Sukses

Kiat Meredakan Nyeri Sakit Gigi Saat Hamil

Ibu hamil bisa mengalami sakit gigi, namun untuk mengatasinya tidak bisa minum sembarang obat. Ini cara mengatasi sakit gigi pada ibu hamil.

Sakit gigi bisa dialami siapa saja, termasuk ibu hamil. Sebab di masa kehamilan, terjadi peningkatan hormon yang dapat memicu terjadinya sakit gigi maupun keluhan gigi lainnya. 

Kondisi lain yang juga bisa mengganggu kesehatan rongga mulut ibu hamil adalah lebih banyaknya penumpukan plak gigi. Apabila tidak dibersihkan, plak gigi bisa mengeras menjadi karang gigi. Dampaknya, risiko sakit gigi akibat gigi berlubang meningkat. 

Menurut Journal of the Turkish German Gynecological Association, sebanyak 70 persen ibu hamil mengalami kondisi morning sickness yang ditandai dengan mual dan muntah. Hal itu juga dapat menyebabkan erosi gigi. Jika tidak segera diatasi, maka bisa menyebabkan sakit gigi karena gigi sensitif.

Perubahan hormonal pada ibu hamil juga bisa menyebabkan terjadinya radang gusi yang berujung pada kondisi gusi mudah berdarah. Kendati begitu ibu hamil tidak bisa mengonsumsi sembarang obat saat sakit gigi. Karena konsumsi obat selama hamil bisa memengaruhi kondisi janin yang ada di dalam kandungan.

Artikel Lainnya: Mencabut Gigi saat Hamil, Apakah Aman Dilakukan?

Oleh karena itu ada beberapa cara mengatasi sakit gigi pada ibu hamil yang aman. Berikut di antaranya:

1 dari 4 halaman

1. Berkumur Air Garam

Berkumur air garam sejak lama dipercaya untuk mengatasi sakit gigi. Kandungan yodium pada garam dapat membunuh bakteri, mengurangi peradangan, serta mengurangi rasa nyeri.

Cara mengatasi sakit gigi pada ibu hamil menggunakan garam sangat mudah. Larutkan garam menggunakan air hangat dengan takaran yang tak perlu terlalu banyak. 

Setelah garam larut, berkumurlah selama 30 detik. Perlu dicatat, air garam ini hanya untuk dikumur, bukan untuk diminum.

2. Kompres dengan Es Batu

Anda bisa mengompres daerah yang sakit atau bengkak akibat sakit gigi dengan es batu. Caranya, bungkus es batu dengan kain, lalu kompres di daerah yang mengalami pembengkakan dan nyeri, selanjutnya tahan sekitar 5-10 menit.

Cara ini dapat dilakukan berkali-kali sesuai keinginan Anda. Sensasi dingin yang dihasilkan kompres dapat mengurangi bengkak dan nyeri yang Anda rasakan.

Artikel Lainnya: Perlukah Periksa Gigi Sebelum Merencanakan Program Hamil?

2 dari 4 halaman

3. Minyak Cengkeh

Di dalam cengkeh atau cengkih terdapat senyawa kimia bernama eugenol. Senyawa tersebut diketahui memiliki sifat antiseptik, analgesik, dan antibakteri, sehingga mampu melawan infeksi gigi dan gusi. 

Cara menggunakannya, tuang beberapa tetes minyak cengkeh dan minyak zaitun ke atas kapas. Lalu, tempelkan kapas tersebut selama beberapa menit ke dalam lubang gigi yang sakit. 

Usahakan kapas tersebut tak mengenai lidah karena minyak cengkeh memiliki rasa yang kuat. Cara ini bisa membantu menghilangkan sakit gigi pada ibu hamil untuk sementara waktu.

4. Mengunyah Bawang Putih

Mengunyah bawang bisa digunakan sebagai alternatif untuk mengatasi sakit gigi dan gusi bengkak saat hamil.  

Pasalnya, bawang putih mengandung Allicin yang memiliki sifat antibiotik alami, antioksidan, dan antiseptik. Kandungan bawang tersebut mampu membunuh bakteri di daerah yang meradang dan meredakan rasa sakit.

Untuk mendapatkan manfaat tersebut, Anda bisa langsung mengunyah beberapa siung bawang putih. Bila tak mampu melakukannya, Anda dapat memotong bawang dengan ukuran kecil dan diletakkan di atas gusi atau gigi yang sakit.

Anda juga bisa menghaluskan satu siung bawang yang dicampur dengan satu sendok teh garam. Setelah itu, tempelkan kedua campuran tersebut di area gigi yang sakit. 

Artikel Lainnya: Mengapa Kebersihan Gigi dan Mulut Penting Bagi Ibu Hamil?

3 dari 4 halaman

5. Oleskan Gel Mengandung Aloe Vera

Gel aloe vera memiliki khasiat sebagai antibakteri dan juga antijamur. Oleh karena itu, aloe vera dapat membantu mengurangi pertumbuhan bakteri dan meredakan gusi bengkak yang sering dialami oleh ibu hamil. 

Kini sudah beredar gel mengandung aloe vera yang bisa dibeli di apotek. Karena kandungannya alami, gel ini aman untuk digunakan oleh ibu hamil untuk membantu mengatasi sakit gigi, iritasi, atau luka pada gusi lainnya.

6. Menggunakan Obat Kumur Antiseptik 

Menggunakan obat kumur dengan kandungan benzydamine HCl merupakan salah satu cara untuk menghilangkan rasa sakit gigi pada ibu hamil. Selain itu, obat kumur tersebut juga bisa meringankan keluhan nyeri lainnya di dalam rongga mulut dan juga tenggorokan. 

Obat kumur ini merupakan obat bebas terbatas yang dapat dibeli tanpa resep dokter. Namun, aturan pakai dan efek sampingnya perlu diperhatikan. 

Untuk mengatasi sakit gigi berkumurlah sebanyak 2-3 kali sehari selama 1 menit. Obat kumur ini tidak boleh digunakan lebih dari satu minggu dan jangan sampai tertelan. Hati-hati bila digunakan pada penderita gangguan fungsi hati dan ginjal berat.

Artikel Lainnya: Kalsium di Gigi Ibu Hamil Dapat Menghilang, Mitos atau Fakta?

Cara-cara di atas diharapkan dapat membantu ibu hamil untuk meredakan sakit gigi tanpa perlu mengonsumsi obat-obatan. 

Ibu hamil atau yang sedang merencanakan kehamilan harus benar-benar memerhatikan kesehatan gigi dan rongga mulutnya. 

Ibu harus rutin memeriksakan diri ke dokter gigi, rutin menyikat gigi sehari 2 kali dengan pasta gigi mengandung fluoride, dan banyak minum air putih. 

Berkumur air putih dianjurkan terutama setelah muntah dan batasi konsumsi snack serta makanan manis.

Apabila lalai, bukan hanya sakit gigi saja akibatnya, tapi juga bisa menyebabkan preeklampsia, kelahiran prematur, hingga berat badan lahir rendah.

Untuk membaca artikel kesehatan gigi dan mulut lainnya, Anda bisa mengunduh aplikasi Klikdokter. Untuk konsultasi langsung dengan dokter, gunakan fitur Live Chat 24 jam, ya.

Pantau juga kandungan Anda dengan menggunakan Health Tools Kalender Kehamilan.

(OVI/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar