Kesehatan Umum

Cara Menghilangkan Rasa Malas Kembali Ngantor Usai Liburan Tahun Baru

dr. Valda Garcia, 08 Jan 2024

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Sudah puas liburan panjang tahun baru, waktunya kembali ke rutinitas harian. Ikuti tips ini untuk dongkrak semangat kembali bekerja usai liburan.

Cara Menghilangkan Rasa Malas Kembali Ngantor Usai Liburan Tahun Baru

Setelah liburan panjang untuk relaksasi, terkadang sulit untuk mengembalikan semangat saat harus kembali ngantor atau rutinitas harian lainnya. Ada beberapa cara untuk menghilangkan rasa malas tersebut.

Setelah sepanjang tahun bekerja keras, liburan akhir tahun tentu banyak dinantikan. Begitu banyak agenda yang sudah direncanakan untuk dinikmati bersama pasangan, keluarga, sahabat, atau bahkan untuk me-time.

Ketika liburan telah usai dan harus menghadapi rutinitas, rasa malas sering kali menghantui. Jangankan pergi kerja, bahkan untuk beranjak dari tempat tidur saja berat. Kondisi ini akrab disebut sebagai post-holiday syndrome.

Mengenal Post-Holiday Syndrome

Tidak hanya pasca liburan akhir tahun saja yang kadang membuat kamu merasa sulit untuk kembali memulai rutinitas. Kondisi ini bisa terjadi setelah pergi liburan kapan pun sepanjang tahun.

Hingga setelah kembali dari berliburan, bukannya malah semangat terisi ulang, justru yang dirasakan malah sebaliknya. Post-holiday syndrome atau post-holiday depression dapat dialami oleh setiap orang. Beberapa faktor yang dapat memicunya antara lain sebagai berikut ini.

  • Masa liburan yang tidak semenarik yang dibayangkan.

  • Liburan yang tidak sesuai ekspektasi.

  • Rasa bersalah yang muncul pasca liburan (seperti menghabiskan terlalu banyak uang atau terlalu banyak makan yang memicu peningkatan berat badan).

Gejala yang muncul bisa meliputi berikut ini.

  • Merasa depresi, sedih, dan enggan beraktivitas seperti biasa.

  • Kehilangan ketertarikan pada aktivitas yang menarik dan menyenangkan.

  • Makan lebih banyak atau lebih sedikit dari biasanya.

  • Peningkatan atau penurunan berat badan.

  • Memiliki kesulitan untuk tidur atau tidur lebih lama dari biasanya.

  • Mudah lelah.

  • Merasa tidak memiliki harapan.

  • Sulit untuk berkonsentrasi.

  • Sulit berpikir jernih atau mengambil keputusan.

Artikel Lainnya: Keseringan Mager alias Malas Gerak, Waspadai 4 Penyakit Ini

Cara Menghilangkan Rasa Malas Pasca Liburan

Untuk mengembalikan semangat ketika harus kembali bekerja, kamu bisa melakukan hal-hal di bawah ini:

1. Mengucap Syukur

Bila merasa berat untuk kembali beraktivitas setelah berlibur, cobalah untuk mengucap syukur atas berbagai hal yang kamu miliki, bahkan hal-hal kecil. Ini dapat membantu meningkatkan semangat.

2. Berolahraga Selama Liburan

Biasakan untuk tetap berolahraga ketika liburan agar tubuh tidak kaget saat harus menjalani rutinitas seperti biasa. Ingat, tubuh yang sehat dan bugar akan bisa dengan mudah mengembalikan semangat produktivitas kerja.

3. Pikirkan Hal-Hal yang Menyenangkan

Kalau bisa memilih, tentu inginnya tetap berlibur. Namun, agar bisa kembali termotivasi, pikirkan hal-hal yang menyenangkan. Misalnya kamu akan melakukan pekerjaan yang sesuai dengan passion, bertemu dengan teman-teman yang sudah lama tak bertemu, dan lain-lain. Tetap berpikir positif akan sangat membantu.

4. Pulang Beberapa Hari Sebelum Kembali Ngantor

Hindari pulang sehari sebelum kembali bekerja. Berikan diri kamu waktu untuk menyesuaikan diri dengan meningkatkan aktivitas secara perlahan sehingga tubuh dapat beradaptasi.

Pastikan juga kamu beristirahat cukup agar besok paginya punya cukup tenaga untuk kembali beraktivitas. Selain itu, kamu juga bisa menyiapkan pakaian atau perlengkapan lainnya untuk pergi ke kantor.

5. Pertahankan Pola Tidur yang Sehat

Pola tidur yang sehat memiliki dampak signifikan pada kesejahteraan fisik dan mental. Mengembalikan rutinitas tidur pasca liburan dapat membantu mengatasi rasa malas dan meningkatkan produktivitas.

Kamu bisa tetapkan jadwal tidur yang konsisten, termasuk pada akhir pekan. Hal ini membantu kamu mengatur ritme sirkadian tubuh dan meningkatkan kualitas tidur yang baik. Dengan menjaga pola tidur yang sehat ini kamu dapat membantu mengatasi rasa malas pasca liburan.

Artikel Lainnya: Mengenal Tahapan Tidur yang Dilalui Tubuh

6. Ubah Rutinitas

Merubah rutinitas setelah liburan dapat membantu kamu menghadirkan suasana baru dan mengatasi rasa malas. Kamu bisa alihkan fokus ke aktivitas pagi yang berbeda. Misalnya, jika biasanya berolahraga di sore hari, cobalah untuk melibatkan diri dalam aktivitas fisik pada pagi hari. Atau sesederhana mencoba mencuci kendaraan pribadi atau membersihkan kamar mandi.

Kamu juga bisa menyusun jadwal harian dengan aktivitas yang bervariasi. Hal ini dapat membantu menjadwalkan waktu dengan lebih efisien dan menghindari kebosanan. 

Nah, mengubah rutinitas keseharian kamu dapat membantu mengurangi rasa malas, dan meningkatkan motivasi untuk menghadapi hari dengan semangat yang baru.

7. Membawa Benda yang Mengingatkan akan Suasana Liburan

Jika kuliner saat kamu berlibur tak bisa dilupakan, kamu bisa mencoba untuk memasak makanan tersebut. Ini sehingga bisa merasa jenuh saat bekerja kamu dapat menikmatinya. Kamu bisa juga membawa pulang beberapa oleh-oleh makanan khas tempat liburan.

Selain itu, bila sempat belanja pakaian atau aksesori selama liburan, kamu dapat memakainya ke kantor.

8. Merencanakan Lokasi Liburan Berikutnya

Kembali bekerja adalah sebuah keharusan. Namun, ingatlah bahwa kamu selalu dapat merencanakan liburan selanjutnya. Untuk mengusir rasa malas, kamu bisa “menyicil” rencana liburan berikutnya, sehingga itu bisa memotivasi kamu untuk bekerja giat demi mewujudkan rencana tersebut.

Selain itu, bila kamu membuat daftar resolusi tahun baru, kamu bisa secara perlahan mewujudkannya.

Artikel Lainnya: Berapa Kali Baiknya Berolahraga dalam Seminggu?

Tak ada seorang pun yang tidak menyukai liburan. Namun, bila liburan tahun baru telah usai, beberapa cara di atas dapat membantu kamu menghilangkan rasa malas ketika harus kembali ngantor usai liburan tahun baru. Bila yang dirasakan adalah stres berat hingga depresi, sebaiknya kunjungi ahli kejiwaan agar bisa segera diatasi dan mengembalikan kualitas hidup kamu.

Bila ingin konsultasi kesehatanmu, konsultasikan kepada dokter di aplikasi KlikDokter.

#JagaSehatmu Selalu

Tahun BaruPost-Holiday Syndrome

Konsultasi Dokter Terkait