Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Dikenal Sebatas Penghias Makanan, Ini Manfaat Daun Parsley untuk Kesehatan

Dikenal Sebatas Penghias Makanan, Ini Manfaat Daun Parsley untuk Kesehatan

Sering disingkirkan karena dianggap hanya sebagai penghias makanan, daun parsley nyatanya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan Anda.

Bila Anda pergi ke restoran yang menghidangkan makanan ala Barat, biasanya terdapat daun kecil yang diletakkan sebagai hiasan atau garnish di atas makanan yang Anda pesan.

Ya, daun tersebut adalah daun parsley atau peterseli. Berwarna hijau, bentuknya yang mungil serta rimbun bak pohon kecil, daun peterseli memang bisa membuat makanan tampak lebih ‘manis’ dipandang.

Sayangnya, karena kerap dianggap sebagai penghias belaka, daun ini sering disingkirkan dan tidak dimakan. Padahal, manfaat daun parsley untuk kesehatan tidak bisa Anda abaikan begitu saja. Adapun khasiat tumbuhan ini, di antaranya:

1 dari 4 halaman

1. Melancarkan Pencernaan dan Anti-Kembung

Siapa sangka bahwa daun peterseli bisa mengatasi perut kembung setelah Anda kebanyakan makan? Daun ini mengandung senyawa yang memungkinkan gas-gas di perut berkurang sehingga perut tak lagi terasa kembung.

Tentu tak cuma satu potong parsley yang mesti dikonsumsi bila tujuan Anda adalah mencegah kembung. Diperlukan beberapa lembar daun agar manfaat daun parsley tersebut bisa didapatkan.

Artikel Lainnya: Tak Cuma Jadi Hiasan, Inilah Manfaat Daun Ivy bagi Kesehatan

2. Mengatasi Infeksi Kandung Kemih dan Mencegah Batu Ginjal

Praktisi homeopati menggunakan beberapa lembar daun parsley untuk dijadikan ramuan herbal demi mengobati infeksi kandung kemih dan batu ginjal. Namun, efektifkah manfaat daun parsley dalam mengatasi gangguan kesehatan ini?

Nyatanya, daun peterseli memang berkhasiat menurunkan kadar ureum, kreatinin, asam urat, dan elektrolit.

Salah satu kandungan daun parsley dianggap memiliki efek nefroprotektif (melindungi fungsi ginjal) karena dapat menurunkan kadar protein dan kalsium di dalam urine. Karena itu, daun ini dapat menurunkan risiko terbentuknya batu ginjal.

3. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Daun parsley mengandung asam folat, salah satu asupan mikronutrien yang penting untuk bantu cegah masalah jantung.

Sebagai salah satu rempah yang sudah lama digunakan di daerah Timur Tengah, daun peterseli dapat mengatasi masalah jantung melalui efek diuretik yang cukup kuat.

Diuretik sendiri adalah efek obat yang dapat membantu mengeluarkan air dari tubuh melalui kencing. Parsley juga memiliki efek anti pembekuan darah dan anti-hiperlipidemia, yakni kondisi lemak pada darah yang tidak normal.

Artikel Lainnya: Manfaat Sehat di Balik Daun Mint yang Menghiasi Makanan Anda

2 dari 4 halaman

4. Membantu Mencegah Diabetes

Salah satu manfaat lain daun parsley adalah membantu menekan risiko diabetes. myricetin, yang menjadi salah satu kandungan daun parsley dapat membantu turunkan kadar gula dalam darah.

Selain itu, myricetin pada parsley juga dapat membantu mengatasi resistensi insulin yang merupakan penyebab utama diabetes melitus tipe 2.

5. Memelihara Kesehatan Mata

Kata siapa cuma wortel yang bisa menjaga kesehatan mata Anda? Nyatanya, daun parsley juga sumber vitamin A yang dapat memelihara kesehatan mata, mencegah kelelahan pada mata, rabun, serta katarak.

6. Menyegarkan Bau Napas

Meski daun parsley tidak dapat membunuh semua senyawa sulfur yang menyebabkan bau mulut, tapi makan beberapa daun ini dapat membantu menyegarkan napas dan menghilang bau tak sedap.

Ya, manfaat daun parsley dapat menyegarkan napas secara alami, terutama saat Anda mengonsumsi bawang putih atau bawang merah.

Artikel Lainnya: Sejuta Manfaat Daun Kucai yang Jarang Diketahui Orang

3 dari 4 halaman

7. Menangkal Radikal Bebas

Kandungan daun parsley, yaitu bahan aktif fitokimia dengan beberapa antioksidan, seperti flavonoid, karotenoid, asam askorbat, dan tokoferol.

Beberapa kandungan di atas menjadikan manfaat daun parsley mampu menangkal radikal bebas dan menurunkan stres oksidatif (kondisi peradangan di dalam pembuluh darah).

8. Menurunkan Risiko Ambeien

Salah satu manfaat daun parsley adalah mengatasi sembelit. Ya, daun ini memiliki efek laksatif atau pencahar pada saluran pencernaan sehingga mempermudah Anda untuk buang air besar (BAB).

Daun ini bisa menurunkan penyerapan air serta elektrolit di usus besar. Alhasil, hal itu akan membuat feses lebih baik, mudah dikeluarkan, dan tidak akan berujung pada ambeien.

9. Memperkuat Tulang

Beberapa kandungan daun parsley yang cukup tinggi, di antaranya vitamin K, kalium, magnesium, dan kalsium. Kandungan mikronutrien dalam daun parsley ini bisa bantu dukung fungsi organ tubuh, salah satunya memperkuat tulang.

Kekurangan vitamin K dapat meningkatkan risiko patah tulang. Kalsium tentunya sangat dibutuhkan untuk pembentukan tulang yang kuat.

Itu dia sejumlah manfaat daun parsley yang bisa Anda rasakan. Mulai sekarang, ubah penilaian Anda terhadap daun penghias hidangan ini. Jika sebelumnya Anda sering menyingkirkan daun tersebut, kini sebaiknya dimakan saja.

Bahkan, ketika masak sendiri di rumah, beberapa daun parsley atau peterseli bisa Anda campurkan ke dalam makanan. Jadi, jangan sepelekan lagi si daun kecil ini, ya!

[WA]

0 Komentar

Belum ada komentar