Kesehatan Umum

Lebih Sehat Mana, Sarapan atau Mandi setelah Bangun Tidur?

Ayu Maharani, 06 Sep 2019

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Setelah bangun tidur, ada yang langsung mandi, tapi ada juga yang langsung sarapan. Lalu, manakah aktivitas yang lebih sehat?

Lebih Sehat Mana, Sarapan atau Mandi setelah Bangun Tidur?

Memutuskan hal pertama yang mesti dilakukan setelah bangun tidur di pagi hari terkadang cukup membingungkan. Pilihannya, mandi atau sarapan terlebih dahulu. Pasalnya, ada yang mengatakan jika salah satunya lebih sehat dan membuat tubuh lebih segar, tapi yang mana, ya?

Ternyata, ada kegiatan lain yang harus didahulukan

Nah, menurut dr. Muhammad Iqbal Ramadhan dari KlikDokter, ada satu hal yang jauh lebih sehat untuk dilakukan ketimbang langsung mandi atau sarapan setelah bangun tidur, yakni minum air putih. Meski terkesan sepele, pada kenyataannya banyak orang yang kerap melewatkan minum air putih dan justru langsung melakukan kegiatan lain.

“Minum air putih setelah bangun tidur itu penting dilakukan. Bukan sekadar untuk menghidrasi tubuh, tapi minum air putih dapat memancing gerak peristaltik usus (irama usus) untuk membuang sisa-sisa kotoran,” jelas dr. Iqbal.

Itulah sebabnya, orang yang rutin minum air putih setelah bangun tidur akan lebih rutin buang air besar di pagi hari.

Lalu, apa yang mesti dilakukan setelah minum air putih? Apakah langsung sarapan saja? Tentu tidak. Dokter Iqbal menyarankan Anda untuk melakukan peregangan-peregangan otot terlebih dahulu atau melakukan olahraga “kecil” selama 15 menit.

“Intinya, tubuh harus digerakkan atau dipanaskan dulu sebelum beraktivitas. Bila perlu, lakukan olahraga minimal selama 30 menit. Hal ini sangat bagus bila dilakukan oleh orang yang ingin menurunkan berat badan. Sebab, pembakaran lemak sangat efektif dilakukan saat itu. Jika hanya ingin menjaga kesehatan, rutinitas ini pun akan berdampak positif,” tambahnya.

Apabila olahraga sudah selesai dilakukan, istirahatlah sejenak supaya keringat mengering dulu. Anda juga bisa sambil mengisi cairan tubuh yang hilang dengan minum air putih lagi, tapi air putih yang dipilih lebih baik yang bersuhu ruang dan bukan yang dingin.

“Suhu pada minuman dingin sangat kontras dengan suhu tubuh pasca berolahraga, sehingga itu kurang baik untuk tubuh dan bisa meningkatkan penggumpalan lemak dalam darah,” tutur dr. Iqbal. Jika sudah minum, baru Anda boleh menyantap sarapan.

Bagaimana sarapan dan mandi yang sehat?

Sarapan sehat yang dianjurkan adalah sarapan dengan porsi yang tidak terlalu besar. Harus lebih sedikit ketimbang makan siang atau makan malam. Lalu, jumlah kandungan seratnya juga harus lebih banyak ketimbang karbohidrat.

Serat tersebut bisa didapatkan dari sayur, buah, ataupun biji-bijian. Sementara karbohidrat, tidak boleh terlalu banyak agar Anda tidak mengantuk di pagi hari. “Supaya bisa “melek”, Anda juga boleh minum kopi atau teh. Buat yang punya masalah asam lambung, lebih baik pilih teh biasa ketimbang teh hijau atau kopi, ya. Sedangkan mereka yang tidak punya masalah asam lambung, konsumsi kopi tanpa campuran susu dan sedikit gula,” dr. Iqbal menyarankan.

Baik kopi maupun teh sama-sama memiliki kafein (jumlah pada teh lebih kecil) yang dapat memberikan Anda energi selama beberapa jam, sehingga Anda bisa lebih fokus di pagi hari. Tapi tidak hanya itu, minum kopi sesudah sarapan juga dapat membantu melancarkan buang air besar karena juga dapat menstimulasi pergerakan usus.

Setelah minum air putih, olahraga, dan sarapan, barulah Anda mandi. Untuk mandi di pagi hari, lebih baik menggunakan air dingin ketimbang air hangat.

Sebab, air dingin lebih bisa “membangunkan” tubuh ketimbang air hangat yang mampu merilekskan otot dan akhirnya justru membuat mengantuk. Mandi air hangat lebih cocok dilakukan saat malam hari setelah beraktivitas.

Sekarang Anda sudah tahu mana yang lebih baik dilakukan setelah bangun tidur. Jika dirangkum, urutannya kira-kira seperti ini: bangun tidur, minum air putih, lalu olahraga, sarapan, dan terakhir baru mandi. Jadi, selamat mencoba dan merasakan manfaat sehat setelah mencoba rutinitas tersebut!

[MS/ RVS]

manditidurOlahragabangun tidurmandi air hangatMandi Air DinginMinum Air PutihSarapan

Konsultasi Dokter Terkait