Menu
KlikDokter
Icon Search
Icon LocationTambah Lokasi KamuIcon Arrow
HomeGaya hidupDiet dan Nutrisi20 Manfaat Melimpah Seledri untuk Kesehatan Tubuh
Diet dan Nutrisi

20 Manfaat Melimpah Seledri untuk Kesehatan Tubuh

Aprinda, 07 Jul 2023

Ditinjau oleh dr. Dyah Novita

Icon ShareBagikan
Icon Like

Dikenal sebagai penyedap, seledri ternyata kaya akan manfaat. Apa saja manfaat daun hingga batang seledri?

20 Manfaat Melimpah Seledri untuk Kesehatan Tubuh

Seledri pastinya sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Sayuran yang biasa dipakai sebagai penyedap alami ini memiliki berbagai manfaat bagi tubuh karena kandungan serat, vitamin, dan mineralnya.

Daun seledri kerap kali digunakan dalam berbagai masakan sebagai penambah aroma. Namun, tidak hanya daunnya saja yang dapat dimanfaatkan, batang seledri pun dapat kamu konsumsi, lho.

Baik daun seledri maupun batang seledri, keduanya sama-sama dapat dikonsumsi secara langsung ataupun diolah menjadi jus. Bedanya, bagian batang seledri tidak sepopuler bagian daunnya.

Berikut ini berbagai manfaat seledri baik dari daun maupun batangnya untuk kesehatan tubuh:

1. Sumber Nutrisi dan Vitamin

Seledri menyimpan berbagai vitamin dan mineral di dalamnya. Sebanyak 100 gram seledri, mengandung zat gizi, seperti:

  • Protein: 1 gram
  • Lemak: 0.1 gram
  • Karbohidrat: 4.6 gram
  • Serat: 2.0 gram
  • Kalsium: 50 mg
  • Fosfor: 40 mg
  • Besi: 1.0 mg
  • Natrium: 64 mg
  • Kalium: 258.8 mg
  • Tembaga: 0.08 mg
  • Zink: 0.4 mg
  • Beta-Karoten: 63 mcg
  • Thiamin (Vit. B1): 0.03 mg
  • Riboflavin (Vit. B2): 0.07 mg
  • Niasin (Vit. B3): 0.4 mg
  • Vitamin C (Vit. C): 11 mg

2. Cegah Sembelit

Makan batang seledri memiliki manfaat untuk pencernaan karena kandungan serat yang ada di dalamnya. Serat akan membantu melancarkan pergerakan usus sehingga ampuh mencegah sembelit.

Serat menjaga tekstur feses tetap lunak sehingga memudahkannya melewati usus besar. Dengan begitu, feses lebih mudah dikeluarkan dari tubuh.

3. Menyehatkan Lambung

Tak hanya itu, batang seledri juga mengandung pektin. Nah, pektin ini baik untuk memperbaiki lapisan lambungmu.

Lambung adalah organ yang paling rentan mengalami masalah. Entah karena kadar asam lambung yang terlalu tinggi, maupun infeksi bakteri yang bisa menyebabkan luka. Khasiat daun seledri ini juga bisa didapatkan orang dengan masalah lambung.

4. Menurunkan Berat Badan

Jika kamu ingin menurunkan berat badan, kamu bisa coba minum jus seledri supaya bisa dapat manfaatnya. 

Jus batang seledri merupakan minuman rendah kalori. Pada 475 mililiter jus seledri, terkandung sekitar 85 kalori saja. Oleh sebab itu, minuman ini dipercaya bisa menurunkan berat badan.

Keberhasilan diet tidak cuma dengan konsumsi seledri saja. Kamu perlu mengurangi total kalori per harinya dan diimbangkan dengan aktivitas fisik yuang sesuai.

5. Melawan Radikal Bebas

Ada sekitar 12 jenis antioksidan pada batang seledri, di antaranya beta-karoten dan flavonoid.

Antioksidan berperan dalam melawan radikal bebas yang bisa menyebabkan stres oksidatif yang berujung dengan kerusakan sel. Radikal bebas ada pada polusi, asap rokok, proses metabolisme tubuh, dan sinar ultraviolet.

Dengan adanya radikal bebas dari seledri, sel-sel tubuhmu akan terlindungi dari kerusakan.

6. Menurut Risiko Penyakit Kanker

Sudah dijelaskan jika radikal bebas dapat menyebabkan kerusakan sel. Nah, rusaknya sel bisa memicu fungsi sel menjadi abnormal.

Sel yang rusak terus membelah dan tidak mati. Hal ini menyebabkan penumpukan sel dan bisa membentuk massa yang kamu kenal dengan sebutan tumor. Nah, tumor bisa menjadi penanda adanya sel kanker pada tubuh.

Dilihat dari fungsi antioksidan pada seledri, dapat disimpulkan bahwa seledri punya potensi dalam menurunkan risiko kanker.

7. Menambah Imunitas Tubuh

Olahraga Low Impact yang Cocok untuk Pemula

Berbagai kandungan antioksidan dan vitamin C pada batang dan daun seledri memberi manfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Mengonsumsi makanan kaya antioksidan dan vitamin bisa membantu kamu lebih cepat pulih dari infeksi.

Jadi, vitamin C diketahui dapat meningkatkan produksi antibodi oleh sel darah putih. Antibodi inilah yang digunakan tubuh untuk melawan infeksi.

Artikel Lainnya: Tingkatkan Sistem Imun Anda dengan Aktivitas Ini

8. Baik untuk Kesehatan Jantung

Batang seledri mengandung senyawa 3-N-butylphthalide yang dapat menurunkan hormon stres, sehingga bisa menurunkan tekanan darah. Selain itu, senyawa ini juga dapat menurunkan kolesterol jahat hingga 7 persen.

Namun, khasiat daun dan batang seledri dalam mencegah penyakit jantung baru terbukti pada tikus. Oleh karena itu dibutuhkan penelitian lebih lanjut mengenai manfaatnya pada manusia.

9. Meningkatkan Kesuburan Pria

Siapa sangka, batang maupun daun seledri juga memiliki manfaat dan khasiat untuk kesuburan pria? Kandungan antioksidan dalam seledri bisa mengatasi radikal bebas yang dapat merusak kualitas sperma.

Konsumsi makanan tinggi antioksidan biasanya menjadi rekomendasi dokter untuk pasangan yang merencanakan kehamilan.

10. Mencegah Dehidrasi

Perlu diketahui bahwa kandungan air pada seledri mencapai hingga 95 persen. Oleh karenanya, konsumsi seledri bisa membantu mencegah dehidrasi.

Tercukupinya kebutuhan cairan bisa membantu sel-sel tubuh bekerja secara optimal. Ini mendukungmu untuk tetap aktif menjalani hari.

11. Cegah Diabetes dan Komplikasinya

Flavonoid dalam seledri (apigenin, luteolin, dan fenolik) melindungi terhadap kerusakan oksidatif pada sel beta pankreas. Sel-sel ini bertanggung jawab untuk memproduksi insulin dan mengatur kadar glukosa.

Apigenin, khususnya, dapat membantu memperlambat perkembangan diabetes dengan mencegah katarak, retinopati (kebutaan), dan neuropati (penurunan sensasi pada tangan dan kaki).

Seledri juga tinggi quercetin, antioksidan kuat yang meningkatkan penyerapan glukosa di hati dan merangsang sekresi insulin.

Semua manfaat tersebut membantu kamu mencegah diabetes. Bahkan, bantu mengelola gejala dan keparahan pada diabetesi.

12. Melindungi Kesehatan Mata

Vitamin C dan vitamin E pada seledri adalah antioksidan kuat yang membantu mencegah degenerasi makula terkait usia, yakni penyebab umum kehilangan penglihatan. 

Di samping itu, lutein dan zeaxanthin pada seledri juga melindungi retina dari kerusakan. Dapat disimpulkan bila rutin mengonsumsi seledri dapat memberi manfaat melimpah pada kesehatan mata.

13. Mencegah Bayi Lahir Cacat

Seledri adalah sumber folat yang baik. Zat gizi ini sangat penting untuk ibu hamil selama tahap awal perkembangan janin.

Untuk meminimalkan risiko cacat tabung saraf dan kelahiran prematur, suplemen folat direkomendasikan untuk semua wanita usia subur. Makan sayuran hijau, seperti seledri, juga dapat membantu menyediakan folat yang dibutuhkan untuk kehamilan yang sehat.

14. Merangsang Pertumbuhan Rambut

Rambut rontok adalah keluhan umum pada banyak orang. Pada kasus parah, kerontokan bisa menyebabkan kebotakan.

Penelitian yang dilakukan oleh mahasiswa Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri menyebutkan seledri memberikan manfaat untuk merangsang pertumbuhan rambut.

Dengan kata lain, nutrisi seledri bisa mencegah terjadinya kebotakan. Karena manfaatnya ini, seledri sering dijadikan perawatan alami untuk rambut bayi dan digunakan sebagai bahan dasar produk rambut.

