Sukses

5 Resolusi Kesehatan yang Perlu Anda Coba di Tahun 2020

Memasuki tahun baru, tentunya Anda perlu memiliki resolusi kesehatan yang baru dan lebih baik. Apa saja resolusi untuk menjadi semakin sehat di tahun 2020?

Memasuki tahun yang baru, tentunya Anda tetap ingin menjaga kesehatan tubuh, bukan? Sebagai permulaan, cobalah membuat target atau resolusi kesehatan yang hendak Anda capai. Dengan begini, Anda akan memiliki panduan kesehatan dan lebih termotivasi. Apa saja contoh resolusi kesehatan yang dapat Anda lakukan untuk diri yang lebih sehat di 2020?

  1. Makan dengan Lebih Sehat

“Anda adalah apa yang Anda makan” – ungkapan tersebut sudah terbukti. Apa yang Anda makan memang memengaruhi kesehatan Anda.

Untuk sumber karbohidrat, pilihlah karbohidrat kompleks yang tidak menyebabkan lonjakan gula darah dengan cepat dan membuat Anda kenyang lebih lama. Contohnya adalah oat, beras merah, dan roti gandum. Jangan lupa pilih sumber karbohidrat dengan serat yang lebih tinggi, seperti pasta gandum.

Artikel lainnya: Bisa Jadi Inspirasi, Ini 7 Resolusi Sehat Tahun 2020

Jangan lupa untuk mengurangi asupan makanan yang tidak baik bagi kesehatan seperti gorengan. Pilihlah sumber protein yang rendah lemak, dan tingkatkan konsumsi sayur juga buah.

Sebagai sumber protein, Anda dapat mengonsumsi ikan yang menjadi sumber protein yang baik dengan kandungan vitamin dan mineral. Usahakan untuk makan setidaknya dua porsi ikan dalam seminggu, termasuk setidaknya satu porsi ikan dengan minyak baik.

Ikan dengan kadar Omega-3 yang tinggi dapat membantu mencegah penyakit jantung. Beberapa contoh ikan yang baik untuk kesehatan yaitu salmon, haring, dan sarden.

  1. Olahraga Teratur

Olahraga sangat baik untuk mencegah penyakit jantung, membantu mencegah bertambahnya berat badan berlebih, dan membantu penurunan berat badan. Ketika Anda melakukan aktivitas fisik, kalori dalam tubuh akan terbakar. Semakin intens aktivitasnya, semakin banyak kalori yang Anda bakar.

Jika Anda belum rutin berolahraga, mulailah berolahraga lebih teratur dari sekarang! Anda dapat mulai dengan melakukan kegiatan seperti jogging, berenang, atau berlari 3-5 kali seminggu dengan total durasi 150 menit per minggu.

Artikel lainnyaKiat Agar Resolusi Kesehatan di Tahun Ini Tak Gagal

  1. Capai Berat Badan Ideal

Berat badan berlebih atau obesitas merupakan masalah global saat ini. Tidak hanya meningkatkan risiko sakit jantung, obesitas juga menjadi salah satu faktor munculnya diabetes. Dilansir dari Mayo Clinic, orang yang kegemukan lebih rentan terkena diabetes.

Jika berat badan Anda masih berlebih, turunkanlah secara bertahap. Menjaga pola makan dan olahraga teratur merupakan kunci sukses penurunan berat badan.

  1. Istirahat Cukup

Untuk menjaga stamina tubuh, Anda disarankan tidur dalam jumlah waktu yang cukup. Bagi orang dewasa, disarankan untuk tidur selama 6-8 jam per hari. Selain kuantitas tidur, kualitas tidur juga diperlukan. Perhatikan tanda kualitas tidur yang tidak baik seperti merasa terus mengantuk padahal waktu tidur sudah cukup, mengorok, dan terus terbangun di malam hari.

Untuk menjadi lebih sehat di tahun mendatang, ada baiknya Anda memerhatikan kualitas tidur Anda secara lebih serius.

  1. Perhatikan Kesehatan Mental

Kesehatan mental adalah bagian yang tidak terpisahkan dari kesehatan manusia secara menyeluruh. Untuk itu, pastikan Anda memerhatikan berbagai tanda dari gangguan kesehatan mental, salah satunya depresi.

Jika Anda sering merasa murung, sedih, dan tidak bersemangat dalam beraktivitas, bisa jadi Anda mengalami tanda awal depresi. Jangan ragu untuk mencari pertolongan medis terkait kesehatan mental Anda.

Memasuki tahun baru tentunya juga membawa semangat baru untuk menjaga kesehatan. Yuk, kita jaga kesehatan diri dengan mencapai berbagai resolusi di atas!

(FR/RPA)

0 Komentar

Belum ada komentar