Sukses

Bibir Tiba-Tiba Bengkak, Apa Penyebabnya?

Pernahkah dalam suatu waktu bibir tiba-tiba bengkak? Ada beberapa penyebab bibir bengkak yang patut dicurigai.

Klikdokter.com, Jakarta Bibir terasa tak nyaman, dan ketika bercermin Anda mendapati bibir yang tiba-tiba saja bengkak. Jika pernah mengalaminya, Anda tak sendirian. Mari ketauhi apa saja kemungkinan penyebab keluhan tersebut.

Dikatakan oleh dr. Nitish Basant Adnani, BMedSc, MSc, dari KlikDokter, bibir bengkak yang terjadi secara tiba-tiba dapat disebabkan oleh banyak hal, mulai dari trauma hingga reaksi obat.

"Selain itu, gigitan binatang juga dapat menyebabkan bibir bengkak, yang dapat terjadi di area gigitan atau menyebar ke area lainnya," sambung dr. Nitish.

Penyebab lain bibir bengkak

Selain yang telah disebutkan oleh dr. Nitish tadi, bibir bengkak mendadak juga bisa disebabkan oleh hal-hal di bawah ini.

1. Alergi

Menurut dr. Sepriani Timurtini Limbong dari KlikDokter, bengkak di bibir secara tiba-tiba biasanya merupakan suatu reaksi alergi. Alergi adalah reaksi berlebihan dari tubuh terhadap zat-zat tertentu yang pada umumnya tidak berbahaya. Pada saat alergi terpicu, tubuh akan menghasilkan senyawa yang disebut histamin. Munculnya senyawa tersebut dapat menyebabkan gejala klasik, seperti bersin-bersin, kulit gatal dan peradangan berupa bibir bengkak.

“Reaksi alergi bisa dipicu dari obat, makanan, atau minuman. Apabila reaksi alergi memunculkan gejala sesak napas dan jantung berdebar, sebaiknya segera cari pertolongan medis,” jelas dr. Sepriani.

2. Angioedema

Angioedema adalah pembengkakan yang terjadi di bawah jaringan kulit. “Keadaan ini dapat terjadi akibat beberapa hal, antara lain reaksi alergi, atau bisa juga karena penggunaan obat-obatan darah tinggi dari golongan ACE-Inhibitor (seperti captopril), dan lainnya,” tambah dr. Astrid Wulan Kusumoastuti dari KlikDokter.

Pembengkakan pada angioedema biasanya terjadi selama 24-48 jam dan dapat terjadi pada tiap bagian tubuh. Kendati begitu, bibir dan mata adalah anggota tubuh yang paling sering mengalami pembengkakan tersebut.

3. Cedera

Cedera pada wajah, terutama di sekitar mulut atau rahang, dapat menyebabkan bibir bengkak. Tergantung pada jenis cedera, Anda mungkin juga akan mengalami memar, luka goresan, dan pendarahan.

Mengobati bibir bengkak terkait cedera tergantung pada penyebabnya. Untuk cedera ringan, kompres es dapat membantu mengatasi rasa sakit. Anda juga bisa memberikan kompres hangat untuk mengurangi pembengkakan.

4. Cheilitis glandularis

Cheilitis glandularis adalah kondisi peradangan yang hanya memengaruhi bibir. Menurut Genetic and Rare Diseases Information Center, kondisi ini lebih sering terjadi pada pria.

Meski penyebab cheilitis glandularis belum diketahui secara pasti, tetapi para pakar menduga bahwa kondisi tersebut berhubungan dengan paparan sinar ultraviolet (UV), cedera di bibir, dan kebiasaan merokok.

5. Sindrom Melkersson-Rosenthal

Sindrom Melkersson-Rosenthal adalah kondisi peradangan neurologis yang memengaruhi wajah. Gejala utamanya adalah bibir bengkak. Pada beberapa kasus, sindrom yang termasuk langka ini juga dapat menyebabkan kelumpuhan pada lidah atau wajah.

6. Cheilitis granulomatosa

Cheilitis granulomatosa atau yang sering juga disebut Miescher cheilitis adalah hal lain yang bisa menjadi penyebab bibir bengkak. Cheilitis granulomatosa itu sendiri adalah jenis peradangan langka yang menyebabkan pembengkakan kental di bibir.

7. Infeksi

Jenis infeksi yang dapat mengakibatkan bibir bengkak adalah infeksi virus herpes simpleks.

“Pembengkakan bibir akibat infeksi oleh virus ini biasanya disertai dengan munculnya gelembung-gelembung (vesikel) kecil yang berkelompok di sekitar bibir,” demikian ujar dr. Astrid.

Untuk memastikan penyebab bibir yang tiba-tiba bengkak, khususnya yang bukan merupakan akibat dari gigitan serangga, cedera, atau alergi, sebaiknya datangi dokter. Nantinya dokter akan mencari tahu pemicu bengkaknya bibir dan mengobatinya sesuai dengan penyebabnya.

(NB/RN)

0 Komentar

Belum ada komentar