Menu
KlikDokter
Icon Search
Icon LocationTambah Lokasi KamuIcon Arrow
HomeGaya hidupDiet dan NutrisiMinum Jus Seledri Bisa Bikin Kulit Mulus?
Diet dan Nutrisi

Minum Jus Seledri Bisa Bikin Kulit Mulus?

Ayu Maharani, 08 Agt 2019

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Meski sedikit pahit, jus seledri dianggap mampu bikin kulit lebih mulus. Masa iya sih?

Minum Jus Seledri Bisa Bikin Kulit Mulus?

Anda yang pernah mengonsumsi jus sayuran mungkin pernah mencoba jus seledri Nah, mereka yang doyan dengan jus dari sayuran yang beraroma segar ini percaya bahwa rajin minum jus seledri bisa bikin kulit mulus, lo!

Dilansir dari Skininc.com, tren minum jus seledri bermula saat sebuah kanal kesehatan mempromosikan bahwa minuman tersebut mampu menyembuhkan eksim. Tak heran, banyak orang yang kemudian berbondong-bondong mengonsumsi jus seledri yang kaya akan antioksidan.

Manfaat minum jus seledri

Jus seledri mengandung vitamin A, vitamin K, dan vitamin C. Selain itu, seledri juga mengandung beta karoten, flavonoid, fitonutrien, dan nutrisi-nutrisi lain yang dibutuhkan oleh tubuh.

Tak hanya itu, kalori dari jus seledri juga tegolong kecil. Jus seledri bahkan dipercaya mampu mengatasi tekanan darah tinggi atau hipertensi dan radang sendi. Hal itu pun lantas dibenarkan oleh dr. Nitish Basant Adnani, BMedSc MSc dari KlikDokter

Faktanya, seledri mengandung antioksidan bernama apigenin dan luteonin. Kedua zat tersebut terbukti mampu menurunkan peradangan dan mengatasi beberapa penyakit, seperti nyeri sendi, kolesterol tinggi, dan tekanan darah tinggi. Penelitian tahun 2017 bahkan menemukan bahwa apigenin dan luteonin dalam seledri mampu secara signifikan menekan peradangan paru dan saluran pernapasan pada hewan percobaan.

Tak berhenti di situ, ada pula penelitian yang menelaah soal fungsi dari apigenin dalam meredakan radang sendi pada hewan percobaan. Hasil penelitian menunjukkan, hewan percobaan yang terpapar zat apigenin ternyata mengalami peradangan jaringan yang lebih sedikit ketimbang hewan yang tidak terpapar zat itu sama sekali.

Terkait manfaatnya dalam menurunkan tekanan darah, seledri mengandung zat kimia yang disebut 3-n-butilpftalid (3nB), yang diduga berperan dalam menjaga kestabilan tekanan darah dan pada akhirnya mencegah terjadinya hipertensi.

Manfaat jus seledri untuk kesehatan kulit 

Jika jus seledri terbukti ampuh untuk mengatasi peradangan di dalam tubuh, lalu bagaimana khasiatnya terhadap kulit? Apakah sama baiknya? Ternyata, jus seledri juga dapat memberikan manfaat sehat pada kulit meski tidak secara langsung.

Jus seledri menyehatkan kulit dengan cara meningkatkan kualitas tidur, karena minuman tersebut mengandung magnesium dalam jumlah tinggi. Ya, tidur cukup di malam hari sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit. Selain itu, seledri juga mampu mengembalikan hidrasi.

“Pada dasarnya, semua jenis sayur memiliki vitamin yang sangat baik untuk kesehatan kulit. Jadi, bila ada orang yang rutin mengonsumsi jus seledri ataupun jus sayur lainnya, itu memang bisa memberikan manfaat positif terhadap kondisi kulitnya,” jelas dr. Alvin Nursalim, SpPD dari KlikDokter.

Lebih lanjut, dr. Alvin mengatakan bahwa Anda perlu mengonsumsi sajian jus sayur yang bervariasi jika ingin benar-benar memperbaiki kondisi kulit. Dengan kata lain, konsumsi jus seledri mesti dikombinasikan dengan jus sayur lain agar pasokan vitamin ke tubuh semakin lengkap.

“Jus seledri memang baik. Namun, jika ingin hasil yang maksimal, dapatkan juga vitamin-vitamin lain dari jus sayur dan buah yang bervariasi. Jangan lupakan perawatan dari luar dengan menggunakan produk perawatan yang sesuai,” dr. Alvin menambahkan.

Jus seledri membawa banyak kebaikan bagi tubuh. Tak hanya bikin kulit mulus, tapi juga bisa menghentikan proses peradangan yang ada di dalam tubuh. Nah, supaya efektivitas jus seledri bisa benar-benar Anda rasakan, jangan lupa untuk mengombinasikannya dengan penerapan gaya hidup sehat, berolahraga, konsumsi makanan bergizi seimbang, kelola stres dengan baik, dan cukup istirahat.

(NB/ RVS)

PeradanganSeledrikulit muluskulitjus sayurJus Seledri

Konsultasi Dokter Terkait