Sukses

Empat Cara Sehat Meski Begadang di Tahun Baru

Aktivitas begadang di malam tahun baru bisa membuat Anda sakit kepala dan lesu. Untuk mengatasinya Anda bisa melakukan cara sehat begadang ini!

Menghabiskan malam tahun baru dengan begadang sambil  ngobrol, bernyanyi, dan makan-makan sudah menjadi tradisi bagi beberapa orang. Sayangnya, aktivitas ini bakal membuat badan jadi lemas dan letih di pagi harinya. Tapi tenang, ada cara sehat begadang yang bisa Anda lakukan.

Sehat Meski Begadang

Dalam beberapa kondisi, seperti malam pergantian tahun, begadang mungkin memang diperlukan. Nah, agar tubuh tetap sehat meski begadang, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan:

  • Tidur Siang Terlebih Dahulu 

Dari KlikDokter, dr. Arina Heidyana menjelaskan bahwa begadang di malam tahun baru sebenarnya boleh saja dilakukan. Asalkan, Anda tetap menjaga kualitas tidur dengan tidur siang terlebih dahulu. Tidak perlu terlalu lama, cukup 1-2 jam untuk meningkatkan energi dalam tubuh di malam hari. 

Tidur siang juga berguna untuk mencegah kelelahan kronis yang bisa terjadi setelah Anda begadang semalaman di malam tahun baru.

Artikel Lainnya Sering Begadang Bisa Picu Stroke?

  • Tetap Miliki Tidur yang Cukup Setelahnya 

Setelah Anda begadang, Anda diminta untuk tidur seperti biasa, yakni minimal 8 jam sehari. Hindari melakukan aktivitas fisik yang berlebihan, seperti olahraga atau pergi jalan-jalan agar tubuh tidak kelelahan.

“Memaksakan diri untuk pergi jalan-jalan atau olahraga setelah begadang justru buat tubuh jadi semakin kehilangan energi dan tidak bisa menjalankan aktivitas seperti biasa. Karena itu, Anda diminta untuk istirahat full di rumah setelah begadang semalaman di malam tahun baru, ” ujar dr. Arina.

1 dari 2 halaman

● Hindari Minuman Manis dan Beralkohol

Minuman manis dan beralkohol mungkin menjadi jenis minuman yang banyak ditemui di meja-meja makan. Agar terhindar dari penyakit yang mungkin bisa ditimbulkan, sebaiknya kedua jenis minuman ini tidak Anda minum saat malam tahun baru. 

Badan yang kelelahan dan dimasuki oleh cairan alkohol atau minuman manis, justru akan membuat Anda semakin lelah. Ini bisa berdampak pada kesehatan tubuh, yang nantinya bisa menimbulkan sakit kepala, tubuh lemas, gangguan pencernaan, bahkan sesak napas. 

Artikel lainnya Sering Begadang Bisa Picu Bronkitis?

  • Jaga Pola Makan 

Begadang bisa mengganggu jadwal makan Anda. Hal tersebut dapat membuat Anda merasa semakin lapar saat begadang sehingga berdampak pada penambahan berat badan. Untuk menghindari hal ini, jangan lupa makan malam sebelum begadang.

Bila ingin ngemil, konsumsi camilan sehat seperti sayuran dan buah setiap 2-3 jam agar tetap fokus dan berenergi ketika begadang. 

Dampak Begadang di Malam Tahun Baru

Meski demikian, bukan berarti Anda bisa sesuka hati begadang dengan melakukan tips di atas. Pasalnya, menurut dr. Seruni Mentari Putri dari KlikDokter, sistem imunitas seseorang bisa turun apabila mereka sering begadang. Apalagi jika aktivitas terjaga semalaman ini disertai konsumsi alkohol, kopi, merokok, serta makanan tidak bernutrisi. 

“Ketika imunitas dalam tubuh menurun, virus penyebab penyakit pun akan lebih mudah untuk masuk ke dalam tubuh. Makanya, tidak sedikit orang yang sakit sehabis tahun baru,” dia menjelaskan.

Tidak hanya imunitas, sistem kerja otak pun juga pasti akan menurun saat Anda begadang terlalu sering. Hal ini tentu akan memengaruhi kemampuan kognitif dan kondisi emosi seseorang. Jika terjadi secara terus-menerus, hal ini akan memengaruhi kualitas kesehatan Anda.

“Penyakit-penyakit seperti gangguan pernapasan, masalah pencernaan dan gangguan pada sistem saraf pusat bisa Anda rasakan apabila Anda begadang tanpa mengikuti aturan-aturan yang ada,” jelasnya lagi.

Itulah beberapa cara sehat begadang di malam tahun baru. Meskipun ada cara-cara sehat ini, sebisa mungkin hindarilah begadang saat tidak diperlukan. Lebih baik prioritaskan waktu tidur Anda di malam hari untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan bugar keesokan harinya.

[HNS/RPA]

0 Komentar

Belum ada komentar