Sukses

Anda Wanita Karier? Ini 5 Cara Jaga Kesehatan Jantung

Anda wanita karier dengan segudang aktivitas, Jangan lupa untuk menjaga kesehatan jantung. Cari tahu cara jaga kesehatan jantung yang benar dan mudah di sini

Menjadi seorang wanita karier tentu bukan perjalanan yang mudah. Bahkan waktu Anda mungkin dihabiskan untuk bekerja, bekerja dan bekerja. Tidak sedikit wanita karier yang justru lupa menjaga kesehatannya. Dan, salah satu kesehatan yang mungkin ikut terlupakan adalah kesehatan jantung.

Padahal, jantung merupakan organ paling vital yang bertugas untuk menyuplai darah ke seluruh organ yang ada di dalam tubuh. Oleh karenanya, menjaga kesehatan jantung penting untuk dilakukan oleh siapa saja, termasuk wanita karier.

Jaga Kesehatan Jantung dari Sekarang!

Salah satu gangguan kesehatan yang paling ditakuti oleh banyak orang adalah penyakit jantung. Bukan hanya mematikan, tapi penyakit jantung bisa datang secara mendadak tanpa adanya gejala. Penyakit ini bisa disebut juga sebagai silent killer karena kemampuannya untuk ‘membunuh’ seseorang secara tak terduga.

Berusaha mencegah penyakit jantung atau penyakit kardiovaskular, termasuk penyakit pembuluh darah, berarti Anda telah membuat pilihan cerdas. Mengapa? Karena hal ini akan berpengaruh terhadap masa depan Anda.

Untuk itu, cermatilah beberapa tips menjaga kesehatan jantung di bawah ini agar wanita karier tetap memiliki jantung sehat meski memiliki aktivitas yang padat.

1. Stop Merokok Mulai dari Sekarang!

Baik perokok aktif maupun pasif, keduanya sama-sama memiliki risiko terkena penyakit kantung yang berbahaya untuk kesehatan. Dokter Theresia Rina Yunita dari KlikDokter menjelaskan paparan asap rokok tidak hanya meninggalkan racun di paru-paru, tapi juga pada jantung dan lainnya.

Jika hal ini terjadi, sesak napas bukan satu-satunya keluhan yang sering Anda lontarkan. Namun, keluhan lain seperti nyeri di bagian dada juga pasti akan sering dirasakan.

2. Jaga Berat Badan tetap Seimbang

“Orang yang memiliki berat badan berlebih alias obesitas bisa berisiko lebih tinggi terkena serangan jantung ketimbang mereka yang memiliki berat badan ideal. Ini disebabkan karena adanya penumpukan lemak di pembuluh darah yang berkaitan dengan penyakit jantung koroner,” ujar dr. Theresia Rina. 

Artikel Lainnya: 7 Fakta tentang Penyakit Jantung yang Wajib Diketahui

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, cobalah untuk menurunkan berat badan ke angka yang lebih ideal. Selain baik untuk kesehatan jantung, punya berat badan ideal juga bisa menurunkan penyakit metabolik termasuk diabetes.

1 dari 2 halaman

Selanjutnya

3. Konsumsi Lemak Baik

Tidak semua jenis lemak menjadi musuh bagi kesehatan. Faktanya, ada juga lemak baik yang tugasnya membantu menjaga kesehatan pembuluh darah, termasuk jantung Anda.

Perlu diketahui, lemak tak baik yang wajib dihindari bernama lemak trans. Jenis lemak ini biasanya ditemukan pada makanan yang digoreng atau makanan kemasan. Lemak trans telah terbukti meningkatkan risiko penyakit jantung koroner.

Sebaliknya, mengonsumsi lemak baik justru sangat disarankan supaya tubuh jadi lebih sehat dan jantung jadi kuat. Menurut dr. Resthie Rachmanta Putri dari KlikDokter, lemak sehat ini dapat menurunkan kolesterol jahat (LDL), menurunkan risiko pembekuan darah, dan menjaga kesehatan jantung Anda.

Artikel Lainnya: 4 Penyakit yang Berhubungan dengan Jantung

4. Hindari Duduk Terlalu Lama

Selain memiliki pola makan yang sehat, menghindari duduk terlalu lama juga bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan jantung. Dalam dunia medis, duduk dalam jangka waktu yang lama bisa meningkatkan risiko terbentuknya bekuan darah di pembuluh darah kaki, dan dapat menyebabkan penyakit jantung dan stroke jadi muncul.

Apabila pekerjaan yang dilakukan mengharuskan Anda untuk duduk dalam waktu yang lama, cobalah berdiri dan melakukan peregangan singkat selama 20 - 45 sekali.

5. Rutin Berolahraga

Bukan hanya membantu Anda mendapatkan bentuk badan ideal, tapi olahraga juga bisa bantu Anda menjaga kesehatan jantung. Berolahragalah selama 30 menit dalam sehari (minimal), dan lakukan sebanyak tiga kali dalam seminggu.

Segera terapkan lima cara di atas untuk menjaga kesehatan jantung. Dengan ini, kesehatan jantung dan pembuluh darah Anda akan terjaga dengan optimal sehingga kualitas hidup juga akan tetap maksimal.

[RPA/AYU]

0 Komentar

Belum ada komentar