Sukses

Menilik Manfaat Sehat Minum Kombucha

Selain memiliki rasa yang unik, kombucha juga memiliki beragam manfaat kesehatan. Apa saja?

Klikdokter.com, Jakarta Bagi pecinta minuman kekinian, nama kombucha mungkin sudah tidak asing di telinga. Ya, kombucha adalah minuman teh fermentasi dengan rasa yang unik, karena mengandung probiotik di dalamnya. 

Kombucha disebut-sebut mampu memberikan dua manfaat sekaligus dalam satu kali minum. Ini karena minuman tersebut memiliki dua unsur dasar yang telah terbukti bisa memberikan manfaat sehat, yaitu teh dan probiotik alias bakteri baik.

Manfaat kombucha bagi kesehatan

Kombucha yang dikonsumsi secara rutin dan teratur pada porsi yang tepat disebut mampu memberikan beragam manfaat sehat berikut ini:

  1. Menjaga kesehatan saluran pencernaan

Dalam proses pembuatan kombucha, teh hitam atau hijau akan dicampur dengan probiotik, jamur, serta gula, dan difermentasikan selama satu minggu atau lebih. Bakteri dan jamur tersebut akan membentuk lapisan film seperti jamur pada permukaan cairan, sehingga kombucha juga sering disebut sebagai “teh jamur”. 

Tak berhenti di situ, proses fermentasi pada pembuatan kombucha turut menghasilkan asam asetat yang juga ditemukan pada cuka. Bakteri yang menghasilkan asam laktat dapat membantu meningkatkan kesehatan saluran pencernaan

  1. Melawan radikal bebas

Teh, yang menjadi bahan dasar kombucha, memilik sifat antioksidan. Zat tersebut memiliki kemampuan untuk menangkal radikal bebas, yang bisa menyebabkan beragam penyakit pada tubuh. Ini artinya, apabila mengonsumsi minuman berbasis teh, Anda menjadi tidak mudah terserang penyakit.

  1. Mencegah penyakit jantung

Pada studi yang dilakukan pada tikus, kombucha ditemukan mampu menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kolesterol baik (HDL) dalam waktu 30 hari. Adanya kondisi tersebut membuat tikus percobaan terhindar dari risiko penyakit jantung.

Lebih lanjut, teh hijau yang sering dijadikan bahan dasar kombucha juga mampu menurunkan risiko penyakit jantung. Dikatakan bahwa orang-orang yang mengonsumsi jenis teh ini secara rutin memiliki risiko penyakit jantung 31 persen lebih rendah.

  1. Menurunkan risiko kanker

Teh hijau, yang menjadi bahan dasar kombucha, dinilai sebagai minuman tersehat di dunia. Teh ini dapat menurunkan risiko beberapa jenis kanker, seperti kanker prostat, payudara dan kolon berkat kandungan flavonoid di dalamnya. 

Teh hijau yang dikombinasikan dengan probiotik dan membentuk kombucha diduga mampu mencegah pertumbuhan maupun penyebaran sel kanker berkat kandungan antioksidan di dalamnya.

  1. Mengontrol gula darah

Studi mengatakan bahwa tikus yang mengalami diabetes dan diberikan kombucha mengalami penurunan kadar gula darah. Studi tersebut juga mengatakan bahwa kombucha mampu memperbaiki fungsi hati dan ginjal pada tikus yang dijadikan penelitian.

  1. Berat badan ideal

Konsumsi kombucha yang dikombinasikan dengan olahraga secara rutin dapat meningkatkan jumlah kalori yang dibakar, menurunkan lemak pada perut dan memperbaiki kadar kolesterol tubuh. 

  1. Kesehatan mental

Probiotik pada kombucha ternyata juga bisa menjaga kesehatan mental. Hal ini dihubungkan dengan efek antiradang yang dimiliki kombucha, di mana peradangan itu sendiri dapat memicu terjadinya depresi.

Satu hal yang perlu Anda ingat, manfaat-manfaat di atas hanya bisa dirasakan apabila minum kombucha yang diolah dengan tepat dan pada porsi yang sesuai. Kombucha yang diolah secara sembarangan atau dikonsumsi berlebihan malah berpotensi menyebabkan berbagai kerugian, yang bahkan bisa mengancam keselamatan. Oleh karena itu, pastikan kombucha yang Anda beli berasal dari toko terpercaya yang terjamin mutunya.

(NB/ RVS)

0 Komentar

Belum ada komentar