Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Gugup Bisa Picu Sakit Perut seperti Dialami Cristiano Ronaldo

Gugup Bisa Picu Sakit Perut seperti Dialami Cristiano Ronaldo

Bukan karena salah makan, pemain bola kelas dunia Cristiano Ronaldo gugup jelang laga final hingga memicu sakit perut! Mengapa bisa demikian?

Klikdokter.com, Jakarta Gugup bisa dialami siapa saja. Bahkan, pemain bola profesional sekelas Cristiano Ronaldo alias CR7 pun bisa merasa gugup sampai-sampai ia sakit perut. Rasa gugup yang memicu sakit perut itu dialaminya jelang final Liga Champions 2017 silam.

Sekilas cerita tentang gugupnya Cristiano Ronaldo

Dilansir dari Kompas.com, kondisi yang dialami Ronaldo diungkapkan oleh mantan rekan satu timnya di Real Madrid, Marcelo. Menurut Marcelo, mereka berdua merasa cemas dan panik ketika akan melawan Juventus di Cardiff, Britania Raya. Sebelum final berlangsung, seluruh pemain Real Madrid makan siang bersama. Namun, Casemiro, Danilo dan Cristiano Ronaldo bergeming. Dia justru bertanya kepada satu ruangan, apakah ada orang lain yang juga merasakan hal seperti dirinya, yakni gugup hingga sakit perut.

Sontak, kalimat tersebut memecah suasana ruang makan. Mereka yang tak menyangka bahwa seorang CR7 bisa gugup malah tertawa akibat kecemasan pemain bola kelahiran 1985 tersebut. Untung saja, rasa panik dan cemas yang dialaminya berbuah manis.

Klub bolanya, Real Madrid berhasil mempertahankan gelar juara Liga Champions 2016-2017 setelah menang 4-1 atas Juventus pada pertandingan final di Stadion Millenium dua tahun silam.

Stres memengaruhi organ pencernaan

Hal yang dialami oleh Cristiano Ronaldo bukanlah mitos belaka atau hanya dialami oleh dirinya saja. Menurut dr. Nitish Basant Adnani, BmedSc, MSc dari oKlikDokter, salah satu penjelasan terkait dengan rasa gugup dan sakit perut adalah bahwa kondisi stres yang disebabkan oleh suatu hal dapat memengaruhi fungsi tertentu pada sistem organ tubuh.

“Salah satu yang terpengaruh oleh rasa gugup ini adalah sistem pencernaan. Akibatnya, muncul gangguan saluran cerna seperti timbulnya rasa nyeri atau tidak nyaman pada perut, mual, muntah, buang air besar cair, buang gas berlebih, penurunan nafsu makan, begah, dan lain sebagainya,” jelas dr. Nitish.

Senada dengan itu, Harvard Health mengatakan bahwa otak manusia dapat berinteraksi dengan bagian tubuh lain melalui sistem saraf yang terbagi menjadi beberapa komponen utama. Nah, salah satu komponen tersebut adalah sistem persarafan enterik yang meregulasi proses pencernaan.

Pada saat tubuh manusia dihadapkan pada penyebab stres, aktivitas proses pencernaan bisa mengalami gangguan. Keadaan ini lantas menimbulkan sakit perut dan beberapa keluhan seputar saluran pencernaan lainnya.

Saluran cerna kekurangan asupan darah

Dijelaskan oleh dr. Reza Fahlevi dari KlikDokter, tubuh akan mengeluarkan zat adrenalin saat merasa gugup. Proses ini hingga menyebabkan jantung berdetak lebih kencang dan aliran darah ke otot semakin bertambah. Karena sebagian besar aliran darah bersirkulasi ke jantung dan otot, saluran cerna justru tak kebagian aliran darah yang cukup.

“Kurangnya aliran darah ke saluran cerna terkadang menyebabkan mulas, kembung, dan nyeri perut. Semakin gugup, gejala nyeri yang dirasakan semakin berat,” dr. Reza menegaskan.

Tidak berhenti di situ, sakit perut mendadak juga bisa terjadi akibat pengeluaran hormon glukokortikoid secara berlebihan saat seseorang merasa cemas. Hormon ini dapat menyebabkan penyakit lambung dan peradangan saluran cerna. Cemas berkepanjangan pun dapat menyebabkan spasme atau ketegangan saluran cerna. Inilah yang dapat menyebabkan nyeri perut di saat Anda gugup.

Kini Anda sudah tahu alasan mengapa gugup bisa sampai memicu sakit perut, seperti yang pernah dialami Cristiano Ronaldo. Untuk mengatasinya, dr. Reza menyarankan untuk mendengarkan musik, menghirup aromaterapi, pijat, atau mandi air hangat. Jika lambung benar-benar nyeri akibat perasaan cemas, obat penekan produksi asam lambung seperti antasida dapat dikonsumsi sesuai dosis yang dianjurkan.

(NB/RN)

0 Komentar

Belum ada komentar