Sukses

Kiat Menjaga Kolesterol Tetap Aman di Hari Natal

Santan, lemak, dan mentega dalam hidangan Natal dapat meningkatkan kadar kolesterol Anda. Cari tahu bagaimana cara menjaga kolesterol tetap aman.

Hari Natal sudah di depan mata. Saatnya Anda berkumpul bersama keluarga dan orang-orang terdekat. Hari ini pun digunakan Anda sebagai waktu makan hidangan lezat. Misalnya, gulai, rendang, hingga camilan manis. Hati-hati, jangan berlebihan mengonsumsinya. Tetap menjaga kadar kolesterol Anda.

Pasalnya, jenis makanan yang disebutkan atas cenderung berlemak dan berkalori tinggi. Bisa-bisa kadar kolesterol Anda langsung meningkat ketika hari Natal usai. Pastinya, Anda tak mau tiba-tiba sakit ketika liburan berlangsung, kan. Coba lakukan beberapa cara berikut supaya kadar kolesterol tetap normal.

1 dari 7 halaman

Bahaya Kadar Kolesterol Tinggi

Kolesterol sebenarnya adalah komponen alami yang terdapat di dalam darah manusia. Tubuh memproduksi senyawa ini untuk mencerna makanan, memproduksi hormon, dan menghasilkan vitamin D. Akan tetapi, selain diproduksi dalam tubuh, tambahan kolesterol juga didapat dari makanan yang Anda konsumsi.

Saat terlalu banyak mengonsumsi makanan berkolesterol, lemak akan menumpuk di dinding arteri dan berkontribusi terhadap plak yang menyumbat arteri. Ketika plak menumpuk, jantung menjadi lebih sulit untuk mensirkulasi darah dan oksigen. Hal ini dapat menyebabkan nyeri dada atau sesak napas dengan peningkatan aktivitas (angina).

Artikel Lainnya: Ciri Kolesterol Tinggi yang Perlu Anda Waspadai

Lama-kelamaan, tumpukan plak itu membuat arteri menjadi menyempit. Setelah itu, dapat menghalangi aliran darah ke otak atau ke jantung. Kondisi ini menempatkan Anda pada risiko penyakit jantung, serangan jantung, dan stroke. Sementara itu, secara umum ada dua jenis kolesterol, yaitu:

  • High-density lipoprotein (HDL) dikenal juga dengan sebutan kolesterol “baik”. Kadar HDL yang tinggi dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung dan pembuluh darah.
  • low-density lipoproteins (LDL), atau kolesterol "jahat". Jenis kolesterol ini kerap dikaitkan dengan peningkatan risiko serangan jantung dan stroke.

Sayangnya, makanan yang dihidangkan saat Natal banyak yang mengandung kolesterol jahat. Sebut saja rendang, gulai, kue nastar, dan cake cokelat. Bila tak dikontrol dan kebablasan, kolesterol Anda bisa-bisa melesat tak terkendali.

Artikel Lainnya: Berapa Kadar Kolesterol Normal pada Wanita?

2 dari 7 halaman

Tips Jaga Kolesterol Tetap Aman

Untungnya, ada jalan tengah untuk mengatasi kegundahan Anda ini. Agar kolesterol tetap terkontrol saat Natal, ada empat  tips yang bisa dijadikan panduannya.

3 dari 7 halaman

1. Mulailah dengan Makanan Sehat

Aneka hidangan Natal biasanya baru disajikan pada saat makan siang. Oleh karena itu, memulai hari dengan sarapan sehat, seperti oatmeal, buah-buahan segar, dan kacang-kacangan, adalah hal yang baik.

Ini adalah beberapa bahan makanan penurun kolesterol. Jadi, saat menghadapi makanan tinggi kolesterol pada siang hari, Anda tidak terlalu merasa bersalah karena sudah memiliki “tabungan” pada pagi hari.

4 dari 7 halaman

2. Pilih Piring yang Lebih Kecil

Trik ini mungkin terlihat lucu. Namun, cara ini dianggap cukup ampuh dan berhasil. Daripada menggunakan piring lebar yang besar, pilih piring yang lebih kecil. Selanjutnya, isi dengan makanan dan makan perlahan.

Kunyah makanan dengan perlahan dan jangan memikirkan apa yang ingin dimakan selanjutnya sebelum menyelesaikan apa yang ada di atas piring. Saat Anda mengunyah dengan cepat, Anda akan mengisinya kembali lebih cepat. Akhirnya, Anda akan makan lebih banyak!

5 dari 7 halaman

3. Lakukan Jalan Santai Usai Makan Siang

Aktivitas fisik selalu dianjurkan bagi orang-orang yang dalam pengobatan kolesterol tinggi atau menjaga kadar kolesterol dalam darahnya. Untuk itu, usai menyantap hidangan Natal, jangan hanya duduk. Lakukanlah jalan santai keluar rumah, sambil melihat-lihat sekeliling, menikmati cuaca.

Ajak teman atau keluarga agar jalan santai Anda lebih menyenangkan. Saat mengajak satu atau beberapa orang, Anda akan semakin banyak mengobrol dan tertawa. Dua aktivitas ini diketahui bisa membakar kalori.

6 dari 7 halaman

4. Konsumsi Suplemen Makanan

Suplemen untuk menjaga kolesterol tetap normal dapat Anda konsumsi. Akan tetapi, disarankan Anda untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi suplemen tersebut.

Menjaga kolesterol tetap dalam batas aman di hari Natal sangat penting. Meski hidangan yang disajikan sangat enak, Anda wajib membatasi diri, ya. Semoga kiat di atas bisa menjadi panduan Anda tetap sehat di suasana Natal ini. Selamat Natal!

[HNS/AYU]

0 Komentar

Belum ada komentar