Sukses

Seru dan Mendidik, Acara Perkemahan Nasional Kesehatan IV 2019

Melalui acara perkemahan nasional, Kementerian Kesehatan Indonesia ajak peserta pramuka lebih paham akan informasi kesehatan dan peduli lingkungan.

Klikdokter.com, Jakarta Mengangkat tema “Generasi Milenial Kesehatan untuk Mewujudkan Indonesia Sehat”, perkemahan Nasional Kesehatan Kemnaskes IV 2019 digelar selama 1 pekan penuh. Acara ini dilangsungkan di Bumi Perkemahan dan Graha Wisata Cibubur, Jakarta Timur. 

Kemnas kesehatan IV 2019 merupakan acara pertemuan pramuka penegak dan pandega, yang berasal dari gugus depan di Politeknik Kesehatan, Balai Besar Pelatihan Kesehatan (BBPK), Balai Pelatihan Kesehatan (Balpekes), Pangkalan Saka Bakti Husada.

Seluruh pihak yang terlibat berada di bawah koordinasi UPT Kementerian Kesehatan, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan (BBTKL), Loka Litbang, unit-unit kesehatan di luar UPT kementerian Kesehatan, Dinas Kesehatan, Rumah Sakit, Puskesmas, serta Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) dari seluruh Indonesia. 

Acara perkemahan besar ini dilakukan dalam rangka mempererat persatuan dan persaudaraan sesama anggota Pramuka di jajaran Kementerian Kesehatan. Tujuannya untuk membangkitkan semangat berlatih dalam upaya pengembangan intelektual dan keterampilan bagi para peserta Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega yang ada di Indonesia. 

Tidak berhenti di situ, acara itu juga bermaksud untuk membangkitkan jiwa rela menolong kepada sesama Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega di bidang kesehatan pada situasi-situasi rawan bencana. Melalui acara ini, diharapkan pramuka dapat memberi kontribusi positif terhadap lingkungan dan masyarakat secara tepat, yang berguna bagi dirinya sendiri maupun orang lain di lingkungan sekitarnya. 

Dihadiri lebih 2000 peserta dari seluruh Indonesia, gelaran ini merupakan acara keempat yang diselenggarakan oleh Kementerian Kesehatan Indonesia. Pertama kali diselenggarakan tahun 2010, acara ini diadakan kembali setiap tiga tahun sekali.

1 dari 2 halaman

Agenda yang padat

Acara-acara yang diselenggarakan bersifat menyenangkan dan mengarah kepada pembinaan perilaku peduli lingkungan. Misalnya, ada kegiatan Global Development Village di mana terdiri dari empat zona, yakni zona kesehatan, zona teknologi, zona keterampilan, dan zona kewirausahaan. 

Kegiatan GDV merupakan kelompok giat rotasi, di mana tiap peserta yang sudah dibagi menjadi beberapa kelompok akan mengunjungi satu per satu booth yang ada pada kegiatan. Peserta dapat memilih booth yang mereka anggap menarik, lalu melakukan sesi tanya jawab. 

Salah satu booth yang turut ambil bagian dalam kegiatan ini adalah KlikDokter. Di mana KlikDokter menghadirkan para praktisi kesehatan untuk berbagi informasi dan mengedukasi para peserta akan seluk-beluk tren kesehatan digital 4.0.

Dalam kegiatan ini, peserta diharapkan mendapat materi pembelajaran minimal dari tiga booth yang dikunjungi. Kemudian, setelah memasuki tiga booth tersebut, peserta bisa langsung melaporkan hasil kerjanya atau melanjutkan materi yang sedang dibuat. 

Hal yang menarik dari kegiatan ini adalah, setiap kelompok peserta harus saling mendahului mendapatkan materi yang mereka sukai karena tiap booth hanya dimasuki oleh 40 peserta. Misalnya, jika kelompok A ingin masuk ke booth 1, maka kelompok B harus menunggu giliran untuk bisa masuk ke booth tersebut. Begitu juga dengan sebaliknya.

Di samping GDV, ada juga kegiatan lain yang tidak kalah seru dan menantang. Dalam kegiatan yang menantang ini, setiap peserta kelompok akan dihadapkan oleh beberapa rintangan. Mereka harus bekerja sama untuk bisa menyelesaikan tugas yang diberikan. 

Peserta kelompok akan melakukan serangkaian aktivitas fisik, seperti renang dayung (water activity), wall climbing (high rope), obstakel sepeda (halang rintang) dan kegiatan memanah (shooting zone). 

Ada juga kegiatan bakti. Di sini, peserta akan dilatih untuk terus menjaga kesehatan lingkungan perkemahan, penanaman bibit pohon tradisional, penyuluhan kesehatan dan skrining PTM gratis bagi para masyarakat yang juga ikut hadir dalam acara Kemnas Kesehatan IV 2019. 

Lalu, ada pula kegiatan wisata. Pada kegiatan ini, para peserta akan melakukan wisata edukasi dengan rute Cibubur–Monas–Kemenkes (diikuti dengan makan siang) dan diakhiri dengan kembali ke Cibubur untuk beristirahat. 

Tidak berhenti sampai di situ, masih ada banyak kegiatan lain, seperti kegiatan prestasi (fotografi, video blog, kesiapsiagaan bencana), kegiatan khusus (seminar kesehatan dan karang pamitran), pentas seni, api unggun, festival kuliner sehat dan karnaval budaya. 

Adanya acara ini diharapkan mampu membuat peserta lebih paham akan kondisi maupun informasi kesehatan yang ada di Indonesia. Selain memberikan pengalaman menarik, acara Perkemahan Nasional Kesehatan tahun ini juga memberikan pengetahuan yang sangat berguna bagi para peserta.

Apakah Anda tertarik untuk merasakan sendiri pengalaman seru dalam perkemahan nasional dari Kemnas Kesehatan? Jika ya, jangan sampai lupa untuk mendaftar tiga tahun lagi ya!

(NB/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar