Sukses

Makanan Kaya Protein yang Cocok untuk Bekal Si Kecil ke Sekolah

Ingin supaya kebutuhan protein harian Si Kecil terus terpenuhi? Ini beberapa menu yang bisa Bunda jadikan pilihan.

Klikdokter.com, Jakarta Mencukupi kebutuhan gizi setiap hari adalah hal yang dibutuhkan Si Kecil agar memiliki tumbuh kembang yang optimal. Dalam upaya memenuhi hal tersebut, salah satu tindakan yang bisa Bunda lakukan adalah dengan menyiapkan bekal yang sehat dan bergizi untuk Si Kecil.

Dalam menyiapkan bekal untuk Si Kecil, setiap komponen penting yang ada di dalamnya mesti benar-benar diperhatikan. Tak terkecuali soal makanan mengandung protein yang sebaiknya dikonsumsi Si Kecil setiap hari.

Faktanya, Si Kecil, terutama yang berusia 0–3 tahun sedang mengalami tumbuh kembang yang pesat. Untuk menunjang hal itu, Si Kecil memerlukan asupan gizi yang cukup, salah satunya protein.

Protein adalah golongan zat gizi makro (dibutuhkan dalam jumlah besar) yang memiliki banyak manfaat. Mulai dari membentuk atau memperbaiki sel dan jaringan, membantu kerja sistem saraf dan sistem kekebalan tubuh, sebagai bahan baku untuk membuat enzim dan hormon, juga dapat dimanfaatkan oleh tubuh sebagai energi. Selain itu, protein juga penting untuk organ tubuh lain, seperti pembentukan otot, sel darah, tulang, rambut, kuku dan lainnya.

Mengingat fungsinya yang begitu penting, Bunda sebaiknya selalu berupaya memenuhi kebutuhan protein harian Si Kecil. Jika Si Kecil masih berusia 0–12 bulan, ia membutuhkan 9,1 gram protein setiap hari. Apabila Si Kecil berusia 1–3 tahun, ia butuh 13 gram protein sehari. Sedangkan untuk Si Kecil usia 4–8 tahun membutuhkan 19 gram protein, dan Si Kecil usia 9–13 tahun membutuhkan 34 gram protein setiap hari.

Guna memenuhi kebutuhan tersebut, Bunda dapat memilih protein yang berasal dari hewan (hewani) maupun tumbuhan (nabati).

  • Protein hewani

Telur merupakan sumber protein hewani yang bisa Bunda jadikan pilihan utama. Selain mudah dan cenderung murah, telur mengandung asam amino yang lengkap dan dapat diolah menjadi berbagai menu, mulai dari yang praktis hingga yang rumit.

Selain telur, protein hewani juga bisa didapatkan dari susu, keju dan yoghurt, serta daging sapi, ayam maupun ikan.

  • Protein nabati

Kacang-kacangan, tahu, tempe dan susu kedelai adalah beberapa contoh sumber protein nabati yang bisa Bunda berikan untuk Si Kecil.

Perhatikan ini!

Berikan bekal tinggi protein pada Si Kecil secara bergantian. Maksudnya, Bunda sebaiknya memberikan daging merah bergantian dengan ayam sebanyak dua kali seminggu, ikan dua kali seminggu. Dan, tiga hari sisanya diisi dengan sumber protein lain seperti kacang-kacangan, tahu, tempe atau telur.

Bagaimana dengan susu? Tentu saja, susu dapat diberikan dengan menyesuaikan pilihan menu yang Bunda berikan untuk Si Kecil. Pilihan susu yang tepat, sehat, kaya protein dan praktis untuk diberikan pada Si Kecil adalah Morinaga Chil*Go!.

Morinaga Chil*Go! adalah susu yang siap minum (ready to drink), yang juga merupakan susu steril dalam bentuk cair yang Enak Bernutrisi. Dengan kandungan kolin serta inositol, zat besi, yodium, dan vitamin B kompleks, Morinaga Chil*Go! dapat membantu mendukung kecerdasan multitalenta Si Kecil usia 1–12 tahun.

Morinaga Chil*Go! juga memiliki kandungan serat pangan inulin 1700 miligram untuk mendukung kesehatan saluran cerna dan mengoptimalkan sistem imun tubuh Si Kecil. Susu cair yang tidak mengandung bahan pengawet ini hadir dalam lima pilihan rasa yang disukai Si Kecil, yaitu cokelat, vanila, stroberi, pisang, dan melon madu.

Jadikan Morinaga Chil*Go!  sebagai bagian dari menu sehat yang Bunda berikan sebagai bekal Si Kecil ke sekolah. Sehingga, kebutuhan protein dan gizi harian Si Kecil senantiasa terpenuhi, dan dirinya bisa terus memiliki tumbuh kembang yang optimal.

(NB/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar