Sukses

Ini Cara Memutihkan Gigi Kuning secara Alami di Rumah

Anda punya gigi kuning dan tak percaya diri karenanya? Sebelum keburu mencoba produk pemutih gigi, Anda bisa mencoba bahan alami ini terlebih dahulu.

Gigi kuning tentu dapat menurunkan kepercayaan diri Anda, terutama saat berbicara atau bertemu dengan orang lain. Saat ini terjadi, Anda mungkin ingin buru-buru memutihkannya. Selain dengan prosedur dan produk yang beraneka ragam saat ini, Anda bisa memilih cara alami yang bisa dilakukan di rumah.

1 dari 3 halaman

Penyebab Gigi Kuning

Sebelum mengetahui apa saja bahan alami memutihkan gigi, Anda sebaiknya tahu kalau gigi kuning dapat disebabkan oleh banyak faktor. Salah satunya adalah makanan. Ya, makanan jenis tertentu ternyata bisa meninggalkan noda pada enamel atau lapisan terluar gigi.

Selain itu, adanya penumpukan plak pada gigi juga akan menyebabkan gigi terlihat lebih kuning. Jenis perubahan warna ini biasanya dapat diatasi dengan pemutihan gigi.

Akan tetapi, terkadang gigi yang terlihat kuning, timbul karena lapisan enamel yang terkikis sehingga memperlihatkan dentin di bawahnya. Dentin sendiri adalah jaringan yang berwarna kuning alami dan terletak di bawah lapisan enamel.

Artikel lainnya: 7 Cara Memutihkan Gigi Secara Alami

2 dari 3 halaman

Memutihkan Gigi secara Alami di Rumah

Sebagian besar produk yang digunakan untuk memutihkan gigi mengandung bahan kimia di dalamnya. Jika Anda ingin memutihkan gigi dan menghindari produk tersebut, banyak cara alami dan aman yang dapat dipilih. Beberapa di antaranya adalah:

  1. Baking Soda

Baking soda atau soda kue memiliki khasiat sebagai pemutih alami. Tak heran, bahan ini populer digunakan dalam pasta gigi. Baking soda merupakan bahan abrasif ringan yang dapat membantu menghilangkan noda pada permukaan gigi.

Selain itu, soda kue juga dapat menciptakan lingkungan alkali di dalam rongga mulut untuk mencegah pertumbuhan bakteri. Namun, hasilnya tidak akan terlihat hanya dengan satu kali penyikatan.

Cara menggunakannya pun sangat mudah. Campurkan satu sendok teh soda kue dengan air secukupnya, lalu aduk hingga menjadi pasta. Taruhlah pasta pada sikat gigi, lalu gosok secara perlahan.

Setelah beberapa saat, bilaslah dengan air bersih. Anda dapat menggunakannya beberapa kali dalam seminggu.

Artikel lainnya: Cara yang Boleh dan Tidak Boleh Dilakukan untuk Memutihkan Gigi

  1. Minyak Kelapa

Berkumur dengan minyak adalah salah satu cara yang dipercaya dapat memutihkan gigi dan meningkatkan kebersihan mulut.

Minyak kelapa juga kaya akan asam laurat yang dikenal dapat mengurangi peradangan dan membunuh bakteri penyebab gigi kuning. Selain itu, minyak ini juga dapat mempertahankan agar terbebas dari bau mulut dan penyakit gusi.

Anda dapat melakukannya dengan cara memasukkan 1 sendok makan minyak kelapa ke dalam mulut atau dilumatkan sampai halus terlebih dahulu.

Kemudian, berkumurlah dan gosok dengan menggunakan lidah selama 15- 20 menit lalu buang. Bilas dengan air bersih lalu gosok gigi seperti biasa.

  1. Cuka Sari Apel

Cuka sari apel telah digunakan selama berabad-abad sebagai produk pembersih alami dan disinfektan. Asam asetat yang merupakan bahan aktif utama dalam cuka sari apel berfungsi untuk membunuh bakteri.

Sifat antibakteri dari cuka tersebut membuatnya berguna untuk membersihkan mulut dan memutihkan gigi.

Caranya, campurkan ½ sendok teh cuka sari apel dengan segelas air dan aduk hingga rata. Selanjutnya, kumur selama beberapa menit. Pastikan untuk membilas mulut Anda dengan air sesudahnya.

Meski cuka sari apel memiliki sifat antibakteri yang dapat membantu memutihkan gigi, penggunaan cuka yang berlebihan juga dapat mengikis lapisan enamel gigi. Oleh karena itu, batasi penggunaannya beberapa kali dalam seminggu.

Itulah beberapa cara alami untuk mendapatkan gigi putih kembali. Namun begitu, tak semua gigi kuning dapat diatasi dengan cara di atas. Sebelum melakukan perawatan ini, ada baiknya Anda berkonsultasi dulu dengan dokter gigi. Masalah lain terkait kesehatan gigi juga bisa Anda tanyakan di fitur Live Chat.

[HNS/RPA]

1 Komentar