Menu
KlikDokter
Icon Search
Icon LocationTambah Lokasi KamuIcon Arrow
HomeGaya hidupDiet dan Nutrisi5 Cara Alami Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
Diet dan Nutrisi

5 Cara Alami Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Bobby Agung Prasetyo, 07 Feb 2019

Ditinjau oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Kamu ingin meningkatkan daya tahan tubuh, tapi enggan mengunakan suplemen? Lakukan saja 5 cara ini.

5 Cara Alami Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Sistem kekebalan tubuh kamu berfungsi untuk melawan mikroorganisme penyebab penyakit. Tapi terkadang, kuman dengan “cerdik” bisa masuk dan menyerang daya tahan tubuhmu. Alhasil kamu pun langsung sakit dan terkapar.

Menurut dr. Alberta Jesslyn Gunardi dari KlikDokter, daya tahan tubuh kamu akan menjadi benteng pertahanan pertama jika ada kuman yang masuk ke tubuh. “Semakin tinggi daya tahan tubuhnya, maka kemungkinan untuk terinfeksi akan semakin kecil. Sebaliknya jika daya tahan tubuh seseorang sedang turun, maka akan mudah terserang penyakit,” katanya.

Untuk meningkatkan daya tahan tubuh, kamu bisa melakukannya dengan rutinitas hidup sehat. Dikutip dari Reader’s Digest dan berbagai sumber, berikut 5 cara alami yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan sistem kekebalan yang lebih kuat.

Tertawa

Tertawa lepas bermanfaat untuk membangun hubungan yang kuat dengan orang sekitar, khususnya keluarga hingga teman terdekat. Namun di balik itu, tertawa juga dapat meningkatkan sistem kekebalan serta suasana hati.

Menurut penelitian, tertawa meningkatkan kadar antibodi dalam darah dan sel-sel darah putih yang bertugas menyerang dan membunuh bakteri serta virus. Selain itu, tertawa akan meningkatkan jumlah antibodi dalam lendir hidung dan saluran pernapasan, yang merupakan titik masuk bagi banyak kuman.

Pilih lemak sehat

Lemak itu tidak selamanya jahat, lo! Faktanya, lemak turut memproduksi senyawa prostaglandin yang membantu mengatur respons sistem kekebalan tubuh terhadap infeksi.

Senyawa prostaglandin mampu mendorong sel-sel darah putih untuk memerangi kuman. Pilihlah lemak nabati tak jenuh (contohnya, minyak kanola dan minyak zaitun) ketimbang lemak jenuh dari makanan hewani.

Konsumsi ikan berminyak

Ikan berminyak (oily fish) seperti sarden, hering, dan salmon mengandung protein yang penting untuk membangun sel-sel yang berfungsi meningkatkan sistem kekebalan. Mereka juga menyimpan asam lemak bernama omega-3 yang dapat mengelola fungsi sistem kekebalan.

Saat kamu mengalami peradangan akut, omega-3 mampu berperan menurunkan produksi senyawa peradangan tersebut. Berdasarkan uji klinis, omega-3 juga mampu mengaktifkan bagian tertentu dari sistem kekebalan tubuh yang dapat mematikan aktivitas kuman.

Makan buah sitrus

Buah-buahan yang tergolong sitrus adalah jeruk, lemon, limau, dan jeruk bali merah. Vitamin C yang terkandung di dalam buah sitrus mampu meningkatkan aktivitas fagosit (sel-sel yang dapat menelan dan mencerna bakteri) di darah.

Selain dari buah sitrus, kamu juga bisa mendapatkan vitamin C dari makanan seperti brokoli, pepaya, stroberi, kiwi, dan mangga. Umumnya, rekomendasi asupan harian vitamin C adalah sekitar 75 mg untuk wanita dan 90 mg untuk pria.

Jauhi gula

Tahukah kamu, 10 sendok teh gula bisa merusak kemampuan sel darah putih untuk menonaktifkan atau membunuh bakteri? Padahal menurut American Heart Association, batasan gula yang boleh dikonsumsi setiap harinya adalah maksimal 24 miligram sehari (setara dengan 6 sendok teh), dan bagi laki-laki maksimal 36 gram sehari (setara dengan 9 sendok teh).

Lebih baik, pilihlah pemanis alami seperti stevia yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hindari gula pasir, susu kental, dan makanan mengandung pemanis buatan.

Sudah jelas, kan, apa saja tips yang dapat menambah daya tahan tubuh kamu secara alami? Jangan lupa juga untuk istirahat yang cukup. Kamu perlu menjaga durasi tidur yang baik, yakni 7 hingga 9 jam per malam. Selain itu, lakukanlah olahraga selama 5-6 kali dalam seminggu untuk meningkatkan sistem kekebalanmu.

Kamu juga bisa konsultasi seputar cara meningkatkan daya tahan tubuh atau kondisi medis lainnya lewat fitur tanya dokter online di KlikDokter. Yuk, mulai sekarang #JagaSehatmu dengan download aplikasi KlikDokter untuk mengikuti informasi seputar kesehatan terkini.

[RS/ RVS]

Gaya Hidup SehatTertawavirusbakterivitaminguladaya tahan tubuhantibodibuah sitrusLemak Sehat

Konsultasi Dokter Terkait

Tanya Dokter