serta melawan hormon stres. Hal ini sekaligus dapat membantu mengurangi perasaan tidak nyaman bagi penderita gangguan depresi.

Artikel Lainnya: Jangan Mandi Saat Demam, Mitos atau Fakta?

  • Menurunkan Berat Badan

Apabila Anda sedang dalam program menurunkan berat badan, rutinitas mandi pagi dengan air dingin dapat membantu. Ya, mandi dengan air dingin mengaktifkan jaringan lemak cokelat di dalam tubuh yang kemudian dapat berubah menjadi energi panas.

  • Meredakan Nyeri Otot

Selama ini, hanya air hangat yang dikenal untuk efek relaksasi dan meredakan nyeri otot. Nyatanya, air dingin juga punya manfaat sama. Air dingin dapat membantu meredakan nyeri serta gangguan peradangan di otot.

  • Memperkuat Rambut

Air dingin dapat membuat pori-pori kulit kepala menjadi lebih kencang. Hal ini membuat rambut menjadi lebih kuat, tidak mudah rontok, serta lapisan kutikula rambut juga dapat bertambah. Kondisi ini akan membuat rambut terlihat bercahaya.

  • Membuat Wajah Terlihat Awet Muda dan Mencegah Jerawat

Mandi teratur dengan menggunakan air dingin akan membantu mengecilkan pori-pori di wajah. Dengan demikian, kotoran dan sebum tidak mudah menumpuk dan membuat wajah berjerawat.

Jadi, ingin punya wajah awet muda dan bebas jerawat? Mulailah  mandi pagi dengan air dingin!

  • Pengobatan Hidroterapi

Penggunaan air dingin juga sudah lama dilakukan dalam pengobatan medis, yaitu hidroterapi. Pengobatan ini menggunakan air dingin karena prinsip metodenya dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah yang lancar.

Oksigen dan nutrisi pun dapat lancar mengalir ke seluruh tubuh serta memberikan efek antinyeri.

Ternyata banyak manfaat mandi air dingin di pagi hari. Jadi, tunggu apa lagi? Jangan lewatkan aktivitas ini di pagi hari—sesibuk apa pun Anda! Cara ini tergolong mudah dan murah untuk pencegahan gangguan kesehatan sekaligus menjaga kebersihan tubuh secara umum. Dapatkan info menarik lainnya seputar kesehatan hanya di aplikasi KlikDokter.

[HNS/AYU]

1 Komentar