Sukses

Manfaat Minyak Rosehip bagi Tubuh

Minyak rosehip mungkin tak terlalu populer. Namun, minyak ini ternyata menyimpan berbagai khasiat kesehatan! Simak manfaat minyak rosehip di sini.

Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan minyak zaitun, minyak argan, atau minyak kelapa. Namun, bagaimana dengan minyak rosehip atau rosehip oil?

Rosehip oil adalah minyak yang berasal dari biji tumbuhan Rosa moschata Herrm.  Tumbuhan liar ini tingginya dapat mencapai dua meter, dengan bunga berwarna merah muda.

Meski tak banyak dikenal, manfaat rosehip oil bagi tubuh tidak bisa Anda abaikan begitu saja. Berikut daftar manfaatnya untuk Anda.

1. Merawat Luka

Rosehip oil sering digunakan dalam dunia medis untuk perawatan luka. Kandungan asam lemak baiknya dapat mengembalikan permeabilitas (kemampuan sel agar dapat melewati partikel) dalam proses penyembuhan luka.

1 dari 5 halaman

2. Melembapkan Kulit

Rosehip oil dapat menjaga kelembapan kulit, khususnya bagi pemilik kulit kering dan yang bekerja di ruangan ber-AC.

Manfaat rosehip oil untuk kulit kering diperoleh berkat kandungan asam lemak di dalamnya, yang dapat menahan dinding sel kulit agar kelembapan kulit terjaga.

Dibandingkan dengan losion, rosehip oil tidak memiliki bau yang menyengat dan mudah menyerap. Plusnya lagi, minyak ini mengandung antioksidan yang mampu masuk ke lapisan kulit bagian dalam.

Artikel Lainnya: Manfaat Minyak Biji Anggur untuk Kesehatan Tubuh

3. Mengurangi Peradangan

Minyak rosehip mengandung antioksidan seperti vitamin E, antosianin, dan polifenol yang merupakan antiperadangan.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kapsul bubuk rosehip dapat mengurangi keluhan nyeri akibat osteoartritis pada 145 pasien yang diuji. Efek ini didapat dalam waktu yang yang singkat, yakni 3-4 bulan.

Meski demikian, penelitian lanjutan dalam skala besar masih dibutuhkan untuk melihat efek jangka panjangnya.

2 dari 5 halaman

4. Membantu Menyamarkan Bekas Luka dan Stretch Mark

Manfaat minyak rosehip dalam proses penyembuhan luka sudah tak diragukan lagi. Studi ini pernah dilakukan Pedro Valeran di Spanyol pada 2015.

Menurutnya, penggunaan minyak rosehip murni pada pasien pascapembedahan wajah menghasilkan penyembuhan luka yang lebih baik, dibanding pasien yang tidak menggunakannya.

Hasilnya, bekas luka bisa tersamarkan dan warna kulit menjadi lebih merata pada penggunaan minyak rosehip secara teratur dalam kurun waktu 12 minggu.

Masalah stretch mark dapat muncul, baik pada pria maupun wanita. Biasanya keluhan ini muncul apabila ada lonjakan berat badan yang berlebih, seperti pada ibu hamil yang menyebabkan elastisitas kulit berubah. Rosehip oil dinilai baik untuk menangani masalah kulit yang satu ini.

Artikel Lainnya: Manfaat Minyak Zaitun untuk Wajah yang Perlu Anda Tahu

5. Meredakan Stres

Meski dimanfaatkan dalam bentuk topikal, minyak rosehip dapat juga digunakan sebagai campuran aromaterapi.

Seperti yang sudah diketahui, penggunaan aromaterapi dalam bentuk minyak maupun lilin bisa membantu mengurangi stres dan mengatasi kelelahan.

3 dari 5 halaman

6. Melindungi dari Sinar Matahari

Sinar matahari adalah salah satu penyebab penuaan dini. Selain itu, paparan sinar UV dapat mengganggu tubuh memproduksi kolagen.

Rosehip oil punya banyak kandungan antioksidan, antara lain vitamin A, vitamin C, dan vitamin E. Kandungan vitamin tersebut telah terbukti dapat mengurangi efek negatif dari paparan sinar UV.

Kendati demikian, minyak ini tidak bisa menggantikan fungsi penggunaan tabir surya.

7. Mengobati Eksim

Eksim adalah kondisi peradangan kulit yang menyebabkan kulit kering, bintik merah, gatal, dan iritasi.

Kandungan antioksidan yang tinggi dalam rosehip oil bisa membantu melawan peradangan sehingga mengurangi keparahan eksim.

Artikel Lainnya: Manfaat Minyak Cengkeh untuk Menghilangkan Jerawat Punggung

 

4 dari 5 halaman

8. Membersihkan Riasan Wajah

Pembersih wajah sebagian besar mengandung bahan kimia yang dapat membuat kulit menjadi kering dan sensitif.

Nah, minyak ini dapat digunakan sebagai alternatif yang baik. Khasiat rosehip oil bisa membersihkan sekaligus menjaga kelembapan kulit. 

9. Mengatasi Jerawat

Tidak hanya menyamarkan scar akibat jerawat, rosehip juga dapat mencegah terbentuknya jerawat.

Minyak ini membersihkan kulit dengan mengatur produksi sebum. Ditambah kandungan asam linoleatnya yang dapat mencegah pembentukan komedo.

10. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Minyak rosehip kaya antioksidan serta asam lemak tidak jenuh, seperti asam linoleat. Senyawa ini sangat penting demi mencegah rusaknya membran sel kulit. Lapisan sel kulit yang baik dapat berperan sebagai “benteng” untuk mencegah masuknya bakteri dari kulit.

Dalam penelitian pada hewan dan manusia, rosehip bubuk telah terbukti dapat meningkatkan kekuatan dan umur sel.

Kegunaan rosehip oil bagi tubuh dan kesehatan ternyata sangat beragam, ya. Meski demikian, risiko alergi terhadap kandungannya dapat terjadi pada beberapa orang, khususnya bagi pemilik kulit sensitif.

Oleh sebab itu, sebelum menggunakannya pada kulit, ada baiknya Anda berkonsultasi kepada dokter terlebih dahulu.

Anda bisa berkonsultasi lebih mudah dengan dokter melalui fitur Live Chat 24 jam di aplikasi Klikdokter.

[WA]

0 Komentar

Belum ada komentar