Sukses

Manfaat Bermain Sepeda Tanpa Pedal Bagi Anak

Berbeda dengan sepeda konvensional yang harus dikayuh menggunakan pedal, ini dia manfaat bermain sepeda tanpa pedal untuk anak.

Klikdokter.com, Jakarta Pernahkah Anda melihat anak meluncur dengan sepeda tanpa pedal atau yang disebut dengan balance bike? Jenis sepeda yang satu ini memang banyak dipilih oleh orang tua saat anak mulai belajar naik sepeda. Selain itu, adakah manfaat bermain sepeda tanpa pedal lainnya bagi anak?

Anda mungkin menganggap sepeda ini aneh dan terlihat tidak sempurna, karena tidak memiliki pedal. Si kecil pun harus menggunakan kakinya untuk menjalankan sepeda. Biasanya, sepeda tanpa pedal atau balance bike ini digunakan oleh anak yang usianya sudah menyentuh angka 18 bulan sampai 5 tahun. 

Dilansir Rascal Rides, berikut beberapa manfaat bermain sepeda tanpa pedal bagi anak: 

  • Melatih keseimbangan anak 

Karena lebih mudah untuk dikendalikan, sepeda jenis ini bisa jadi pilihan untuk melatih keseimbangan anak, khususnya jika si Kecil memiliki masalah mobilitas. 

Dengan menggunakan kedua kakinya, anak akan berusaha untuk menjaga tubuhnya tetap seimbang agar nantinya anak tidak terjatuh saat bermain sepeda tanpa pedal. 

Tidak hanya saat bermain menggunakan sepeda tanpa pedal, keseimbangan ini juga bisa dimiliki ketika anak sedang berjalan biasa, maupun sudah bisa bermain sepeda dengan pedal. 

  • Olahraga yang baik untuk mencegah obesitas 

Menurut sebuah laporan yang dipublikasikan di Centers for Disease Control (CDC), obesitas pada anak-anak di Amerika meningkat dua kali lipat selama 30 tahun terakhir. Hal ini jelas menjadi masalah serius bagi kondisi kesehatan anak-anak. 

Untuk mencegah obesitas terjadi pada anak, anak juga perlu berolahraga –meski masih balita. Tapi bukan olahraga yang berat seperti, melainkan olahraga yang menyenangkan seperti bermain sepeda tanpa pedal. 

Anak akan menggunakan setengah dari energi yang mereka miliki untuk menjalankan sepeda tanpa pedal tersebut. Dengan hal ini, anak secara tidak langsung sedang berolahraga namun dengan hal yang menyenangkan. 

  • Belajar koordinasi gerak tubuh

Saat anak sedang mengendarai sepeda tanpa pedal, kaki adalah pengontrol geraknya. Karena model sepedanya yang pendek, anak bisa dengan mudah untuk menapakkan kakinya. 

Menurut dr. Seruni Mentari Putri dari KlikDokter, kondisi kaki yang menapak pada permukaan saat bermain sepeda tanpa pedal, akan buat si Kecil belajar untuk menyelaraskan gerak kaki. Hal itu dilakukannya sambil mengarahkan stang agar tetap bisa berjalan lurus atau pun berbelok.

“Anak akan belajar koordinasi gerak tubuh mulai dari kaki ke tangan dan juga posisi tubuhnya. Mungkin saat pertama kali mencoba, tubuhnya akan terasa kaku, dan kaki tangannya juga tidak sejalan,” kata dr. Seruni. 

“Namun jika dilatih secara rutin, maka kaki tangan dan tubuhnya akan berjalan dengan selaras, seiring mereka bermain sepeda tanpa pedal,” katanya lebih lanjut. 

  • Melatih sensorik dan motorik anak 

Tidak hanya melatih keseimbangan, sepeda tanpa pedal juga bisa melatih perkembangan motorik dan sensorik yang dimiliki oleh anak. Mulai dari cara memandang jalan, berkonsentrasi melihat ke depan, sampai menguatkan otot jari untuk memegang setang sepeda. 

Tidak hanya itu saja, menurut dr. Seruni, bermain sepeda tanpa pedal juga berfungsi untuk menguatkan tulang kaki.  

  • Meningkatkan Rasa Percaya Diri 

“Bukan hal yang mudah untuk mengendarai sepeda tanpa pedal. Butuh keyakinan dan keberanian untuk menjalankan alat bermain yang satu ini,” jelas dr. Seruni. 

Karenanya, bermain sepeda tanpa pedal juga bisa meningkatkan rasa percaya diri pada anak ketika dirinya sudah bisa menjalankan sepeda tanpa pedal tersebut.

“Tidak hanya meningkatkan kepercayaan dirinya, bermain sepeda pedal juga bisa mengendalikan rasa takut. Tapi, untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan seperti terjatuh, Anda tetap perlu mendampingi anak serta memakaikan peralatan keselamatan yang lengkap seperti helm, pelindung tangan dan kaki,” tambahnya. 

Itulah beberapa manfaat bermain sepeda tanpa pedal bagi anak. Agar semua manfaat tersebut bisa diserap oleh anak dengan baik, tetap dampingi anak meski mereka sudah mahir dan lancar dalam bermain sepeda tanpa pedal. 

[RPA/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar