Kulit

Daftar Makanan yang Baik untuk Kesehatan Rambut

dr. Adeline Jaclyn, 20 Mei 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Kesehatan rambut bisa dijaga melalui asupan makanan Anda. Mari ketahui berbagai makanan yang baik untuk kesehatan rambut berikut ini!

Daftar Makanan yang Baik untuk Kesehatan Rambut

Bagi pria maupun wanita, punya rambut oke pasti menjadi impian. Tak heran bila banyak perawatan rambut pria dan wanita yang populer digunakan, misalnya kondisioner, serum rambut, dan sebagainya.

Nah, kunci memperoleh tampilan yang indah bermula dari terjaganya kesehatan rambut. Faktanya, beberapa makanan bisa diandalkan untuk menjaga rambut agar tetap sehat, lho.

Ada beberapa jenis makanan untuk kesehatan rambut yang perlu dikonsumsi. Jadi, selain memberikan perawatan dari luar, Anda juga bisa mengonsumsi beberapa makanan yang bagus untuk rambut. 

Simak daftar makanan yang baik untuk rambut berikut ini:

1. Ikan berlemak

Ikan berlemak seperti salmon, tuna, dan sarden adalah sumber asam lemak tidak jenuh (omega-3). Penelitian membuktikan, omega-3 termasuk sebagai jenis asam lemak yang terbukti dapat mengurangi rambut rontok.

Tidak perlu khawatir bila di pasar atau supermarket sedang tidak ada ikan salmon. Ikan kembung yang lebih mudah diperoleh juga mengandung omega-3 dalam jumlah yang cukup tinggi. 

Artikel Lainnya: Kenapa Mengikat Rambut Terlalu Lama Bisa Bikin Sakit Kepala?

2. Kacang-Kacangan

Folikel rambut tersusun dari protein. Oleh sebab itu, salah satu nutrisi penting untuk menjaga kesehatan rambut adalah konsumsi sumber protein dalam jumlah yang cukup.

Salah satu sumber protein yang baik adalah kacang-kacangan. Jenis kacang apa pun bisa diandalkan, seperti kacang merah, kacang tanah, dan kacang hitam.

Asam amino yang terkandung di dalam makanan tersebut dapat membuat rambut lebih kuat dan tampak sehat.

3. Brokoli

Makanan untuk rambut sehat berkilau berikutnya adalah brokoli. Siapa yang tidak kenal sayuran hijau yang sehat ini? Brokoli memiliki kandungan enzim indole-3-carbinol (I3C) yang bersifat sebagai antioksidan kuat.

Dengan kandungan tersebut, brokoli memberikan manfaat berupa perlindungan struktur DNA di berbagai sel tubuh, termasuk sel rambut. Dengan begitu, sel rambut juga akan terjaga dari oksidan.

4. Wortel

Salah satu vitamin yang bisa menyehatkan rambut adalah vitamin A. Vitamin A sangat baik dalam perkembangan sel kulit, termasuk sel rambut sebagai salah satu bagian dari kulit.

Wortel adalah sumber provitamin A dalam jumlah yang tinggi. Makanan sehat ini juga mudah diolah, misalnya menjadi sup, salad, atau bahkan kue. Wortel bisa membantu memenuhi nutrisi untuk rambut.

Artikel Lainnya: Tak Sengaja Menelan Rambut Saat Makan, Berbahayakah?

5. Kedelai

Bahan dasar tahu dan tempe ini juga merupakan sumber protein yang sangat baik. Kandungan isoflavon di dalamnya menjadi primadona, karena mampu menangkal radikal bebas. 

Selain baik dari segi kandungan protein, kandungan antioksidan yang ada di dalam kedelai dapat menjaga kesehatan dan kekuatan rambut.

6. Telur

Telur kaya akan biotin, yaitu suatu zat yang memiliki peran dalam proses pertumbuhan rambut. Salah satu gejala kekurangan biotin adalah kebotakan (alopecia) dan penipisan rambut.

Oleh sebab itu, telur menjadi salah satu makanan wajib untuk menjaga rambut agar tetap sehat, kuat, dan berkilau.

7. Susu Sapi dan Produk Turunannya

Selain kaya akan kalsium, susu sapi dan turunannya (keju, mentega, yoghurt, dan lainnya) merupakan sumber mineral seng (Zn) yang melimpah. 

Seng sendiri merupakan komponen penting dalam proses pertumbuhan rambut. Saat terjadi kekurangan seng, rambut mudah kusam dan rontok. Susu dan produk turunannya bisa menjadi solusi makanan untuk kesehatan rambut.

Artikel Lainnya: Ingin Rambut Sehat dan Kuat, Coba Gunakan Susu

8. Sayuran Hijau Tua

Sayuran berwarna hijau tua seperti bayam, sawi hijau, dan kale merupakan sumber vitamin C, zat besi, serta folat yang baik. 

Vitamin yang bisa menyehatkan rambut salah satunya vitamin C. Manfaat vitamin C untuk rambut tak hanya untuk meregenerasi sel, namun juga berperan dalam produksi sebum (minyak).

Sebum di folikel rambut berfungsi sebagai pelembap alami bagi rambut. Dalam jumlah yang tepat, sebum sangat menjaga kesehatan rambut.

9. Gandum

Selain mengandung banyak serat, gandum memiliki kandungan zat besi dan kaya vitamin B. Kedua vitamin dan mineral ini bermanfaat untuk kesehatan sel tubuh secara keseluruhan, termasuk sel rambut.

Konsumsi makanan mengandung gandum secara rutin dapat membantu memenuhi nutrisi untuk rambut. Tak lupa, rawatlah rambut dengan perawatan yang sesuai jenis rambut Anda, ya.

Artikel Lainnya: Tak Cuma Bagus untuk Tubuh, Ini Manfaat Gandum untuk Kecantikan

10. Jambu Biji

Salah satu buah yang bagus untuk rambut adalah jambu biji. Buah yang populer dibuat jus ini merupakan sumber makanan kaya vitamin C. Di dalam 1 cangkir buah jambu biji terkandung vitamin C hingga 377 miligram! 

Manfaat vitamin C jambu biji berguna untuk produksi sebum dan menjaga kekuatan rambut agar tidak mudah rontok.

11. Pisang

Selain jambu biji, buah yang baik untuk rambut adalah pisang. Buah pisang yang mengandung potassium dapat membantu rambut lebih lembut dan mudah diatur. 

Buah pisang juga dapat melindungi rambut dari kerusakan dan ujung yang bercabang. Bahkan, pisang adalah buah terbaik untuk pertumbuhan rambut. Agar rambut bisa lebih lebat, makan pisang dapat membantu.

12. Persik

Buah persik juga menjadi buah yang bagus untuk rambut. Makan persik (peach) dapat membantu rambut lebih lebat. 

Buah persik mengandung biotin yang dapat menstimulasi perkembangan rambut. Biotin juga dapat memperkuat dan melindungi kulit kepala.

Selain itu, buah-buahan yang sangat bermanfaat untuk rambut lainnya yaitu strawberry, apel, dan jeruk. 

Itulah berbagai makanan yang bagus untuk rambut. Selain mengandalkan perawatan dari luar, jangan lupakan juga asupan nutrisi dari dalam! 

Temukan informasi kesehatan dan tips perawatan rambut lainnya dengan membaca artikel di aplikasi KlikDokter. Mau konsultasi dokter online gratis juga bisa, lho, gunakan Live Chat!

(FR/NM)

Makanan SehatNutrisiKesehatan Rambut

Konsultasi Dokter Terkait