Kesehatan Umum

8 Fungsi Antioksidan untuk Kesehatan Tubuh

dr. Alvin Nursalim, 30 Nov 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Kamu mungkin sering disarankan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung antioksidan. Apa sebenarnya manfaat antioksidan bagi kesehatan? Ini selengkapnya.

8 Fungsi Antioksidan untuk Kesehatan Tubuh

Antioksidan adalah senyawa yang dapat menghambat terjadinya oksidasi dari senyawa lain. 

Tubuh secara alami menghasilkan radikal bebas dan antioksidan. Namun, pada kenyataannya radikal bebas yang dihasilkan jauh melebihi jumlah antioksidan alami.

Radikal bebas dihasilkan secara alami saat berolahraga dan ketika tubuh mengubah makanan menjadi energi. Tubuh juga bisa terpapar radikal bebas dari lingkungan, seperti asap rokok, polusi udara, dan sinar matahari.

Radikal bebas yang berlebihan dapat menyebabkan stres oksidatif. Stres oksidatif dianggap memainkan peran dalam berbagai penyakit, seperti kanker, penyakit jantung, diabetes, penyakit Alzheimer, dan penyakit Parkinson. 

Agar terhindar dari berbagai dampak buruk akibat radikal bebas, antioksidan sangatlah dibutuhkan. Inilah sejumlah manfaat antioksidan bagi tubuh: 

1. Mencegah Penyakit Jantung

5 Gejala Jantung Bengkak yang Harus Diwaspadai

Antioksidan dalam teh hijau yang dikenal sebagai polifenol dapat membantu mencegah penyakit jantung.

Polifenol berfungsi mencegah oksidasi lemak, sehingga dapat membatasi peradangan internal yang bisa meningkatkan risiko penyakit jantung dan diabetes.

Selain itu, dalam sebuah penelitian oleh Women’s Health Study, vitamin E dari buah dan sayuran juga punya manfaat signifikan dalam menurunkan risiko kematian akibat penyakit kardiovaskular.

Artikel Lainnya: Cara Menghindari Stres Oksidatif Karena Olahraga

2. Menghindari Penyakit Saraf 

Banyak penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan antara radikal bebas dan gangguan suasana hati seperti kecemasan dan depresi, serta penyakit neurologis seperti penyakit Alzheimer dan penyakit Parkinson

Antioksidan bisa berfungsi memerangi peradangan saraf yang disebabkan oleh kerusakan akibat radikal bebas. 

Tak hanya itu, antioksidan juga dapat memperbaiki gejala yang terkait dengan kecemasan dan depresi.

3. Menjaga Kesehatan Mata

Konsumsi antioksidan sangat bermanfaat untuk keberlangsungan indra penglihatan. 

Sebuah penelitian menemukan bahwa kombinasi vitamin C, vitamin E, beta-karoten, dan seng memberikan fungsi perlindungan terhadap perkembangan degenerasi makula pada lansia.

Lutein (karotenoid alami dalam sayuran hijau seperti bayam dan kangkung) juga dapat melindungi penglihatan. Ketika dikonsumsi, lutein membentuk vitamin A dalam tubuh. 

Vitamin A mengatur pigmen yang diproduksi retina. Hal ini membantu melindungi mata dari kerusakan akibat sinar matahari, sembari mempertahankan fungsi penglihatan. 

4. Memelihara Kesehatan Kulit

Ketika kulit terpapar sinar ultraviolet tingkat tinggi, maka akan mengalami oksidasi yang disebut kerusakan foto-oksidatif. Hal ini dapat merusak sel, protein, dan DNA sehingga memicu kerusakan kulit dan penuaan dini.

Astaksantin disertai beta-karoten yang dikombinasikan dengan vitamin E telah terbukti dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan foto-oksidatif.

Artikel Lainnya: Gaya Hidup Sehat yang Bisa Kamu Tiru dari Pesta Bola Dunia

5. Meningkatkan Sistem Imun

Apa Perbedaan Sistem Imun Pada Pria dan Wanita?

Oksigen dengan kandungan energi yang tinggi dapat membahayakan sistem kekebalan tubuh, karena kemampuannya untuk mempercepat produksi radikal bebas.

Telah terbukti bahwa antioksidan seperti astaksantin dan spirulina bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, serta melindungi DNA sel dari mutasi.

6. Meningkatkan Memori 

Antioksidan juga berfungsi untuk meningkatkan daya ingat. Contoh antioksidan seperti vitamin E dan C dapat menjaga kesehatan memori. 

Peran antioksidan yang satu ini tentu sangat berharga, karena dapat menambah kemampuan sel otak dan mempertahankan ingatan jangka panjang. 

7. Baik untuk Kesehatan Hati

Hati adalah salah satu organ yang sangat penting bagi tubuh. Fungsinya mulai dari untuk mendetoksifikasi racun hingga memelihara keseimbangan metabolisme. 

Stres oksidatif dapat menyebabkan kerusakan sel hati. Kebiasaan buruk seperti minum alkohol, merokok, dan minum obat-obatan tertentu jangka panjang juga bisa mempercepat kerusakan sel hati. 

Senyawa kurkumin (temulawak), kuersetin (apel dan bawang), dan naringenin (jeruk) telah dipelajari secara klinis dapat melindungi hati dari kerusakan. 

8. Menghalau Terjadinya Penuaan Dini

Berbagai penelitian menyimpulkan bahwa salah satu penyebab penuaan dini adalah adanya oksidan yang merusak molekul dalam tubuh manusia.

Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa suplementasi antioksidan dapat menurunkan terjadinya perubahan yang terjadi pada penuaan. 

Artikel Lainnya: Daftar Buah Tinggi Antioksidan yang Baik bagi Kesehatan

Itulah berbagai fungsi dan manfaat antioksidan bagi tubuh. Jadi, mulailah untuk mengonsumsi makanan kaya antioksidan setiap harinya. 

Sayuran dan buah-buahan dapat menjadi sumber antioksidan terbaik. Jenis makanan ini banyak mengandung vitamin C dan E, selenium, beta-karoten, likopen, lutein, dan zeaksantin. 

Namun, perlu kamu tahu bahwa tidak ada satu obat pun yang dapat menjadi peluru ajaib dalam menjaga kesehatan. 

Untuk menjaga kesehatan tubuh, kamu tetap perlu melakukan perubahan pola hidup dengan konsumsi makanan bergizi seimbang dan rajin berolahraga. 

Jangan lupa untuk memeriksakan diri jika kamu memiliki keluhan terkait kesehatan sehingga bisa tertangani dengan baik.

Bila ingin konsultasi ke dokter seputar asupan antioksidan yang tepat sesuai kondisi tubuhmu, kamu dapat memanfaatkan layanan Tanya Dokter di aplikasi KlikDokter, solusi untuk #JagaSehatmu!

[RS]

antioksidan

Konsultasi Dokter Terkait