Sukses

Ketiak Hitam Akibat Deodoran, Ini Cara Memutihkannya

Ketiak hitam akibat penggunaan deodoran dapat menurunkan rasa percaya diri Anda. Intip cara memutihkannya di artikel ini.

Klikdokter.com, Jakarta Deodoran merupakan salah satu produk perawatan tubuh yang mungkin Anda gunakan setiap hari. Selain mencegah ketiak basah, deodoran juga berguna untuk mencegah bau tidak sedap. Namun, di balik manfaat tersebut, banyak yang bilang bahwa ketiak bisa hitam akibat penggunaan deodoran.

Memiliki kulit ketiak yang hitam bisa membuat rasa percaya diri menurun, terutama jika Anda mengenakan baju tanpa lengan. Rasanya, menggerakkan tangan saja sudah malu. Tak jarang, orang mencari-cari cara untuk memutihkannya. 

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, deodoran sering disebut sebagai salah satu penyebab ketiak Anda jadi hitam. Nyatanya, tidak semua deodoran menyebabkan hal tersebut. 

Seperti dijelaskan dr. Adeline Jaclyn dari KlikDokter, warna kulit ditentukan oleh sel pigmen yang disebut melanosit. Bila sel ini mengalami pembelahan lebih cepat dan lebih banyak dari seharusnya, maka akan menimbulkan warna kulit yang lebih gelap. Hal ini bisa terjadi akibat adanya faktor tertentu, salah satunya penggunaan deodoran.

“Deodoran memang bisa menyebabkan ketiak jadi hitam. Tapi, tidak semua jenis deodoran menyebabkan hal tersebut. Hanya deodoran yang mengandung bahan berbahaya atau bahan yang tidak sesuai dengan kondisi kulit Anda yang dapat menyebabkan ketiak jadi hitam,” ujar dr. Adeline.

Bagaimana cara memutihkan ketiak hitam yang disebabkan deodoran?

Masih menurut dr. Adeline, ada upaya yang bisa Anda lakukan untuk mencegah maupun mengatasi ketiak hitam. Langkah pertama adalah memilih deodoran tanpa kandungan alkohol, paraben, dan aluminium klorida.

Kandungan alkohol pada deodoran bisa membuat kulit ketiak jadi lebih kering, sehingga membuat kulit jadi semakin mudah untuk bergesekan satu sama lain. Kondisi ini yang akan menyebabkan kulit ketiak Anda jadi lebih cepat hitam, bahkan menimbulkan ruam.

Lalu, kandungan paraben dan alumunium klorida merupakan bahan alergen yang biasa ditemukan pada produk perawatan kulit. Kedua zat ini dapat menyebabkan timbulnya kemerahan, bengkak, gatal, dan iritasi, sehingga bisa meningkatkan risiko hiperpigmentasi.

Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk memilih deodoran yang tidak memiliki ketiga kandungan tersebut. 

Untuk pilihan yang lebih baik, pilih deodoran yang mengandung pro vitamin B5. Jenis deodoran ini dapat membantu mengurangi peradangan, sehingga Anda akan terhindar dari terjadinya ketiak hitam.

1 dari 2 halaman

Penyebab ketiak hitam selain deodoran

Selain itu, cara mengatasi ketiak hitam sebenarnya juga bisa dilakukan dengan mengetahui penyebab-penyebab umum selain penggunaan deodoran. Misalnya, seperti:

  • Mencukur rambut ketiak

“Mencukur rambut ketiak bisa menyebabkan kulit ketiak Anda menghitam. Warna hitam ini disebabkan oleh folikel rambut yang berada tepat di bawah permukaan kulit,” jelas dr. Adeline. 

Ketimbang mencukurnya, Anda lebih disarankan untuk melakukan waxing agar rambut ketiak bisa terangkat tuntas sampai ke akar-akarnya dan tidak meninggalkan sisa di bawah permukaan kulit. Akan tetapi, teknik ini tidak boleh dilakukan terlalu sering karena bisa mengakibatkan hiperpigmentasi. 

Namun, jika ingin lebih aman dan benar-benar terhindar dari ketiak hitam, Anda bisa mencoba metode laser. Meski biaya yang Anda dikeluarkan akan lebih besar, hasilnya lebih baik.

  • Infeksi Bakteri

Keringat berlebih bisa menjadi penyebab bakteri terjebak di kulit ketiak. Salah satu bakteri yang dapat tinggal di ketiak Anda adalah Corynebacterium minutissimum

Selain dapat menyebabkan ketiak hitam, bakteri tersebut juga dapat mencetuskan infeksi kronis pada lapisan kulit yang lebih dalam (eritrasma).

  • Melasma 

Selain timbulnya infeksi bakteri, masalah kulit lainnya yang juga bisa menimpa Anda adalah melasma

Melasma merupakan masalah kulit yang cenderung menyerang perempuan ketimbang laki-laki. Kondisi ini terjadi akibat terlalu sering terkena sinar matahari atau perubahan hormon pada masa kehamilan.

  • Obesitas

Bagi Anda yang mengalami obesitas, warna bagian kulit tubuh yang memiliki banyak lipatan seperti ketiak dan selangkangan akan lebih mudah menghitam ketimbang mereka yang tidak obesitas. 

Biasanya, penderita obesitas akan mengalami Acanthosis nigricans, yakni kulit kusam dan menebal yang umumnya berkembang di daerah lipatan tubuh.

Penumpukan Sel Kulit Mati

Sel-sel kulit yang mati dapat terbentuk di sekujur tubuh dan terakumulasi di permukaan kulit. Tak terkecuali pada kulit ketiak. Akumulasi sel kulit mati di sekitar ketiak tersebut bisa menjadi alasan dari munculnya warna kulit yang menghitam.

Sebagai solusi, rajin membersihkan kulit badan, termasuk kulit ketiak, bisa mengurangi jumlah sel kulit mati yang menumpuk pada tubuh. Anda juga bisa melakukan scrub tubuh sebanyak dua kali dalam seminggu untuk membasmi sel kulit mati. 

Itulah beberapa penyebab dan cara memutihkan ketiak hitam yang perlu Anda ketahui. Selain akibat penggunaan deodoran yang salah, penyakit seperti infeksi bakteri dan obesitas juga bisa menjadi penyebab lain ketiak hitam. Maka dari itu, jagalah berat badan ideal dan selalu jaga kebersihan tubuh. 

[MS/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar