Sukses

Waktu Terbaik Olahraga untuk Menurunkan Berat Badan

Dampak pemilihan waktu olahraga mungkin lebih besar dari yang Anda kira. Kapan waktu terbaik olahraga untuk menurunkan berat badan?

Klikdokter.com, Jakarta Saat berolahaga untuk menurunkan berat badan, kebanyakan orang fokus pada intensitas dan durasi, bukan pemilihan waktu. Padahal, ada waktu terbaik olahraga yang lebih efektif untuk mencapai tujuan tersebut. Kapan, ya?

Kapan waktu yang tepat olahraga untuk menurunkan berat badan ini menjadi sebuah fokus sebuah studi yang baru saja dipublikasikan di jurnal medis “Obesity”. Pada studi yang meneliti 375 partisipan dewasa yang sukses mempertahankan berat badan dan terlibat dalam aktivitas fisik intensitas sedang-berat, sebagian besar melaporkan konsistensi waktu berolahrga, yaitu pagi hari.

Studi tersebut juga menemukan bahwa konsisten pada pemilihan waktu untuk berolahraga berkaitan dengan tingkat aktivitas fisik yang lebih tinggi, terlepas apakah waktu olahraganya pagi, siang atau sore, atau malam hari.

Peneliti berharap, temuan studi tersebut dapat berlanjut menjadi studi eksperimental untuk menentukan apakah konsistensi pemilihan waktu berolahraga dapat membantu seseorang mencapai dan mempertahankan tingkat aktivitas fisik yang lebih tinggi.

“Selain itu, penting juga untuk bisa menentukan apakah ada waktu spesifik yang lebih menguntungkan individu yang dengan tingkat aktivitas fisik awal yang rendah untuk mengembangkan kebiasaan berolahraga,” kata Leah Schumacher, PhD, penulis utama studi dari Brown Alpert Medical School, Amerika Serikat, seperti dilansir di ScienceDaily.

Hasil studi tersebut berbeda dengan studi sebelumnya yang dimuat di jurnal “Current Biology” tahun lalu. Di situ disebutkan bahwa ritme sirkadian memengaruhi pembakaran kalori. Pada ritme normal (terjaga siang hari dan istirahat malam hari), peneliti menemukan bahwa tubuh membakar kalori 10 persen lebih banyak saat sore hari dibandingkan pada pagi, siang, atau malam hari.

Jadi, kapan waktu olahraga terbaik?

Dari KlikDokter, dr. Dyan Mega Inderawati mengatakan bahwa dalam dunia medis tidak ada penelitian yang bisa dengan pasti menentukan kapan waktu terbaik untuk berolahraga.

“Perbedaan dalam pemilihan waktu tersebut hanya berdampak pada konsekuensi yang muncul dari masing-masing pilihan waktu,” kata dr. Dyan.

Waktu paling populer seseorang untuk berolahraga adalah pagi atau malam hari. Jika Anda masih bingung untuk menentukan waktu olahraga terbaik, penjelasan di bawah ini mungkin akan membantu Anda memutuskan.

1 dari 2 halaman

Kelebihan dan kekurangan olahraga pada pagi hari

Pagi hari adalah pilihan waktu yang tepat bagi Anda yang sulit menjaga konsistensi dalam berolahraga. Kata dr. Dyan, ada sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa orang-orang yang berolahraga pada pagi hari cenderung lebih bisa menjalani pola olahraganya tersebut secara rutin. Rutinitas ini juga bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah.

Olahraga pagi-pagi juga bisa meningkatkan kualitas tidur malam. “Olahraga pagi hari menjaga sirkulasi darah tetap lancar sepanjang hari, sehingga malamnya Anda bisa langsung beristirahat tanpa terganggu dengan aktivitas lain,” kata dr. Dyan.

Kekurangannya adalah, pada pagi hari “setelan” metabolisme tubuh dan otot cenderung masih lambat dan kaku, sehingga tubuh butuh tahapan pemanasan yang lebih lama.

Kelebihan dan kekurangan olahraga pada malam hari

Kalau sulit bangun pagi, olahragalah pada malam hari. Namun, dr. Dyan mengingatkan Anda untuk selalu menjaga konsistensi olahraga. Pasalnya, aktivitas sepanjang hari atau tergiur tawaran makan-makan dengan teman bisa menggeser, atau bahkan menggagalkan jadwal olahraga yang sudah Anda buat.

Jika Anda olahraga pada malam hari, tubuh sudah menjalani pemanasan sepanjang hari, sehingga Anda hanya tinggal melanjutkannya saja dengan berolahraga.

Namun, waspadalah karena olahraga malam hari bisa membuat sistem tubuh meningkat karena naiknya kadar hormon adrenalin dan hormon stres.

“Akibatnya, tubuh perlu waktu lebih lama untuk kembali relaks sebelum akhirnya Anda bisa beristirahat. Beberapa orang melaporkan tidur malamnya terganggu,” ungkap dr. Dyan.

Menentukan waktu terbaik olahraga untuk menurunkan berat badan ternyata harus memperhatikan beberapa hal, misalnya aktivitas dan kondisi tubuh. Kalau dari jumlah kalori yang dibakar, olahraga pagi maupun malam tak jauh berbeda, bergantung pada kebiasaan Anda mengalokasikan energi dalam sehari.

Pemilihan waktu terbaik olahraga antar individu demi menurunkan berat badan memang bisa berbeda-beda. Jika Anda merasa punya banyak energi pada malam hari, tentu olahraga pada malam hari akan lebih maksimal, begitu juga sebaliknya. Yang penting adalah kedisiplinan yang disertai dengan gaya hidup sehat agar manfaatnya optimal. Namun, jika Anda berolahraga untuk tujuan berkompetisi atau atlet, lebih baik diskusikan dengan dokter olahraga Anda.

(RN/ RVS)

0 Komentar

Belum ada komentar