Sukses

Yakin Tahun Baru Mau Begadang? Hati-hati!

Anda berminat begadang di malam tahun baru? Tampaknya, kali ini Anda mesti berpikir lebih dalam lagi. Kenali dulu dampak risiko kesehatan yang mungkin terjadi.

Tidak terasa malam tahun baru tinggal hitungan hari. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk merayakan tahun baru, salah satunya menikmati indahnya kembang api sambil begadang. Namun, tahukah Anda bahwa ada risiko yang mungkin terjadi bila begadang di tahun baru?

Hampir semua orang pasti pernah begadang hingga larut malam atau bahkan sampai keesokan harinya. Bisa karena pekerjaan, nonton piala dunia, bermain bersama teman atau menikmati pergantian malam tahun baru. Apapun alasannya, begadang bukanlah kebiasaan yang baik dan bisa meningkatkan risiko penyakit.

Dijelaskan oleh dr. Seruni Mentari Putri dari KlikDokter, sistem imunitas seseorang bisa turun apabila mereka sering begadang, khususnya ketika Anda lakukan pada malam tahun baru yang disertai dengan minuman alkohol dan makanan tidak bernutrisi.

“Orang yang jarang begadang dan memilih untuk begadang di malam tahun baru, akan lebih kecil risikonya untuk terkena penyakit. Bagi mereka yang sering begadang dan memilih untuk melakukannya padai malam tahun baru, risiko mereka terkena penyakit pun akan lebih tinggi,” ujar dr. Seruni saat diwawancarai KlikDokter.

Artikel Lainnya: Sering Begadang Bikin Otak Jadi Lemot, Mitos atau Fakta?

“Ketika imunitas dalam tubuh menurun, maka virus penyebab penyakit pun akan lebih mudah untuk masuk ke dalam tubuh. Tidak sedikit orang yang sakit sehabis tahun baru,” tambahnya.

Penyakit yang Mungkin Menyerang

Jika Anda pada dasarnya memang sering begadang, lalu tetap ‘bermalam’ lagi untuk sambut tahun 2020, tidak hanya imunitas saja yang menurun, tapi sistem kerja otak pun juga pasti akan menurun.

Hal ini tentunya akan memengaruhi kemampuan kognitif dan kondisi emosi seseorang. Jika terjadi secara terus-menerus, maka hal ini akan memengaruhi kesehatan tubuh Anda. Disebutkan oleh dr. Seruni, berikut adalah beberapa penyakit yang bisa menyerang Anda apabila sering begadang, khususnya saat malam tahun baru:

  1. Gangguan Pernapasan

Ketika Anda begadang, secara otomatis tubuh akan kekurangan tidur. Hal ini akan melemahkan sistem kekebalan tubuh yang buat badan Anda jadi lebih rentan terhadap masalah pernapasan seperti influenza dan virus lainnya.

Artikel Lainnya: Sering Begadang Bisa Picu Stroke?

Influenza adalah suatu reaksi peradangan saluran pernapasan yang disebabkan oleh infeksi virus. Gejalanya berupa sesak nafas dengan atau tanpa sumbatan di hidung, sering bersin, tenggorokan terasa gatal, suara serak, batuk dan mata berair.

  1. Sistem Pencernaan

Beberapa studi menemukan bahwa infeksi saluran cerna juga bisa menyerang tubuh ketika Anda sering begadang. Bukan hanya karena infeksi, tapi kurang tidur juga bisa meningkatkan hormon stres yang juga berkaitan dengan efek gangguan saluran cerna.

Hal ini juga akan semakin diperparah apabila Anda mengonsumsi makanan yang tidak bernutrisi dan bergizi seperti makanan kaleng, makanan cepat saji, minuman manis dan minuman beralkohol.

  1. Muncul Gangguan pada Saraf Pusat

Sistem saraf pusat Anda adalah pusat informasi dari tubuh Anda. Tidur diperlukan untuk membuat sistem saraf pusat tetap berfungsi dengan baik. Selama tidur, otak tetap sibuk dan membentuk jalur memori yang baru, sehingga Anda siap untuk menghadapi dunia di pagi hari.

“Saat Anda sedang tidur, tubuh Anda juga memproduksi protein yang membantu sel-sel memperbaiki kerusakan jaringan. Kurang tidur membuat otak kelelahan, sehingga tidak dapat melakukan tugasnya dengan baik.

Kurang tidur mengganggu kemampuan Anda untuk berkonsentrasi dan mempelajari hal-hal yang baru. Hal ini dapat berdampak negatif terhadap fungsi memori jangka pendek dan memori jangka panjang,” tutur dr. Seruni.

Itulah beberapa risiko yang mungkin akan Anda dapatkan ketika begadang di malam tahun baru. Namun perlu diingat, risiko di atas akan lebih tinggi terjadi pada orang yang memang sebelumnya sudah sering begadang. Tapi tidak menutup kemungkinan risiko di atas juga menimpa orang yang jarang begadang.

Apabila Anda ingin begadang di malam tahun baru, cobalah untuk tidur siang dengan jangka waktu cukup lama agar tubuh lebih siap beraktivitas di malam hari. Selain itu, atur juga pola makan di malam hari agar tubuh tetap mendapatkan nutrisi yang baik meski sedang begadang.

[RPA/AYU]

0 Komentar

Belum ada komentar