Sukses

8 Cara Meningkatkan Sirkulasi Darah Tubuh

Anda harus tahu kalau kelancaran sirkulasi darah ternyata bisa memengaruhi kesehatan tubuh. Tentunya, Anda tak ingin hal tersebut terjadi, kan?

Klikdokter.com, Jakarta Siapa yang sangka bahwa sirkulasi darah yang buruk dapat memengaruhi kesehatan Anda. Bahkan, bila dibiarkan tersumbat, bisa menimbulkan gangguan kesehatan yang serius. Tak jarang berakhir pada kematian. Supaya peredaran darah lancar dan meningkat, Anda bisa melakukan beberapa hal ini.

Dilansir dari WebMd, tubuh Anda memiliki 96.560 kilometer pembuluh darah. Kemudian, pembuluh darah ini bekerjasama dengan jantung dan sejumlah otot membentuk sistem peredaran darah atau sirkulasi darah. Sistem ini mengangkut darah beserta oksigen dan sejumlah nutrisi ke seluruh tubuh.

Sirkulasi darah yang lancar sangat penting bagi kesehatan tubuh. Jika sirkulasi darah terhambat, Anda akan rentan mengalami kram otot, kesemutan, proses penyembuhan luka yang lebih lama, dan gangguan jantung. 

Mengapa Buruknya Sirkulasi Darah Bisa Mengganggu Kesehatan?

Sistem sirkulasi ini membawa darah ke setiap sudut tubuh Anda. Ketika ada sumbatan, berarti aliran darah akan terhenti. Inilah yang kemudian membuat sel-sel tubuh tidak bisa mendapatkan oksigen dan nutrisi yang dibutuhkan.

Adakah tanda yang terlihat ketika peredaran darah tersumbat? Anda bisa mengeceknya di bagian kaki dan tangan. Umumnya, tidak lancarnya aliran darah akan membuat keduanya terasa dingin ataupun mati rasa. Kalau kulit Anda lebih terang, muncul warna kebiru-biruan di tangan dan kaki. 

Sirkulasi darah yang tidak lancar juga membuat kulit kering, kuku rapuh, dan rambut rontok. Sedangkan bila Anda pengidap diabetes, kondisi ini akan terlihat dari proses penyembuhan luka yang lebih lama.

1 dari 2 halaman

Cara Meningkatkan Sirkulasi Darah dalam Tubuh

Tentunya, Anda masih dapat melakukan sejumlah hal untuk meningkatkan sirkulasi darah ataupun memperlancarnya. Ini dia beberapa hal yang bisa Anda lakukan.

  1. Makan Dark Chocolate

Menurut dr. Sepriani Timurtini Limbong dari KlikDokter, dark chocolate mengandung antioksidan yang membantu mengelola tekanan darah dan kadar kolesterol. Selain itu,  makanan ini juga bisa dapat meningkatkan aliran darah.

“Antioksidan pada dark chocolate dihasilkan dari senyawa flavonoid. Dalam kadar yang sesuai, zat ini dapat membantu melindungi tubuh dari berbagai penyakit,” kata dr. Sepriani.

  1. Berhenti Merokok

Anda masih merokok atau sering berada di tempat orang yang merokok? Sebenarnya, Kebiasaan ini berpotensi membuat sirkulasi darah tersumbat atau tidak lancar. Hal ini karena adanya bahan nikotin yang terkandung di dalamnya. 

Nikotin adalah bahan aktif dalam rokok. Kandungan zat itu merusak dinding arteri Anda dan mengentalkan darah. Hal inilah yang kemudian membuat aliran darah bisa tersendat. Bila ingin meningkatkan aliran darah yang lancar, menjauhlah dari rokok.

  1. Kontrol Tekanan Darah Anda

Tekanan darah terlalu tinggi dapat menyebabkan aterosklerosis. Ini merupakan suatu kondisi mengerasnya pembuluh darah Anda. Bila dibiarkan aliran darah dapat terhenti. Untuk itu, Anda harus rutin mengecek tekanan darah supaya tidak terlalu tinggi ataupun rendah.

Perlu Anda tahu, tekanan darah yang normal adalah 120/80. Anda bisa membeli alat pengecek tekanan darah untuk membantu Anda mengontrol tekanan darah. Bila angka tekanan darah tidak normal, jangan ragu untuk konsultasi ke dokter.

Artikel Lainnya: Konsumsi Makanan Ini untuk Kesehatan Sirkulasi Darah

  1. Minum Air Putih yang Cukup

Tahukah Anda kandungan darah dalam tubuh setengahnya diisi oleh air. Bila Anda banyak beraktivitas, kandungan air tersebut umumnya akan berkurang. Oleh sebab itu, Anda sering diminta banyak minum air putih supaya kandungan air dalam darah dan tubuh tidak hilang. 

Anda harus tetap terhidrasi agar sirkulasi darah tetap lancar. Usahakan untuk delapan gelas air sehari. Anda harus minum lebih banyak jika berolahraga, banyak aktivitas,  atau cuaca sedang panas di luar.

  1. Hindari Terlalu Banyak Duduk

Terlalu banyak duduk umumnya selalu dialami orang yang bekerja kantoran. Biasanya, hal ini akan membuat sirkulasi darah tidak bagus di bagian punggung. Bahkan, otot-otot kaki jadi lebih lemah. Dalam beberapa kasus, muncul gumpalan.

Ada baiknya, Anda untuk berdiri ketika sudah berjam-jam duduk. Ini bisa dilakukan selama beberapa menit sekali. Kebiasaan berdiri ini  membuat katup di pembuluh darah kaki Anda lancar mengirimkan darah ke jantung Anda.

  1. Olahraga Jenis Aerobik

Olahraga aerobik termasuk berlari, bersepeda, berjalan, dan berenang. Saat Anda melakukan olahraga jenis itu, artinya mengambil lebih banyak oksigen dan memindahkannya ke otot Anda. Ini membuat darah Anda memompa jantung lebih kuat, dan menurunkan tekanan darah

Tetapkan tujuan untuk berolahraga selama 30 menit, 5 sampai 7 hari dalam seminggu. Jika Anda tak sanggup langsung 30 menit, bisa dipecah. Misalnya 15 menit pada pagi hari dan 15 menit pada sore hari.

  1. Latihan Squat

Bentuk latihan squat tidak hanya membuat Anda memompa darah, tetapi juga membantu menurunkan gula darah dan membantu mengatasi sakit punggung. Mulailah dengan melebarkan kaki mengikuti bahu dan lengan di samping tubuh. 

Sekarang, pelan-pelan tekuk pinggul dan lutut Anda. Jaga agar punggung tetap lurus, seperti Anda sedang duduk di kursi. Saat Anda kembali ke posisi awal, tekuk lengan Anda untuk keseimbangan. Cobalah tahan posisi itu dalam beberapa waktu.

  1. Perbanyak Sayuran Kurangi Daging

Tidak ada kalau melakukan diet seimbang. Perbanyak makan buah dan sayuran. Jauhi lemak jenuh yang dapat ditemukan dalam daging merah, ayam, keju, dan sumber hewani lainnya. 

Selain itu, hindari garam terlalu banyak. Itu akan membantu menjaga berat badan Anda dalam kisaran yang sehat, kolesterol terjaga, tekanan darah baik, dan arteri Anda bersih.

Itu adalah deretan cara yang bisa membantu Anda memperlancar sirkulasi darah. Pastikan Anda bisa menjaga sirkulasi darah tetap baik supaya tidak terserang masalah kesehatan serius.

(AYU/RPA)

0 Komentar

Belum ada komentar