Artikel Lainnya: Daftar Makanan yang Baik untuk Kesehatan Rambut

15. Meredakan Jerawat

jerawat

Meskipun tidak ada penelitian yang mendukung anggapan bahwa jus seledri mengobati jerawat, jus seledri dapat meredakan gejala jerawat karena alasan lain.

Jus seledri rendah gula bisa bermanfaat untuk kamu yang sedang berusaha mengurangi minuman manis seperti soda, kopi spesial, dan minuman berenergi. Penelitian mengaitkan diet gula tinggi dengan peningkatan jerawat dan diet rendah glikemik dengan penurunan jerawat.

Diet glikemik rendah menekankan makanan yang tidak meningkatkan kadar gula darah kamu dengan cepat. Ini termasuk makanan kaya serat seperti sayuran, biji-bijian, lentil, kacang-kacangan, dan buah-buahan tertentu seperti beri, apel, dan pir.

Jika kamu mengganti minuman manis dengan jus seledri, keparahan jerawat dapat berkurang.

Selain itu, jus seledri kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan yang dapat membantu menurunkan peradangan.

Mengingat jerawat adalah kondisi peradangan, mengonsumsi makanan antiadang dapat mengurangi stres oksidatif dan kadar hormon seperti faktor pertumbuhan seperti insulin-1 (IGF-1) yang berkontribusi terhadap jerawat.

16. Menjaga Kesehatan Ginjal

Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekstrak seledri dapat menghancurkan batu ginjal pada tikus. Manfaat seledri untuk kesehatan ginjal ini berasal dari senyawa antioksidan yang disebut apigenin.

Meski sudah diamati khasiatnya, kamu perlu konsultasi dengan dokter jika ingin memasukkan jus seledri atau ekstrak seledri sebagai pengobatan batu ginjal.

17. Menurunkan Risiko Penyakit Degeneratif

Penyakit degeneratif, seperti penyakit jantung, diabetes, radang sendi, osteoporosis, dan kanker. Penyakit ini akan semakin bertambah besar risikonya seiring menuanya usia.

Salah satu manfaat yang bisa kamu dapatkan dari makan seledri yaitu tekanan darah normal. Beberapa penelitian menyatakan bahwa konsumsi seledri punya manfaat baik untuk orang yang punya tekanan darah tinggi. 

Alasannya, karena seledri mengandung antioksidan, mineral, dan vitamin yang menjaga sel tetap sehat, rendah kalori, dan punya aktivitas antiradang.

18. Menghidrasi Kulit

Jus seledri sebagian besar terdiri dari air dan dapat membantu menghidrasi kulitmu.

Minum cukup cairan sepanjang hari membantu menjaga tingkat hidrasi agar sel-sel kulit Anda tetap terjaga dengan baik. Saat mengalami dehidrasi, kulitmu mungkin mulai terlihat kusam, yang meningkatkan garis-garis halus dan kerutan.

Terhidrasi secara terus-menerus penting untuk kesehatan secara keseluruhan dan membantu kulitmu tampak segar.

19. Jaga Kesehatan Otak

Penurunan fungsi otak dapat disebabkan oleh peradangan akibat radikal bebas. Untuk itulah, menjaga kesehatan bisa kamu lakukan dengan mengonsumsi makanan kaya antioksidan, seperti seledri.

Selain antioksidan, seledri juga punya antiradang yang memberi manfaat baik untuk kesehatan otak.

20. Mengoptimalkan Fungsi Saraf

Sistem saraf berfungsi untuk menerima dan menyalurkan impuls agat tubuh bisa memberikan respons. Tanpa adanya sistem saraf, tubuh tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya.

Agar sistem saraf dapat bekerja dengan baik, tubuh membutuhkan vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, dan berbagai mineral lainnya. Nah, untuk mencukupi kebutuhan tersebut, kamu bisa mengonsumsi seledri.

Artikel Lainnya: 7 Jenis Vitamin yang Baik untuk Menjaga Fungsi Otak

Sangat banyak manfaat makan seledri untuk kesehatan tubuh, bukan? Untuk itu, jangan lewatkan sayuran ini dalam menu makan kamu.

Ingin tahu lebih banyak informasi seperti ini? Download aplikasi KlikDokter untuk mendapatkan berbagai informasi untuk bantu #JagaSehatmu! Kamu juga bisa menggunakan fitur Tanya Dokter di aplikasi KlikDokter untuk konsultasi lebih mudah.

(NM)

Seledri

Konsultasi Dokter Terkait

Tanya Dokter