Menu
KlikDokter
Icon Search
Icon LocationTambah Lokasi KamuIcon Arrow
HomeGaya hidupDiet dan Nutrisi10 Manfaat Minum Jus Seledri bagi Kesehatan
Diet dan Nutrisi

10 Manfaat Minum Jus Seledri bagi Kesehatan

Krisna Octavianus Dwiputra, 25 Jan 2024

Ditinjau oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Kamu yang selama ini menyepelekan seledri, sekarang harus berpikir ulang. Ada deretan manfaat bagus ketika seledri dijadikan jus.

10 Manfaat Minum Jus Seledri bagi Kesehatan

Apa yang pertama kali kamu bayangkan ketika mendengar kata “seledri”? Pasti banyak yang berpikir seledri hanyalah bahan pelengkap saat kamu makan bakso atau bubur ayam. Namun, tahukah kamu bahwa seledri bisa dibuat menjadi jus seledri dan memiliki manfaat yang luar biasa?

Sayuran bernama Latin Apium graveolens ini biasanya menjadi elemen kecil untuk menambah aroma sebuah makanan. Tak banyak terpikir untuk menjadikan seledri bahan utama untuk membuat minuman jus.

"Sebenarnya, seledri cukup bagus untuk kesehatan. Jus seledri memiliki segudang manfaat karena kandungannya untuk kesehatan,” ujar Amy Shapiro, R.D., pendiri Real Nutrition.

Dilansir dari Women's Health, berikut manfaat luar biasa dari jus seledri.

1. Menjaga Hidrasi Tubuh

Jus seledri bisa menjaga tubuh kamu tetap terhidrasi dengan baik. Itu karena seledri utuh memiliki kandungan air yang banyak sehingga kamu akan mendapatkan cairan yang cukup ketika kamu meminumnya.

2. Kurangi Kembung

Mengonsumsi 1 sampai 2 cangkir jus seledri dalam sehari dapat membantu mengurangi rasa kembung.

“Beberapa orang mungkin mendapat manfaat dari minum jus seledri jika mereka merasa kembung,” Shapiro menjelaskan. Menurutnya, seledri adalah diuretik alami. Seledri akan melepaskan retensi air sambil menjaga kamu tetap terhidrasi.

3. Kaya Antioksidan

Shapiro mengatakan bahwa seledri juga mengandung antioksidan dan antiinflamasi. Nutrisi ini dapat membantu kamu merasa lebih baik sekaligus melawan penyakit.

4. Sumber Magnesium yang Baik

Shapiro menyebut bahwa seledri mengandung tinggi magnesium. Selain itu, kandungan sarinya juga dapat meningkatkan kesehatan otot, pencernaan, dan membuat tidur menjadi nyenyak.

"Seledri juga kaya akan nitrat, yang membantu melebarkan pembuluh darah, meningkatkan sirkulasi darah, dan menurunkan tekanan darah. Seledri juga memiliki sifat antiinflamasi yang menjaga kesehatan usus dan mengatur pencernaan," ungkap Shapiro.

5. Rendah Gula dan Kalori

Dari satu cangkir jus seledri utuh ternyata hanya mengandung 1 gram gula. Bahkan jika meminum 4 atau 5 cangkir seledri utuh, kamu akan tetap mengonsumsi lebih sedikit gula daripada yang ada dalam segelas jus jeruk.

Rata-rata, segelas jus jeruk mengandung sekitar 7 gram gula. Selain itu, kabar baiknya adalah satu cangkir jus seledri hanya mengandung sekitar 15 kalori.

6. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Jus seledri dapat meningkatkan kesehatan kulit melalui kandungan nutrisi seperti vitamin A, yang mendukung regenerasi sel-sel kulit dan elastisitas.

Vitamin C dalam seledri berperan sebagai antioksidan yang melawan radikal bebas, mendukung produksi kolagen, dan melindungi kulit dari kerusakan lingkungan.

Antioksidan dan sifat antiinflamasi dari seledri sendiri juga dapat membantu mengurangi peradangan pada kulit, sementara kandungan airnya menjaga hidrasi. Perlu diingat bahwa hasil dapat bervariasi sesuai dengan jenis kulit individu.

7. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Kesehatan tulang dapat ditingkatkan melalui konsumsi jus seledri, yang mengandung nutrisi khusus yang mendukung tujuan tersebut.

Kandungan vitamin K dalam seledri memegang peran penting dalam membentuk dan menjaga kepadatan tulang. 

Kandungan vitamin K dalam seledri juga dapat mendukung kesehatan tulang dan membantu pencegahan osteoporosis.

Oleh karena itu, jus seledri dapat memberikan dukungan bagi kesehatan tulang dengan melibatkan nutrisi esensial ini.

8. Menyokong Fungsi Ginjal

Seledri dianggap memiliki sifat diuretik ringan yang dapat membantu membersihkan ginjal dan mendorong pengeluaran zat-zat berbahaya melalui urin. Jus seledri diyakini dapat mendukung kesehatan ginjal dengan sifat diuretik ringannya.

Namun, perlu diingat bahwa sebelum melakukan perubahan signifikan dalam pola makan, terutama jika ada masalah kesehatan yang sudah ada, disarankan untuk berkonsultasi dengan profesional kesehatan ya!

9. Mengurangi Kolesterol

Jus seledri dianggap memiliki potensi untuk mengurangi kadar kolesterol, terutama kolesterol jahat atau Low-Density Lipoprotein (LDL).

Mengonsumsi jus seledri dapat mendukung kesehatan jantung dengan menurunkan tingkat kolesterol yang berpotensi merugikan.

Namun, tetap disarankan untuk kamu menjaga pola makan seimbang dan beragam serta berkonsultasi dengan profesional kesehatan sebelum melakukan perubahan signifikan dalam diet.

10. Meningkatkan Kualitas Tidur

Jus seledri dikatakan memiliki potensi untuk meningkatkan kualitas tidur. Beberapa penelitian menyatakan bahwa seledri mengandung senyawa-senyawa tertentu yang dapat berperan dalam memperbaiki kualitas tidur dan mengurangi gejala insomnia.

Seledri juga disarankan agar dimakan secara utuh. Itu karena manfaat serat akan lebih didapatkan ketika memakan sayuran secara utuh selain dijadikan jus.

Satu hal yang perlu kamu hindari, jangan menambahkan gula pada jus seledri kamu agar manfaat sehatnya benar-benar bisa kamu rasakan.

Ingin tahu lebih banyak informasi seperti ini? Download aplikasi KlikDokter untuk mendapatkan berbagai informasi untuk bantu #JagaSehatmu! Kamu juga bisa menggunakan fitur Tanya Dokter danTemu Dokterdi aplikasi KlikDokter untuk konsultasi dan booking dokter yang lebih mudah.

SeledriantioksidanAntiinflamasiJus Seledri

Konsultasi Dokter Terkait

Tanya Dokter