Seks

Seks Tahan Lama dengan Obat Semprot Penis, Efektifkah?

dr. Adeline Jaclyn, 05 Feb 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Agar seks tahan lama, apakah obat semprot penis bisa jadi solusi efektif? Simak fungsi obat kuat spray untuk membuat tahan lama di sini.

Seks Tahan Lama dengan Obat Semprot Penis, Efektifkah?

Seks tahan lama penting untuk kepuasan pasangan. Namun, tidak semua pasangan bisa memiliki hubungan intim yang bertahan lama. Penyebab terseringnya adalah ejakulasi dini atau gangguan ereksi.

Untuk mewujudkan durasi hubungan seks yang lama, sebagian kalangan berpendapat penggunaan obat kuat spray bisa jadi solusi. Tapi, efektif dan amankah cara ini?

Obat Semprot Penis, Apa Itu?

Sekitar tahun 2009, tim peneliti dari Amerika Serikat menciptakan spray khusus untuk memperlambat ejakulasi dini

Dengan menyemprotkan spray 5 menit sebelum berhubungan, penderita ejakulasi dini bisa bertahan 5 kali lebih lama saat berhubungan intim.

Semprotan yang dijuluki PSD502 ini mengandung anestesi lidocaine dan prilocaine untuk menangani pria dengan masalah ejakulasi dini tanpa membuat efek mati rasa pada penis. 

Artikel Lainnya: Jangan Sembarangan, Disfungsi Ereksi Harus Ditangani secara Tepat

Cara ini jarang menyebabkan penurunan sensasi pada penis karena diserap cepat.  Obat itu juga tampaknya aman untuk wanita. Hanya sekitar 0,5 persen pasangan wanita melaporkan penurunan rasa atau sensasi di vagina. 

Sementara, tercatat hanya 5 persen wanita merasakan sensasi terbakar, yang mana jarang terjadi.

Studi menunjukkan, pria yang menggunakan PSD502 mampu menunda ejakulasi sekitar 5 kali lebih lama. 

Selain itu, pria yang mengalami ejakulasi rata-rata 36 detik setelah penetrasi vagina mampu menunda ejakulasi selama lebih dari 3 menit setelah 1 bulan pengobatan PSD502, dan selama 3 menit 42 detik setelah 3 bulan pemakaian.

Namun, jangan buru-buru membeli obat kuat spray, ya. Kamu perlu konsultasi dengan dokter terlebih dahulu, karena bisa jadi ada efek samping yang menyertainya.

Bagaimana Efektivitasnya?

Kandungan lidocaine dan prilocaine memang bisa membuat ereksi lebih lama. Akan tetapi, orang dengan tekanan darah tinggi harus berhati-hati dengan obat semprot penis ini.

Masuk akal kalau lidocaine dan prilocaine bisa membuat pria ereksi lebih lama. Karena, dua bahan itu bisa memberikan efek pembuluh darah mengecil. Ketika pembuluh darah mengecil, kondisi ini membantu ereksi pria di sekitar penis. 

Artikel Lainnya: Penyakit Kulit yang Bisa Jadi Penyebab Gangguan Ejakulasi

Adakah Efek Samping Obat Kuat Spray?

Menurut penelitian, sebanyak 4 dari 26 pria mengalami rasa kebas pada penis dan 1 orang merasakan disfungsi ereksi. Selain itu, terdapat satu orang yang mengalami rasa terbakar saat berhubungan seksual. 

Di samping itu, pria dengan tekanan darah tinggi yang diberikan lidocaine dapat mengalami peningkatan tekanan darah di sekitar penis. Ini bisa berbahaya.

Konsultasikan dengan dokter Kamu jika punya kondisi medis tertentu. Lalu, bicarakan dengan pasangan mengenai kondisi Kamu. 

Katakan juga hal-hal  yang bisa membuat Kamu menunda ejakulasi. Tujuannya agar Kamu relaks, sehingga peluang ejakulasi dini akan berkurang.

Konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan solusi terbaik mengenai masalah ereksi dan ejakulasi. 

Bisa jadi Kamu sebenarnya tidak memerlukan obat kuat spray tahan lama, melainkan hanya perlu menjalankan pola hidup sehat. Gunakan Live Chat dokter andrologi di aplikasi KlikDokter untuk konsultasi lebih mudah.

(FR/AYU)

Referensi:

  • WebMD. Diakses 2022. Spray for Premature Ejaculation Helps.
SeksReproduksi priaEjakulasi Dini

Konsultasi Dokter Terkait