Sukses

Tips Menjaga Daya Tahan Tubuh Anak Menjelang Liburan

Agar tubuh anak tetap fit saat liburan, lakukan beberapa cara di bawah untuk menjaga daya tahan tubuh anak menjelang liburan.

Klikdokter.com, Jakarta Tidak terasa liburan sekolah hampir tiba. Kini saatnya Anda mempersiapkan rencana liburan akhir tahun bersama sang anak. Nah, agar sesi liburan berjalan dengan baik, Anda perlu menjaga daya tahan tubuh si Kecil beberapa hari menjelang liburan, bukan?

Bayangkan kalau si Kecil sakit sebelum atau saat liburan. Bukankah itu justru akan membuyarkan rencana berlibur yang sudah Anda susun? Agar tak “kecolongan” seperti itu, di bawah ini ada beberapa tips untuk menjaga daya tahan tubuh anak menjelang liburan, yaitu:

  1. Mengontrol Aktivitas

Salah satu yang perlu Anda lakukan, menurut dr. Reza Fahlevi dari KlikDokter, adalah mengontrol aktivitas si Kecil menjelang dan saat liburan agar daya tahan tubuh tidak turun.

“Bermain selama liburan boleh dilakukan. Tapi orang tua tetap perlu membatasi jam bermain anak dan mengimbanginya dengan waktu istirahat. Dengan mengatur jam bermain dan istirahat yang seimbang, daya tahan tubuh anak akan tetap terjaga selama liburan,” kata dr. Reza.

Artikel lainnya: 5 Hal Yang Dapat Merusak Daya Tahan Tubuh

  1. Asupan Bernutrisi

Dijelaskan dr. Seruni Mentari Putri dari KlikDokter, memberikan makanan yang bernutrisi juga penting untuk menjaga daya tahan tubuh anak menjelang liburan. Salah satunya adalah selalu mengonsumsi makanan yang mengandung antioksidan dan vitamin tinggi. Kedua zat ini mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak.

“Makanan seperti yoghurt juga baik untuk diberikan karena yoghurt mengandung banyak probiotik yang bermanfaat dalam menjaga sistem pencernaan tubuh. Probiotik berperan penting dalam membantu tubuh melawan virus penyebab penyakit,” ujar dr. Seruni.

Buah dan sayuran juga sangat baik untuk kesehatan tubuh. Pilihlah yang kaya akan vitamin C untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh si Kecil, terutama dalam membantu menangkal demam dan pilek. Beberapa contoh buah dan sayur yang kaya vitamin C adalah citrus, stroberi, paprika, dan brokoli.

“Camilan sehat seperti kacang-kacangan juga bisa diberikan untuk membantu meningkatkan imunitas dalam tubuh. Kacang-kacangan mengandung asam lemak omega-3 yang  bisa menurunkan infeksi dalam tubuh, khususnya infeksi pernapasan,” tutur dr. Seruni lagi.

Lain lain yang juga penting dijaga adalah kebutuhan cairan mereka untuk menghindari dehidrasi. Apalagi jika Anda dan anak berlibur di daerah panas dan luar ruangan.

Artikel lainnya: 5 Cara Alami Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

  1. Istirahat Cukup

Selanjutnya, pastikan anak mendapatkan istirahat yang cukup agar mereka tidak kelelahan saat beraktivitas di waktu liburan. Dokter Seruni menyarankan agar anak tidur 8-10 jam setiap harinya, ditambah dengan waktu tidur siang selama 1-1,5 jam.

“Liburan bukan menjadi alasan anak tidak tidur siang dan tidak tidur tepat waktu di malam hari. Karena itu, penting untuk orang tua agar tetap bersikap tegas meski ini adalah waktu liburan anak,” kata dr. Seruni.

“Agar sesi tidur anak bisa berjalan dengan baik, pastikan Anda mengatur suhu kamar tetap sejuk dan pencahayaan yang redup. Semakin sejuk suhu ruangan, semakin cepat juga anak tertidur,” dia menambahkan.

  1. Suplemen atau Vitamin

Hal lain yang bisa dilakukan untuk menjaga daya tahan tubuh anak menjelang liburan adalah dengan memberikan si Kecil vitamin atau suplemen.

Vitamin atau suplemen bisa diberikan apabila anak mengalami gangguan makan, seperti picky eaters serta tidak mau makan sayur dan buah. Umumnya, anak yang secara rutin diberikan vitamin atau suplemen akan memiliki nafsu makan yang meningkat dan daya tahan tubuhnya jadi lebih tinggi ketimbang sebelumnya.

  1. Olahraga

Liburan bukan berarti juga libur berolahraga, lo! Ajaklah si Kecil untuk tetap bergerak selama liburan. Tak harus dengan olahraga yang konvensional, apalagi berat. Bersepeda atau naik bukit dapat menjadi pilihan yang mengasyikkan untuk si Kecil saat liburan. 

Sekarang Anda telah mengetahui cara-cara menjaga daya tahan tubuh anak menjelang liburan. Pastikan si Kecil melakukan rutinitas di atas setiap hari agar daya tahan tubuhnya tetap prima. Jadi, selamat mempersiapkan liburan!

[HNS/RPA]

0 Komentar

Belum ada komentar