Sukses

7 Pengobatan Tradisional Tiongkok yang Layak Dicoba

Pengobatan tradisional Tiongkok sering menjadi alternatif Anda untuk menyembuhkan atau meredakan gejala penyakit. Mana metode yang aman, ya? Cek di sini!

Klikdokter.com, Jakarta Banyak orang yang menyarankan Anda untuk mencoba pengobatan tradisional Tiongkok bila merasa tidak nyaman untuk mengonsumsi obat. Namun, tentunya Anda masih ragu dengan tingkat keamanan dan kesuksesannya. Sebenarnya, sejumlah pengobatan Tiongkok memang layak dicoba. Apa saja metodenya, ya?

Kenali dulu pengobatan tradisional Tiongkok

Menurut situs WebMD, pengobatan tradisional Tiongkok sebenarnya adalah sebuah sistem kesehatan dan kesejahteraan kuno yang sudah diterapkan di Tiongkok selama ribuan tahun. Jika pengobatan cara barat adalah fokus terhadap penyembuhan penyakit, pengobatan alternatif ini melihat seluruh kondisi pasien.

Dalam kepercayaan Tiongkok Kuno, manusia adalah makhluk mikrokosmos dari alam semesta. Oleh sebab itu, memiliki hubungan erat dengan alam dan tunduk pada kekuatannya. Keseimbangan antara kesehatan dan penyakit itu sendiri menjadi kunci pengobatan traidisional Tiongkok ini.

Pengobatan yang melihat kondisi Qi

Menurut ahli akupuntur dari Element Healing Arts, Amerika Serikat, Christina Morris, masalah kesehatan sebenarnya muncul karena tidak adanya keseimbangan energi vital tubuh atau yang disebut qi.

“Qi sebenarnya mengalir melalui jalur yang disebut meridian. Jalur ini berhubungan dengan sejumlah organ tubuh penting. Ketidakseimbangan energi dapat membuat aliran qi terhambat. Itu sebabnya muncul penyakit. Nah, pengobatan tradisional Tiongkok ini memanipulasi energi agar keseimbangan pulih dan menciptakan kesehatan dan kesejahteraan,” jelas Christina Morris.

1 dari 4 halaman

Selanjutnya

Dalam kepercayaan masyarakat Tiongkok, segala sesuatu memiliki dua sisi yang berbeda atau oposisinya. Bentrokan dan ketidakseimbangan terhadap dua sisi inilah yang menyebabkan gangguan kesehatan. Konsep dua sisi berlawanan ini disebut dengan yin dan yang.

Yin dideskripsikan sebagai malam, gelap, wanita, dingin dan negatif. Sedangkan yang, dianalogikan sebagai siang, terang, pria, hangat, dan postif. Jika keduanya tidak seimbang, makan akan muncul hal-hal negatif. Termasuk di dalamnya adalah gangguan kesehatan.

Metode pengobatan Tiongkok yang aman

Christina Morris mengakui terkadang metode pengobatan tradisional Tiongkok menggunakan cara yang tidak biasa. Bahkan, cenderung aneh. Berikut ini beberapa metode pengobatan khas Tiongkok yang aman dilakukan. Pengobatan ini dirancang untuk membantu pasien mencapai dan menjaga kesehatannya.

1. Akupuntur

Menurut National Center for Complementary and Intergative Health, Amerika Serikat, akupuntur adalah teknik praktisi untuk mestimulasi sejulah titik spesifik yang ada di dalam tubuh Anda. Umumnya, metode ini dilakukan dengan cara menusukan jarum ke titik-titik tersebut.

Setidaknya ada, 2000 titik akupuntur di dalam tubuh. Teknik akupuntur ini diyakini dapat mengembalikan keseimbangan antara yin dan yang. Tentunya, ini membuat aliran energi atau qi yang normal dapat mengalir ke seluruh tubuh untuk mengembalikan kesehatan serta pikiran.

2. Moksibusi

Christina Morris menjelaskan teknik pengobatan tradisional Tiongkok ini menggunakan ramuan herbal yang disebut mugwort. Ramuan herbal ini kemudian dibakar di atas titik-titik akupuntur tubuh. Proses pembakaran ramuan dalam moksibusi ini dianggap dapat menyehatkan dan menguatkan qi.

Dalam studi yang diterbitkan Scientific Reports pada tahun 2016, meyakini teknik pengobatan tradisional moksibusi dan akupuntur dapat mengurangi tingkat kelelahan seseorang. Bahkan, dalam peneltian tahun 2015, metode ini dianggap dapat mengurangi nyeri leher yang disebabkan cervical spondylosis dalam jangka waktu pendek dan panjang

2 dari 4 halaman

Selanjutnya

3. Pemijatan Tui Na

Dilansir dari Healthline, tui na adalah teknik memijat dengan menggunakan tangan yang mempehatikan titik-titik akupuntur yang ada di dalam tubuh. Namun perbedaannya, terapi pijat ini hanya menggunakan gerakan tangan dan tekanan pada jari.

Bentuk metode tui na ini sebenarnya sudah digunakan di tiongkok selama berabad-abad. Dalam sesi khusus, pasien tetap berpakaian dan duduk di kursi. Pemijat akan mengajukan serangkaian pertanyaan dan kemudian memulai perawatan. Pemijat dapat menggunakan kompres herbal, salep, dan panas untuk meningkatkan teknik ini. Tui na paling cocok untuk mengobati nyeri kronis dan kondisi muskuloskeletal.

4. Bekam

Berdasarkan penjelasan Jermy Pulsifer, dokter akupuntur dan pengobatan Tiongkok dari Pacific College of Oriental Medicine, AS, teknik bekam memerlukan gelas atau wadah plastik yang nantinya akan diletakan di atas kulit. Wadah-wadah ini berguna untuk menciptakan alat vakum untuk menarik darah ke permukaan kulit.

Sebenarnya, rasa akhirnya sama seperti dipijat. Namun perbedaannya, teknik bekam ini meninggalkan bekas merah bulat yang akan bertahan selama beberapa lama setelah pengaplikasian. Teknik bekam ini cocok untuk mengatasi nyeri, gangguan pernapasan,  peningkatan sirkulasi, dan mempercepat proses detoksifikasi.

5. Obat herbal oral

Apa saja isi ramuan hebal dalam pengobatan tradisional Tiongkok? Umumnya, ramuan herbal tersebut berasal dari berbagai daun, akar, batang, bunga, dan biji tanaman. Biji-biji tanaman tersebut misalnya, kulit kayu manis, jahe, ginseng, licorice, dan rhubarb. Ginseng adalah bahan yang banyak digunakan untuk ramuan herbal Tiongkok.

Lalu bagaimana cara mengonsumsinya? Tak usah bingung, bila Anda disarankan mengonsumsi ramuan herbal Tiongkok, biasanya para ahli akan membuatnya dalam bentuk tertentu. Misalnya, diseduh seperti teh, kapsul, ekstrak cairan, ataupun bubuk. Ini sesuai dengan selera Anda juga.

3 dari 4 halaman

Selanjutnya

6. Auriculotherapy

Kata Christina Morris, ternyata titik tertentu pada bagian luar telinga ternyata masih berhubungan dengan organ tubuh lainnya. Titik-titik tersebutlah yang digunakan dalam teknik auriculotherapy. Sebenarnya, metode ini untuk mengaktifkan titik-titik tertentu yang dianggap membawa kelegaan bagi gangguan kesehatan.

Stimulasi ini dapat menggunakan jari, tekanan pelet logam, magnet kecil, ataupun biji-bijian yang ditempel pada titik akupuntur. Berdasarkan penelitian, metode tradisional auricolotherapy ini dapat membantu mengatasi insomnia.

7.  Tai Chi

Dilansir dari WebMD, pengobatan tradisional Tiongkok ini sebenarnya adalah olahraga dengan gerakan perlahan. Mengapa perlahan? Ini karena tai chi fokus terhadap pernapasan. Biasanya, tai chi akan menggabungkan postur tertentu, gerakan lembut, fokus mental, pernapasan, dan relaksasi.

Dari sejumlah penelitian, ditemukan kalau tai chi dapat meningkatkan keseimbangan dan stabilitas pada orang tua dan pengidap penyakit parkinson, mengurangi rasa sakit akibat osteoartritis lutut, membantu orang mengatasi fibromyalgia dan sakit punggung.

Jika Anda melakukan tai chi secara rutin, ini dapat meningkatkan kualitas hidup dan  suasana hati. Bahkan, dapat membantu untuk perawatan dan pemulihan orang yang mengalami gagal jantung.

Meskipun aman, pengobatan tradisional Tiongkok bukan pengganti pengobatan medis modern. Terutama untuk pengidap penyakit yang serius dan berat. Metode pengobatan ini bisa menjadi pelengkap perawatan medis Anda saja. Jangan lupa beritahu dokter atau tenaga medis jika tengah melakukan pengobatan tradisional Tiongkok.

(AYU/RPA)

0 Komentar

Belum ada komentar